Info Area

Review Wisata Teras Cikapundung Bandung

Mau tau hal menarik yag bisa kamu lakukan di Teras Cikapundung Bandung? Yuk simak ulasan lengkapnnya berikut ini.

Libur weekend bingung mau kemana? Coba deh melipir sebentar ke area kota Bandung. Tidak hanya bisa menikmati wisata puncak, di sini ada banyak tempat wisata Bandung dengan suasana yang nyaman dan masih asri yang bisa anda dan keluarga kunjungi.

Salah satu tempat wisata yang pas untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga di Bandung adalah Teras Cikapundung.

Review Teras Cikapundung Bandung

Teras Cikapundung adalah sebuah taman lanskap yang ramai dan menyediakan beragam fasilitas wisata yang mengasikkan. Tempat ini ada di Jalan Siliwangi, Hegamanah. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Baksil.

jejakpiknik.com

Ini merupakan Green Area yang dibuat oleh Pemkot Bandung dibawah arahan wali kota saat itu yakni Ridwan Kamil.

Teras Cikapundung Bandung ini mengusung konsep Urban dan Ekologi. Tujuan dibangunnya tempat wisata ini adalah untuk menyediakan ruang umum yang terbuka untuk masyarakat kota Bandung dan sekitarnya.

Tempat ini akan dijadikan sebagai tempat untuk berisosialisasi dan juga bercengkrama masyarakat kota Bandung. Tempat ini mulai dibuka untuk umum sejak bulan Desember 2015. Dengan peresmian dilakukan langsung oleh Menteri PU dan Pemkot Bandung pada pertengahan tahun 2016.

Sejarah Teras Cikapundung

Sebelum mengetahui seperti apa asiknya bermain di taman Bandung ini, anda perlu tahu mengenai sejarah asal usul adanya Teras Cikapundung.

Teras Cikapundung dulunya merupakan aliran sungai yang membelah kota Bandung. yakni dengan hulu di bagian Bandung Utara dan bermuara di Sungai Citarum Bandung Selatan.

Hulu sungai ini berada di Curug Omas kawasan wisata Lembang, airnya mengalir hingga melewati Babakan Siliwangi. Aliran sungai ini kemudian masuk ke kota Bandung dengan melintasi Jalan Braga dan Alun-Alun Kota Bandung.

Dari dulu tempat wisata ini sudah dikenal sebagai Basecampnya orang-orang kreatif kota Bandung, khususnya para seniman Bandung. Singkatnya pada tahun 2013 lalu, warga Bandung yang mengikuti komunitas “Save Babakan Siliwangi” berunjuk rasa menolak rencana pembangunan kawasan ini untuk dijadikan  sebagai tujuan komersil dan pemukiman.

Hingga akhirnya pada tahun 2014 proyek ini pernah diberhentikan. Hingga pada kepemimpinan Ridwan Kamil akhirnya tempat ini bisa dibenahi hingga tampak keren seperti sekarang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Piknik di Bandung yang Seru

Hal Menarik

Ada banyak fasilitas wisata yang tersedia di Teras Cikapundung Bandung, yaitu:

1. Amphitheater

Fasilitas utama dari tempat ini adalah setiap pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai aktivitas hiburan yang menarik.

Mulai dari pertunjukan hiburan seperti Live Music, nonton bareng acara pertandingan sepak bola hingga kegiatan eksebisi, pameran dan lain-lainnya.

Wisata ini masih mengedepankan tata kelola lingkungan dan juga tetap memperhatikan konsep ekologi. Terdapat 15 sumur resapan di tempat ini.

Pembangunan Amphitheater ini merupakan proyek nasional dalam program restotasi Sungai Cikapundung yang seharusnya sudah diselesaikan pada tahun 2013. Sayangnya di tahun 2014 terhenti. Dan kembali dilanjutkan pada tahun 2015 oleh kontraktor PT ARUNA. Sehingga kini masyarakatnya bisa menikmati ruang publik dengan konsep wisata edukatif di Bandung.

2. Jembatan Merah Cikapundung Riverspot

Jembatan Merah di Teras Cikapundung ini merupakan salah satu identitas atau ciri khas tersendiri dari Teras Cikapundung. Jembatan yang memiliki warna merah cantik ini merupakan penghubung bantaran sungai Cikapundung.

bandung.pojoksatu.id

Di sekitar lokasi ini terdapat tempat duduk berundak alias terasering yang bisa digunakan untuk tempat bersantai para pengunjung dari sini anda juga bisa menonton Amphitheater.

Selain itu, bagi anda para instagramable bisa melakukan sesi foto untuk menambah koleksi foto anda.

3. Air Mancur

Di sini anda bisa melihat sisi romantik dari kota Bandung. Terdapat air mancur yang memancar dari beberapa lubang yang berada di lokasi air mancur. Tempat ini akan bertambah ramai ketika waktu malam hari.

wisataidn.com

Karena banyak pengunjung yang ingin mengabadikan keindahan air mancur yang dihiasi dengan lampu warna-warni yang sangat indah.

Wahana ini menajdi lokasi favorit bagi para pengunjung untuk berselfie dan nongkrong dengan keluarga atau teman sambil mencicipi aneka makanan.

4. Kolam Teras Cikapundung

berjalanjalan.com

Selain fasilitas-fasilitas wisata di atas, tempat ini juga akan dibangun kolam ikan yang nantinya akan diisi sejumlah jenis ikan khas sungai Cikapundung.

Mulai dari Ikan Badar, Kehkel hingga Beunteur. Dilokasi ini juga akan di bangun hutan kota, areal persawahan dan banyak lagi.

Baca juga: 21 Rekomendasi Tempat Wisata di Lembang yang Populer

Tiket Masuk

Harga Tiket Teras CikapundungAkomondasi
DewasaRp.10.000
Anak-anakRp.5.000
Parkir MotorRp.3.000

Untuk tempat parkir hanya tersedia untuk sepda motor, untuk mobil dan bus masih belum tersedia di tempat ini.

Lokasi

Teras Cikapundung ini berlokasi di Jalan Siliwangi, Cipaganti, Coblong, Hegarmanah, Cidadap, Bandung, Jawa Barat.

Tips Wisata

  1. Jangan buang sampah sembarangan.
  2. Jaga fasilitas yang sudah disediakan.
  3. Parkirkan kendaraan di sekitar babakan siliwangi atau sabuga supaya tidak terkena macet.

Villa / Penginapan

Tempat WisataAlamatNo.Tlp
Vila Damar BandungJl. Damar No.7, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40161(022) 2041361
Villa Bandung CipagantiJalan Hegar Asih I, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 401310852-2999-0475
Bandung City Tour & VillaJL Cisitu Lama, No. 38/ 160C, 40135, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 401350821-2828-0628
ZEN Villa Ciumbuleuit 1 BedroomRanca Bentang, Ciumbuleuit, Cidadap, Bandung City, West Java 401420855-7467-1004

Itu dia informasi lengkap seputar Teras Cikapundung Bandung untuk mengisi liburan anda. Gimana? Tertarik untuk berkunjung ke sana?


Temukan info perumahan baru di Bandung atau info rumah dijual di Bandung terlengkap melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.