Info Area

TEMPAT WISATA DI SUMATERA BARAT

Pada kesempatan kali ini, Admin telah merangkum materi mengenai Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat terbaru dan paling populer selama ini.

Sebelum membaca lebih lanjut, pastikan baterai HP kamu cukup, sediakan pula minuman dan cemilan, karena artikel ini akan jadi sangat panjang.

Kenapa sangat panjang? Karena memang Objek Wisata Sumbar jumlahnya sangat banyak sekali, semoga nantinya kamu tidak bosan membacanya sampai selesai.

Admin telah merangkum materi selengkap-lengkapnya, dan berharap bahwa inilah artikel yang membahas tentang Destinasi Wisata Sumatera Barat paling rinci. Siap? Lanjut!

Baca Juga: Air Terjun Lembah Anak Tanah Datar

Tempat Wisata Di Sumatera Barat

Sumatera Barat (Sumbar) adalah sebuah provinsi di pulau Sumatera yang beribukota Padang, memiliki 12 kabupaten, 7 kota, 174 kecamatan dan 877 kelurahan.

Provinsi ini memiliki luas sekitar 42.297,30 km² dengan kisaran penduduk sebanyak 5.511.246 (populasi 2018). Semua agama yang diakui di Indonesia ada di sini.

Suku bangsa utama adalah Minangkabau, selebihnya yakni Melayu, Mandailing, Jawa, Mentawai dan Nias. Hari jadi provinsi ini adalah tanggal 1 Oktober 1945.

Sumatera Barat terkenal dengan luasnya hutan lindung, garis pantai yang panjang, beriklim tropis, perbukitan dan pegunungan, juga dilalui oleh Garis khatulistiwa.

Sehingga tidak heran, mengapa sangat banyak sekali Tujuan Wisata Favorit di Sumatera Barat yang tentunya sangat indah, menawan dan menakjubkan.

Mulai dari destinasi rekreasi berupa pantai, pulau, gunung, objek alam, taman, situs bersejarah, hutan lindung dan lain-lainnya ada di provinsi ini.

Baiklah, kalau begitu tidak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan intinya di bawah ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi utama. Check this out…

Wisata Di Pasaman Barat

Pasaman Barat adalah sebuah kabupaten yang dibentuk dari hasil pemekaran kabupaten Pasaman, berdasarkan UU No.38 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Ibukota kabupaten ini adalah Simpang Empat dan memiliki 11 kecamatan. Jumlah penduduknya sekitar 410.307 jiwa (2015) dengan luas sekitar 3.864,02 km.

Meski dikenal dengan “Kota Sawit”, bukan berarti keseluruhannya gersang, ada banyak juga tempat Wisata di kabupaten ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Pantai Sasak

Sebenarnya ada beberapa pantai di kabupaten ini, namun menurut saya inilah yang paling ramai dan dekat dengan ibukota, namanya Pantai Muaro Sasak.

Lokasinya berada di Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Hanya berjarak sekitar 10 km dari kota Simpang Ampek dengan menggunakan kendaraan umum.

Pantai ini memiliki pasir putih yang luas dan laut yang bitu. Daya tarik lainnya adalah pohon Seribu, spot bersantai nan sejuk dibawah pepohonan rindang.

2. Air Terjun Sarasah Kajai

Setelah pantai, kita beralih ke air terjun. Bernama air terjun Kajai, berlokasi di Kajai, Talamau. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan, loh. Namun hanya 2 tingkat yang umumnya dijajal.

Ada juga yang sampai ke tingkat 3, namun kamu akan menempuh medan yang terjal, curam dan tentunya berbahaya. Bila belum terbiasa berpetualang, lebih baik tidak usah ke atas deh.

Selain pemandangan air terjun yang indah dan deras, juga dikelilingi oleh hutan lebat yang hijau. Intinya untuk keindahan, memang tidak diragukan lagi pokoknya.

3. Gunung Talamau

Dikenal juga dengan nama gunung Pasaman, berlokasi di Talamau, dengan ketinggian 2.982, menjadi gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat.

Keunikan lainnya adalah, gunung ini memiliki 13 telaga, serta menjadi gunung dengan jumlah telaga terbanyak di Indonesia pula. Soal pemandangan dari atas? Sudah pasti sangat indah.

Rute untuk sampai ke atas memang masih tergolong sulit, namun akan menjadi momen tersendiri bila berhasil menaklukkannya. Di sisi lain, sudah banyak juga kok yang berhasil.

4. Pulau Pigago

Destinasi Wisata Pantai, air terjun dan gunung, sudah, sekarang masuk ke pulau indah yang bernama Pigago, berlokasi di Air Bangis, kecamatan Sungai Beremas.

Pulau kecil tanpa berpenghuni ini menawarkan sejuta keindahan biota laut dan hutan tersembunyi ditengahnya. Kamu hanya perlu membayar 50 ribu rupiah saja untuk menyewa kapal.

Tempat ini sangat ramai dikunjungi terlebih ketika hari libur, apalagi libur lebaran. Pasir putih dengan ombak yang tenang akan memanjakan mata dan pikiranmu.

5. Danau Laut Tinggal

Selanjutnya kita masuk ke spot danau, berlokasi di Jorong Sitabu, Nagari Rabi Jonggor, Kecamatan Gunung Tuleh, terletak di ketinggian 1940 mdpl.

Airnya yang berwarna biru, dalam dan diapit gunung Bendera dan Melintang, dengan hutan lebatnya yang sangat menawan. Diameter danau ini sekitar 3 km.

Bila kamu berniat berkunjung ke sini, ada 2 rute yang bisa ditempuh, yakni dari Nagari Rabi Jonggor dan bisa juga dari Nagari Roba Jalu.

Selengkapnya : Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat Kabupaten Pasaman Barat :

NAMAOBJEKLOKASI
Pantai SikabauPantaiSikabau, Kec. Koto Balingka
Pantai MaligiPantaiMaligi, Kec. Ranah Pasisia
Pantai Muaro BinguangPantaiMuaro Binguang, Kec. Kinali
Pantai SikilangPantaiSikilang, Kec. Sungai Aur
Pantai Air BangisPantaiAir Bangis, Kec. Sungai Beremas
Air Terjun SipagogoAir TerjunSituak, Kec. Lembah Melintang
Air Terjun Lenggo GeniAir TerjunPinaga, Kec. Pasaman
Air Terjun Sampuran BetungAir TerjunSampuran, Kec. Sungai Aur
Air Terjun Siburai-BuraiAir TerjunTalamau, Kec. Pasaman
Bukit Puti GonjoliPanoramaAua Kuniang, Kec. Pasaman
Pulau PanjangPulauAir Bangis, Kec. Sungai Beremas
Pohon SeribuPulauSasak, Kec. Ranah Pasisia
Danau IndahDanauParit, Kec. Koto Balingka
Goa AlamiGoaParaman Ampalu, Kec. Gunung Tuleh
Lubuk KingPemandianUjunggading, Kec. Lembah Melintang
Muaro PanggungPemandianParit, Kec. Koto Balingka
Lubuk ManggisPemandianAek Nabirong, Kec. Koto Balingka
Pelabuhan Teluk TapangLokasi IndustriAir Bangis, Kec. Sungai Beremas
Nagabe ParadiseTaman BermainSungai Aur, Kec. Sungai Aur
Hutan Kota & Taman SatwaTaman BermainAua Kuniang, Kec. Pasaman
Peternakan ADPLokasi IndustriAir Runding, Kec. Koto Balingka
Masjid Bateh SamuikTempat IbadahPadang Tujuh, Kec. Pasaman
Jembatan GantungSitus SejarahUjunggading, Kec. Lembah Melintang
Lubuak LanduaPemandianAua Kuniang, Kec. Pasaman
Waterboom Padang 7PemandianPadang Tujuh, Kec. Pasaman
Puncak GalanggangPanoramaTalamau, Kec. Pasaman
NB : Bila ada yang tertinggal, silakan berkomentar di bawah.

Wisata Di Pasaman Timur

Ada barat dan ada pula timur, pemekaran membuat kedua kabupaten ini menjadi terpisah. Pasaman Timur yang beribukota Lubuk Sikaping ini juga punya sejumlah destinasi wisata.

Kabupaten yang memiliki luas 3.947,63 km² dan berpenduduk sekitar 253.299 (sensus 2010) ini bergantung pada sektor tanaman pangan, dan didominasi oleh kelapa sawit.

Nah, berikut adalah informasi mengenai Tujuan Wisata Sumatera Barat yang ada di provinsi Pasaman Timur, yang sangat sayang bila dilewatkan :

1. Rimbo Panti

Dalam bahasa Indonesia, Rimbo berarti Rimba / Hutan. Ya, Rimbo Panti merupakan kawasan hutan lindung yang sangat lebat, rimbun dan tropis.

Sebagian besar kawasannya berada di jalur perlintasan jalan Pasaman Timur – Sumut. Hutan lindung ini juga menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna.

Selain menikmati pemandangan hutan yang lebat dan teduh, kamu juga akan menemukan tempat pemandian air panas sebanyak 10 buah di sekitar objek ini.

Tidak sampai di situ, bahkan ada mata air yang tingkat panasnya mencapai 100°C. Kamu bahkan bisa merebus telur ayam di mata air ini.

2. Puncak Tonang

Selain hutan, di kabupaten ini juga ada sebuah taman bunga yang luas dan sangat indah, namanya Puncak Tonang dan berlokasi di Lubuk Sikaping.

Daya tarik utama dari taman ini tentulah hamparan kebun bunga dengan beranekaragam warna dan varian jenis bunganya, yang pasti bisa membuat kamu betah di sini.

Tidak ketinggalan pula spot foto yang disediakan. Tempat ini selalu ramai dikunjungi, terlebih ketika akhir pekan atau memasuki masa-masa libur.

3. Momumen Equator Khatulistiwa

Salah satu Tempat Wisata Di Sumatera Barat yang tidak selalu ada di provinsi lain adalah monumen Khatulistiwa ini, berlokasi di Bonjol, tidak jauh dari Museum Imam Bonjol.

Uniknya, jika kamu berkunjung ke monumen ini, maka panitia akan memberi sertifikat yang menjadi bukti bahwa kamu telah pernah menginjakkan kaki di garis tengah bumi.

4. Museum Imam Bonjol

Selain spot wisata alam, Kabupaten ini juga menjadi tempat lahir salah satu tokoh perjuangan tanah air yang sangat terkenal, yakni Tuanku Imam Bonjol (Muhammad Shahab).

Lokasi museum berada di Jl. Lintas Sumatera, Bonjol, Ganggo Hilia. Di dalam museum ini, kamu bisa melihat beberapa barang dan alat-alat peninggalan beliau yang masih utuh.

5. Bukit Teletubbies

Pastinya kita mengenal serial televisi berjudul Teletubbies, 4 tokoh boneka yang sangat lucu dan menggemaskan. Hal lain dari serial ini adalah taman tempat mereka bermain.

Nah, di Pasaman Timur, terdapat sebuah Padang rumput hijau yang luas dan indah, yang dianggap mirip dengan taman tempat bermain Teletubbies tersebut.

Lokasinya berada di Obom, Kecamatan Rao Selatan. Kamu akan menemukan pemandangan alam berupa perbukitan dengan rumput hijau dan gunung yang menawan dari ketinggian.

Selengkapnya : Di bawah ini adalah Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat Kabupaten Pasaman Timur :

NAMAOBJEKLOKASI
Bayang AiaAir TerjunNagari Pauh, Lubuk Sikaping
Air Terjun CiracaiAir TerjunSungai Pandahan, Lubuk Sikaping
Prasasti Kubu SutanSitus SejarahLubuk Layang, Kec. Rao
Candi Tanjung MedanSitus SejarahTanjungmedan, Kec. Panti
Benteng Van AmerongenSitus SejarahKec. Rao
Bukik KomoyenPanoramaBukoreh, Kec. Padanggelugur
Lubuk BuntaAir TerjunLubuk Bonta
Air Terjun Tanjung BetungAir TerjunBetung, Kec. Rao Selatan
Benteng Bukik Tajadi
Taman Tugu Perjuangan
Situs Sejarah
Situs Sejarah
Tanjung Hilia, Kec. Bonjol
Lubuk Sikaping
NB : Bila ada yang tertinggal, silakan berkomentar di bawah.

Wisata Di Agam

Agam merupakan sebuah kabupaten yang memiliki luas sekitar 2.232,30 km² dengan total penduduk sebanyak 476.881 jiwa (2015) dan beribukotakan Lubuk Basung.

Agam sangat terkenal dengan wisata alam mereka berupa perbukitan, danau dan panorama alam. Sedangkan untuk garis pantai hanya sedikit, yakni 43 km saja.

Kabupaten ini memiliki 16 kecamatan dan 82 nagari. Berikut, Tempat Wisata Di Sumbar yang ada di kabupaten Agam, simak selengkapnya di bawah ini :

1. Danau Maninjau

Yang pertama tentulah Danau Maninjau, sebuah danau yang menjadi ikon kabupaten ini bahkan untuk provinsi ini, lokasinya di Kecamatan Tanjung Rayaini.

Danau yang memiliki panjang 16 km dengan lebar 7 km ini memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, serta dilengkapi berbagai fasilitas wisata.

Udara yang segar, penampakan pegunungan dan air yang bitu tentu akan mampu menyihir pandangan siapa saja yang berkunjung ke sini.

Tidak heran, bila setiap hatinya lokasi wisata yang satu ini selalu dipadati pengunjung. Selain itu, kamu juga bisa menyantap berbagai kuliner khas Agam dan ranah Minang.

2. Puncak Lawang

Destinasi kedua adalah Puncak Lawang, taman alam yang berlokasi di Lawang, Matur, Kab. Agam, dan berada di ketinggian +1000 mdpl.

Dari atas puncak Lawang ini, kamu bisa menikmati bagaimana indahnya pemandangan danau Maninjau, gunung, persawahan dan pemukiman penduduk dibawahnya.

Belum lagi udara yang segar dan sejuk, serta berbagai fasilitas yang ada, seperti taman hutan, lokasi outbound, tempat nongkrong dan lainnya di atas sana.

Tempat ini juga dijadikan sebagai titik pusat kegiatan olahraga ekstrim yakni Paralayang. Dengan tiket masuk 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang disediakan.

3. Gunung Marapi

Tempat wisata terbaik di Sumatera Barat selanjutnya adalah Gunung Marapi, sebuah gunung ramai pendaki yang memiliki ketinggian 2.891 mdpl.

Bila kamu berminat mendaki gunung ini, bisa dimulai dari perbatasan Agam dan Bukittinggi. Setiap harinya, damai sekali orang naik dan turun di gunung ini.

Soal keindahan, jangan ragukan lagi. Jika sudah sampai ke puncak, kamu akan menyaksikan pemandangan alam berupa danau maninjau, hutan dan laut.

4. Kelok 44

Dijadikan sebagai spot wisata, kelok 44 merupakan rute jalan raya yang menghubungkan kabupaten Agam dengan Kotamadya Bukittinggi.

Sesuai dengan namanya, jalan ini memiliki 44 buah tanjakan yang dimulai dari tepian danau Maninjau. Jika sudah sampai ke atas, maka pemenangan danau Maninjau telah menyambut.

Di sepanjang perjalanan, juga banyak tempat pemberhentian bila kamu capek. Juga bisa mencicipi berbagai kuliner yang ada. Usahakan melewati rute ini ketika siang hari saja ya.

5. Pantai Tiku

Dari wisata danau, gunung dan panorama alam, sekarang kita masuk ke objek pantai yakni Pantai Tiku, yang berada di Nagari Tiku, kecamatan Tanjung Muara, Agam.

Ini merupakan pantai yang sibuk dengan aktivitas nelayan. Selain berwisata, kamu juga bisa membeli ikan segar langsung ke nelayan, di lokasi yang disediakan.

Dari pantai ini, ada pula 2 pulau yang bisa kamu kunjungi dengan menyewa perahu, yakni Pulau Tengah dan Pulau Ujung. Dengan bermodalkan 20.000 aja, kamu sudah sampai di sana.

Nah, berikut, Daftar Tempat Wisata Di Sumatera Barat yang ada di Kabupaten Agam :

NAMAOBJEKLOKASI
Air Terjun Langkuik TamiangAir TerjunLangkuik Tamiang, Kec. Malalak
Air terjun Gadih RantiAir TerjunArifika, Kec. Tanjung Ray
Air Terjun BadoraiAir TerjunNagori Sungai Puar, Kec. Palupuh
Air Terjun Tiga TingkatAir TerjunNagori Sungai Puar, Kec. Palupuh
Aia Tigo RasoKulinerKec. Tanjung Raya
Sajuta JanjangPanoramaNagari Pakan Siyatan, Kec. Banuhampu
Ekowisata LasiTamanLasi, Canduang
Masjid Raya BayurReligiKoto Nagari Bayua, Tanjung Raya
Ambun PagiPanoramaDesa Padang Galanggang, Kec. Matur
Taman Wisata Muko-MukoTamanKoto Malintang, Tanjung Raya
Benteng JepangSitus SejarahKoto Malintang, Tanjung Raya
Melihat Bunga RafflesiaAlamBanuhampu dan Batang Palupuh
Taman TirtasariTamanNagari Koto Tangah, Kec. Tilatang Kamang
Tarusan KamangDanauTarusan, Kec. Kamang Mudiak
Ngalau KamangGoaKamang Mudiak, Kec. kamang Magek
Makam Tuanku Nan RencehSitus SejarahKamang Mudiak, Kec. kamang Magek
Rumah Buya HamkaSitus SejarahSungai Batang, Tj. Raya
Makam Tuanku Lareh CandungSitus SejarahNagari Canduang Koto Laweh, Kec. Canduang
Ngalau TarangGoaKamang Mudiak, Kamang Magek
Masjid Kuno BingkuduReligiKoto Tinggi, Kec. Baso
Masjid Ummul QuroReligiManinjau, Tj. Raya
Monumen Pesawat Avro Anson RI-003Situs SejarahGadut, Tilatang Kamang
Pantai Bandar MutiaraPantaiTiku Selatan, Tj. Mutiara
Pantai Ujung KarangPantaiTiku, Tj. Raya
Pemandian Alam dan MercusuarPemandianKec. Banuhampu
Sungai TanangPemandianKec. Banuhampu
Rumah HR. Rasuna SaidSitus SejarahPanyinggahan, Maninjau
Telaga AnggrekTamanKec. Ampek Angkek
Sungai JaniahPemandianTabek Panjang, Kec. Baso
Laguna TikuTamanTiku Selatan, Tj. Mutiara
Air Terjun Batu BasurekAir Terjun
Rumah Gadang PurichataliSitus SejarahKoto Tangah, Tilatang Kamang
Bukit Sirih Muantain ViewPanorama
Bukik SakuraPanoramaBaringin, Palembayan
Rumah Pohon BawanPanoramaPT. AMP Plantation, Bawan
Taman Bermain Banto RoyoTamanKoto Tangah, Tilatang Kamang
Air Terjun Langkuik TinggiAir TerjunMalalak Bar, Malalak
Pulau Ujuang dan Pulau TapiPulauTiku, Tj. Raya
Warung Palai RinuakKulinerDanau Maninjau
NB : Bila ada yang tertinggal, silakan berkomentar di bawah.

