Info Area

18 Tempat Wisata di Wonosobo yang Hits dan Wajib Dikunjungi

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat wisata menakjubkan. Terutama wisata alamnya, mulai dari yang wisata gunung, air terjun, telaga, bukit, dan lainnya. Tak heran banyak orang yang menjadikan Wonosobo sebagai tujuan wisata. 

Nah, supaya kamu tidak bingung mencari tempat wisata Wonosobo yang hits, yuk cek rekomendasi tempat wisata di Wonosobo berikut ini. Kami memberikan daftar yang bervariasi supaya kamu bisa mengunjungi aneka ragam wisata alam yang memanjakan mata. 

1. Kawah Dieng 

Tempat wisata Wonosobo
(travel.kompas.com)

Tempat wisata Wonosobo pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kawah Dieng. Wisata ini menyajikan pemandangan alam kawah yang menakjubkan. Tak heran banyak orang yang menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi favorit. 

Kawah Dieng memiliki luas sebesar 200 meter dan memiliki aktivitas vulkanik yang masih aktif. Sehingga, kamu perlu berhati-hati jika berkunjung ke tempat ini. Letaknya berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon. 

2. Bukit Seroja 

Tempat wisata Wonosobo
(zassionline.net) 

Tempat wisata di Wonosobo yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Bukit Seroja. Dari bukit ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan Telaga Menjer dari ketinggian yang memanjakan mata. Kamu juga akan disuguhkan pemandangan perkebunan teh yang luas. 

Untuk dapat menuju lokasi ini, kamu perlu menempuh perjalanan yang cukup melelahkan. Meskipun begitu, semua kelelahan akan terbayar manis ketika tiba di lokasi Bukit Seroja dengan pemandangan yang indah. 

3. Telaga Warna 

Telaga Warna
(travel.dream.co.id) 

Ingin menyaksikan tempat wisata pemandangan menakjubkan lainnya? Kamu bisa mengunjungi Telaga Warna. Tempat ini merupakan danau kecil yang memiliki berbagai warna akibat pantulan cahaya matahari yang menembus ke dasar air. 

Telaga Warna ini tampak semakin indah disaksikan saat matahari terbenam atau saat matahari terbit. Untuk menuju lokasi ini pun tak begitu sulit. Sebab, titik lokasinya telah tersedia di Google Maps. 

4. Lubang Sewu 

Tempat wisata Wonosobo
(indonesiatraveler.id) 

Lubang Sewu merupakan tempat wisata di Wonosobo memiliki daya pikat tersendiri bagi para wisatawan. Sekilas tempat wisata ini mirip dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika. Ada banyak bebatuan yang tersusun rapi dengan waduk di dekatnya. Tempat ini sangat cocok dijadikan spot foto yang instagramable. 

5. Batu Ratapan Angin 

Tempat Wisata Wonosobo
(dakatour.com) 

Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng merupakan tempat wisata di Wonosobo yang menyuguhkan pemandangan berupa telaga Warna dari ketinggian. Selain telaga warna, kamu juga bisa melihat pemandangan pegunungan yang ditutupi pepohonan hijau. Pemandangan ini dijamin mampu memanjakan mata, deh. 

6. Kebun Teh Tambi 

Tempat Wisata Wonosobo
(pegipegi.com) 

Ingin melihat hamparan kebun teh yang memanjakan mata di Wonosobo? Ke Kebun Teh Tambi jawabannya. Kebun teh ini berada di ketinggian sekitar 1400 meter di atas permukaan laut (mpdl). Jadi tak heran, kamu akan melihat pemandangan kebun teh yang diselimuti kabut. 

7. Telaga Menjer 

Telaga Menjer
(dieng.me) 

Selain Telaga Warna, Wonosobo memiliki telaga lain yang tak kalah menakjubkan, yaitu Telaga Menjer. Telaga ini terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja dan kini menjadi tempat wisata yang sering dijadikan tempat memancing. Lokasi telaga ini terletak di Garung, Kabupaten Wonosobo. 

8. Gunung Lanang Margolangu

Tempat wisata wonosobo
(idntrip.com) 

Mau mencari tempat wisata Wonosobo yang hits dan masih baru? Ke Gunung Lanang saja. Dari tempat ini, kamu bisa melihat hamparan keindahan alam yang indah. Meski tergolong wisata baru, akses untuk menuju tempat wisata ini sudah semakin mudah. Sehingga banyak orang mudah mengunjungi tempat ini. 

9. Air Terjun Sikarim 

(studimsum.com) 

Masih bingung ingin mengunjungi tempat wisata apa di Wonosobo? Ke Air Terjun Sikarim saja. Kamu bisa melihat pemandangan air terjun yang mempesona. Untuk menuju air terjun ini, kamu perlu menyusuri jalan yang cukup berliku dan rusak. Sehingga lebih baik kamu menggunakan motor khusus tracking. 

Sesampainya di lokasi, perjalanan tadi tentu terbayar lunas dengan pemandangan dan udara air terjun yang menakjubkan. 

10. Dieng Plateau 

Dieng Plateau 
(eljohnnews.com)

Dieng Plateau merupakan kawasan wisata di Wonosobo yang menyediakan berbagai tempat wisata alam, seperti Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan lainnya. Pemandangannya yang indah, membuat banyak wisatawan berbondong-bondong ingin mengunjungi tempat ini. Jadi, jika kamu sedang berwisata di Wonosobo, jangan lupa mampir ke tempat wisata ini, ya. 

11. Arung Jeram Serayu

(republika.co.id) 

Buat kamu yang ingin mencari experience menantang dengan mencoba arum jeram, kamu wajib mencoba Arung Jeram Serayu di Wonosobo. Selain menikmati arung jeram, kamu juga bisa camping bersama teman-teman atau keluarga. Terdengar menarik, bukan? 

Untuk bisa menuju lokasi dan bermain arung jeram, kamu tentu perlu menyiapkan fisik yang kuat dan prima, ya. Sebab, kamu perlu tenaga ekstra untuk bermain arung jeram. 

12. Embung Kledung 

Tempat wisata Wonosobo
(travelspromo.com) 

Embung Kledung merupakan sebuah kolam besar yang berada di lereng Gunung Sindoro. Embung ini dulunya dibuat untuk mengatasi kekurangan air saat musim kemarau. Hingga saat ini embung ini menjadi objek wisata yang menyuguhkan pemandangan alam yang sejuk dan memanjakan mata. 

13. Bukit Siloreng Indah 

Tempat Wisata Wonosobo
(sikidang.com) 

Rekomendasi tempat wisata Wonosobo selanjutnya adalah Bukit Siloreng Indah. Dari bukit ini, kamu bisa menyaksikan beberapa kabupaten seperti Banjarnegara, Kebumen, hingga Magelang. Untuk bisa menuju bukit ini memang dibutuhkan perjuangan melewati jalan yang berliku. Jadi, pastikan kendaraan kamu mendukung, ya. 

14. Pemandian Air Hangat Kalianget

Pemandian Kalianget
(tripjalanjalan.com) 

Nah, rekomendasi tempat wisata Wonosobo yang terakhir adalah Pemandian Air Hangat Kalianget. Tempat ini tidak terlalu jauh dari Alun-Alun Wonosobo. Hanya sekitar 3 kilometer saja dari Wonosobo. Kamu bisa mandi air hangat yang menenangkan di tempat ini. Pemandangan di sekitarnya masih cukup asri dengan dikelilingi pepohonan. 

15. Gunung Prau Wonosobo

Gambar Gunung Prau Wonosobo
Gambar Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo adalah sebuat tempat wisata di wonosobo yang tentu sudah tidak asing lagi di telinga para Traveler, terutama para pecinta Hiking dan pecinta alam.Pendakian Gunung Prau sering di jadikan sebagai tempat percobaan untuk para pemula pendaki gunung karena gunung prau ini memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2.565 mdpl dan jalur tracknyapun tidak terlalu sulit.

16. Puncak Bukit Sikunir

Foto Puncak Bukit Sikunir
Foto Puncak Bukit Sikunir

Puncak Bukit Sikuir adalah merupakan objek wisata wonosobo yang masuk di kawasan wisata dieng wonosobo yang berupa sebuah bukit yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan.Bukit Sikunir ini hanya memiliki ketinggian 2.200 mdpl saja masih di bawah gunung prau namun tempat wisata bukit sikunir dieng ini menjadi tempat wisata yang selalu di buru oleh para pecinta alam dan penikmat Sunrise.

Di tempat ini kamu akan dapat menikmati keindahan sunrise yang berwarna kekuningan yang menghiasi langit Wonosobo ini dengan begitu indah dan menakjubkan.

17. Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna Dieng adalah sebuah tempat wisata Wonosobo Jawa Tengah yang masuk ke dalam komplek kawasan wisata Dieng yang merupakan sebuah candi peninggalan agama Hindu pada abad ke-7. Komplek Candi Arjuna ini terdiri dari 5 candi, candi-candi tersebut antara lain yaitu, candi Arjuna, candi Semar, candi Sembadra, candi Srikandi, dan juga candi Puntadewa.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng
Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng

Tempat wisata candi Arjuna ini merupakan salah satu objek wisata di Dieng yang sering dikunjungi dan dijadikan sebagai pilihan wisata keluarga.

18.Waduk Wadaslintang

Waduk Wadaslintang ini merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo selain Dieng yang sukses menarik perhatian masyarakat karena keindahan alamnya. Waduk Wadas Lintang ini merupakan sebuah waduk terbesar yang ada di Asia Tenggara dengan luas lebih dari 3000 hektar.

Gambar Objek Wisata Waduk Wadaslintang
Gambar Objek Wisata Waduk Wadaslintang

Di tempat ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang alam yang indah serambi menyusuri waduk menggunakan perahu atau jika tidak kamu dapat melihat budidaya ikan nila yang berada di sekitar Waduk Wadaslintang.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.