Info Area

Tempat Wisata Purbalingga

Purbalingga adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal sebagai kabupaten yang memproduksi knalpot kendaraan terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Meskipun begitu tempat wisata Purbalingga tak kalah menarik. 

Kota Purbalingga terdiri dari 18 kecamatan yang dimana dari masing-masing kecamatan tersebut memiliki keunggulan tempat wisatanya yang menarik dan juga sangat mengedukasi. Memiliki rumah di Purbalingga dijamin setiap hari serasa liburan.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas 10 tempat wisata alam yang dimiliki Purbalingga. Berikut daftar objek wisata Purbalingga Jawa Tengah beserta gambar dan penjelasannya:

1. Gunung Slamet 

(Shutterstock)

Gunung Slamet adalah salah satu destinasi tempat wisata di Purbalingga yang tidak pernah sepi akan pengunjung khususnya para pecinta alam dan pendaki gunung.

Tinggi gunung ini berkisar 3.432 meter dan terakhir meletus pada September 2014. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa.

Dari puncak Gunung Slamet ini, kamu dapat melihat berbagai keindahan alam yang terhampar yang sangat indah dan eksotis. Gunung Slamet terletak pada 5 kabupaten diantaranya Brebes, Tegal, Banyumas, Purbalingga hingga Pemalang.

2. Goa Lawa 

(Shutterstock)

Selanjutnya ada Goa Lawa yang menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Goa ini terkenal akan keindahan stalaktit dan stalikmitnya yang mempesona. Selain itu, goa dihuni oleh ribuan kelelawar di dalamnya. Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Alamat : Desa Siwarak RT. 01/07, Karangreja, Dusun IV, Siwarak, Purbalingga

Baca Juga :

3. Puncak Sendaren 

(ksmtour.com)

Salah satu tempat wisata murah yang berada di Purbalingga ini selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah dari atas bukit. Di tempat ini juga terdapat berbagai spot foto menarik untuk mengisi feed instagramable.

Puncak Sendaren buka 24 jam penuh dengan harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orangnya. 

Alamat : Jl. Ardi Lawet, Dusun I, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

4. Bukit Watu Geong

(Shutterstock)

Bukit Watu Geong menyajikan pemandangan alam Purbalingga yang indah dari atas batu yang menjulang tinggi. Keeksotisan langit sore yang berpadu dengan tenggelamnya sang surya menjadikan tempat ini kental dengan suasana romantis.

Alamat : Dusun Pasedahan, Desa Karangbawang, Kec. Rembang 

5. Situ Tirta Marta

(karangcegak.desa.id)

Situ Tirta Marta Purbalingga adalah merupakan mata air yang sangat jernih. Selain memiliki suasana alam yang sejuk juga nyaman digunakan untuk berenang. Tempat ini dibuka sejak pukul 07.00-17.00 WIB.

Alamat : Dusun 1, Karang Cegak, Kutasari, Purbalingga

6. Puncak Telkom

(guidenesia.com)

Puncak Telkom ini adalah destinasi tempat wisata di Purbalingga yang terbilang masih baru. 

Tempat wisata ini sedang sangat populer berkat salah satu pengunjung yang mengunggah fotonya di sosial media sehingga viral dan banyak dicari oleh para pengunjung.

Puncak Telkom menyuguhkan pesona alam dengan landscape keindahan Gunung Slamet. Ada sebuah gardu pandang yang dibangun menghadap langsung Gunung Slamet.

Alamat : Pejagan 1, Kutabawa, Kec. Karangreja, Kabupaten Purbalingga,

7. Curug Aul 

(tvonenews)

Curug Aul berupa curug atau air terjun yang menjulang tinggi dengan air yang turun dengan deras. Dari alun-alun jaraknya mencapai 35 km saja dengan ketinggian air terjun 65 meter.

Alamat : Dusun Pucung Rumbak, Desa Tantalum, Kecamatan Rembang, Purbalingga

8. Curug Nagasari 

(Kompasiana)

Curug Nagasari adalah salah satu dari deretan curug Indah yang berada di Kabupaten Purbalingga. Harga tiket masuknya terjangkau yakni sekitar Rp. 7.000 per orangnya.

Tempat wisata keluarga di Purbalingga ini menjadi destinasi yang cocok banget bagi para orang tua yang ingin memperkenalkan buah hatinya dengan alam di sekitar. 

Alamat : Dusun Pucung Rumbak, Desa, Area Hutan, Tantalum, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

9. Rumah Pohon Igir Wringin

(Tribunnews)

Rumah Pohon Igir Wringin menjadi salah satu tempat wisata hits dan booming pada saat ini. Seperti namanya lokasinya berupa rumah pohon yang dibangun dari bambu. Konsepnya mirip sekali dengan Kalibiru di Yogyakarta. 

Tempat wisata ini mulai dikenal pada 2015 silam. Untuk mencapai lokasi ini membutuhkan waktu 1.5 jam. Pastikan perbekalan cukup dan untuk tiket masuknya hanya sekitar Rp. 5.000 per orang dan parkir Rp. 2.000 per motornya.

Alamat :Desa wisata, Bantarbarang, Rembang, Rajawana, Karangmoncol, Dusun II, Panusupan, Kec. Rembang, Kabupaten Purbalingga

Baca Juga :

10. Curug Sengon 

(ngadem.com)

Curug Sengon Purbalingga berupa curug atau air terjun yang tidak terlalu tinggi namun dikelilingi dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Debit airnya tidak begitu deras dengan kolam air yang jernih dan tenang. Tiket masuknya murah meriah hanya sekitar Rp. 5.000 saja per orangnya. 

Bila membawa mobil maka perlu mengeluarkan tiket parkir sebesar Rp. 10.000.

Alamat : Desa Bumisari, Kec Bojongsari, Kab. Purbalingga

Kabupaten Purbalingga memang sangat terkenal akan destinasi wisata alamnya yang indah dan menakjubkan. Selain itu destinasi wisata di Purbalingga ini juga cukup terjangkau dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang berada di tempat lain.

Itulah beberapa tempat wisata Purbalingga yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Jawa Tengah. Cocok pula dijadikan destinasi wisata bersama orang terkasih.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock