Info Area

22 Tempat Wisata Indah di Majalengka yang Wajib Dikunjungi

Memasuki masa liburan, berwisata bersama keluarga menjadi pilihan kegiatan banyak orang. Mengunjungi tempat wisata tidak hanya bisa untuk menyegarkan otak namun juga mempererat rasa kekeluargaan. Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik dan patut dikunjungi yaitu Majalengka.

Majalengka merupakan salah satu daerah yang berada di daerah Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki banyak pilihan destinasi wisata baik itu wisata alam atau wisata sejarah. Tempat-tempatnya pun cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk, cek berbagai tempat wisata pilihan di Majalengka berikut ini!

Gunung Cakrabuana

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, bisa mencoba datang ke Gunung Cakrabuana. Gunung ini masuk ke tiga daerah yaitu Majalengka, Garut, dan Tasikmalaya. Di puncak gunung ini, tentunya kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang sangat indah.

Situ Janawi Cipayung

Situ Janawi Cipayung adalah tempat wisata berupa danau di Majalengka. Terdapat pulau kecil di tengahnya sehingga membuatnya unik. Selain itu, terdapat juga kolam mata air yang jernih. Kamu pun bisa berenang atau sekedar bermain air di sekitarnya.

Telaga Nila

Jika kamu tertarik untuk menikmati pemandangan bawah air, Telaga Nila merupakan tempat yang tepat. Di sini, kamu bisa melakukan berbagai olahraga air seperti berenang dan snorkeling. Danau ini pun memiliki warna biru yang cantik sehingga sangat indah.

Telaga Herang

tempat wisata majalengka
(TempatWisataUnik)

Saat berada di Majalengka, kamu bisa datang ke Telaga Herang untuk menikmati suasana pedesaan yang asri. Terdapat kolam ikan raksasa dengan air jernih berwarna biru serta pepohonan rindang di sekitarnya. Suasana alam ini akan membuatmu rileks sehingga betah berlama-lama di Telaga Herang.

Situ Cipanten

Situ Cipanten yang berlokasi di Desa Gunung Kuning, Sindang, merupakan tempat wisata yang telah ada sejak tahun 1973. Tempat ini memiliki luas sekitar 1 ha dan pemandangannya sangat indah. Kamu pun bisa berpiknik, bermain perahu angsa, dan juga berfoto di tempat ini.

Curug Cilutung

Salah satu tempat wisata yang bisa ditemukan di Majalengka yaitu air terjun, di antaranya yaitu Curug Cilutung. Air terjun ini memiliki susunan batu alami yang unik. Selain itu, debit airnya juga tidak terlalu deras sehingga kamu bisa bermain air di pinggiran kolam.

Curug Sempong

Sempong dalam bahasa Sunda berarti masuk ke dalam. Hal ini sesuai dengan Curug Sempong yang berada agak masuk ke bagian dalam dinding tebing. Selain pemandangan airnya yang cantik, terdapat juga bebatuan berwarna cokelat oranye yang unik, Pins.

Curug Kapak Kuda

(Explorer Majalengka)

Pilihan tempat wisata berikutnya yaitu Curug Kapak Kuda di daerah Sadawangi. Curug ini termasuk sebagai salah satu air terjun yang deras karena memiliki tinggi sekitar 20 meter. Terdapat juga dua tingkatan air terjun di tempat ini. Sangat cantik, Pins!

Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi berlokasi di Desa Sukadana, Majalengka. Sesuai namanya, kamu bisa melihat pemandangan berupa air terjun yang membiaskan cahaya sehingga terbentuk pelangi. Bagian cahaya ini sangat cantik jika diabadikan lewat foto.

Terasering Panyaweuyan Argapura

Kamu bisa menikmati pemandangan terasering menarik jika datang ke Terasering Panyaweuyan Argapura. Terasering yang berada di Desa Argamukti, Argapura ini membuatmu seolah berada di Ubud, Bali. Jika ingin mendapat pemandangan terbaik, kamu bisa datang pada waktu sunrise atau sunset.

Bukit Mercury Sayang Kaak

Di Ibuluh, Argapura, Majalengka, kamu bisa datang ke tempat wisata menarik yaitu Bukit Mercury Sayang Kaak. Destinasi wisata ini sudah dikenal dan populer karena memiliki area perkemahan dengan pemandangan alam yang cantik. Terdapat juga berbagai spot berfoto di tempat ini.

Terasering Sawang Nangklak

Terasering merupakan salah satu daya tarik wisata di Majalengka, salah satunya yaitu Terasering Sawang Nangklak. Terasering ini memiliki pemandangan sawah hijau. Kamu pun bisa mendapatkan foto cantik jika berkunjung ke tempat ini.

Kebun Teh Cipasung

tempat wisata majalengka
(Alam Priangan)

Hamparan hijau di Kebun Teh Cipasung selalu menarik perhatian wisatawan. Kebun teh seluas 58 ha ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Kamu bisa berfoto sepuasnya di sini sekaligus menikmati teh panas yang tersedia di warung sekitar.

Puncak Sawiyah

Puncak Sawiyah bisa kamu pilih sebagai tempat untuk menikmati pemandangan alam. Di tempat ini, kamu dapat melihat pemandangan berupa Gunung Galunggung dan Gunung Papandayan. Selain itu, kamu juga bisa melihat Bandara Internasional Jawa Barat dan Talaga Bodas dari tempat ini.

Gunung Ciwaru

Majalengka memang memiliki tempat wisata alam yang menarik, Pins. Salah satu lokasi yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu Gunung Ciwaru. Kamu bisa menikmati pemandangan yang tak ada duanya jika berada di puncak gunung ini. Puncak gunung bisa kamu capai dengan anak tangga.

Ciboer Pass

Tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Majalengka yaitu Ciboer Pass. Tempat ini memiliki banyak spot yang cocok untuk berfoto. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai makanan khas Sunda di warung yang berada di sekitar Ciboer Pass.

Paralayang Adventure Land

(Tribun)

Jika kamu ingin mencoba olahraga ekstrim, bisa mencoba untuk bermain di Paralayang Adventure Land. Kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Ciremai dan Kota Majalengka dari ketinggian. Selain itu, masih ada permainan menarik lain seperti ATV dan gantole.

Cikadongdong River Tubing

Wisata pemacu adrenalin lainnya yang ada di Majalengka yaitu Cikadongdong River Tubing. Destinasi yang berada di Desa Payung, Rajagaluh ini bisa kamu kunjungi jika ingin mencoba river tubing di Sungai Cikadongdong dengan arus deras dan air yang jernih.

Museum Talaga Manggung

Tempat wisata yang tepat juga bisa menjadi sarana edukasi, Pins, seperti di Musem Talaga Manggung. Kamu bisa melihat berbagai peninggalan sejarah dari Kerajaan Talaga Manggung seperti peralatan perang, alat kesenian, dan kereta kencana.

Taman Dinosaurus

tempat wisata majalengka
(Java Travel)

Sesuai namanya, Taman Dinosaurus merupakan tempat wisata yang memiliki berbagai replika dinosaurus. Selain figur-figur dinosaurus, terdapat juga taman agrowisata, lapangan golf, kolam renang, dan banyak tempat menarik lain di Taman Dinosaurus.

Goa Lalay

Tertarik untuk berwisata alam seperti di Grand Canyon? Kamu bisa berkunjung ke Goa Lalay yang terdapat di Desa Sukdana, Argapura. Kamu akan mendapatkan pemandangan indah berupa goa serta air terjun pelangi di dalam area Goa Lalay.

Pasar Kadipaten

Area pejalan kaki di Pasar Kadipaten bisa menjadi spot wisata yang menarik. Kamu bisa menikmati suasana ala Maliboro di tempat ini. Terdapat pedestrian yang dipenuhi oleh bangku-bangku yang estetik. Penataan ini membuat area Pasar Kadipaten menjadi spot favorit untuk berfoto.

Itulah beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di Majalengka. Tempat mana yang ingin kamu kunjungi bersama keluarga, Pins?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.