Wisata Di Bukittinggi

Ketika mendengar nama Bukittinggi, yang pertama terlintas di pikiran kita tentulah Jam Gadang dan Lobang Jepang yang sangat melegenda.

Namun faktanya, Bukittinggi memiliki banyak sekali tempat wisata yang sangat bagus dan sayang jika dilewati. Apalagi wilayah perbukitan yang hadirkan pemandangan indah.

Nah, berikut adalah beberapa Tempat Wisata di Sumatera Barat yang ada di Bukittinggi, mulai dari objek alam, situs sejarah, taman bermain dan lain-lain.

1. Jam Gadang

Yang pertama tentulah Jam Gadang, yang menjadi ikon kota Bukittinggi dan salah satu objek paling dikenal di provinsi Sumatera Barat ini.

Bangunan jam gadang ini selesai dibangun pada tahun 1926, nama perancangnya adalah Jazid Radjo Mangkuto. Dalam bahasa Minang, arti “Gadang” adalah Besar (Jam yang Besar).

Di sekitaran Jam Gadang ini juga telah dibangun berbagai spot Tempat nongkrong, taman-taman bunga, tempat berfoto ria, santapan kuliner, jualan oleh-oleh dan lainnya.

2. Lobang Jepang

Wisata sejarah di Bukittinggi paling terkenal adalah Lobang Jepang, sebuah situs legendaris yang sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang di Indonesia.

Situs ini menyimpan sederet misteri serta sejarah yang cukup panjang dan kelam. Pernah dijadikan sebagai ruang rapat & pertemuan, dapur, ruang penyergapan, tempat penyiksaan tahanan dan lain-lain.

Lobang Jepang memiliki panjang sekitar 1.470 meter, dengan jumlah terowongan sebanyak 21 buah. Untuk sampai ke sini, hanya butuh 15 menit dengan berjalan kaki dari Jam Gadang.

3. Ngarai Sianok

Wisata Alam di Sumatera Barat yang berlokasi di Bukittinggi selanjutnya adalah Ngarai Sianok, sebuah lembah curam dengan pemandangan super eksotis.

Ngarai ini memiliki panjang sekitar 15 km, lebar 200 meter dan kedalaman 200 meter. Pemandangan bentang alam yang disuguhkan sangatlah indah.

Di sekitaran titik pusat kunjungan, juga terdapat banyak spot berswafoto yang menarik, dengan landskap perbukitan yang dipalut hutan lebat, serta satwa-satwa yang jinak.

4. Kebun Binatang

Kebun Binatang atau yang dikenal dengan nama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan ini, berlokasi di Bukit Cubadak Bungkuak. Satwa yang ada terkategori lengkap.

Selain itu, kebun binatang ini juga disebut-sebut sebagai salah satu yang tertua di Indonesia, yang telah ada sejak tahun 1900-an dan dibangun oleh pemerintah Hindia-Belanda.

Selain bisa menyaksikan hewan-hewan langka dari jarak dekat, lokasinya juga berada di daerah yang diselimuti pepohonan besar yang rindang, sehingga udaranya sangat sejuk.

Tempat wisata yang satu ini disebut sebagai Tembok Raksasa China yang kedua, karena memang gaya dan strukturnya sangat mencerminkan aslinya.

Lokasi janjang Saribu ini membentang sepanjang kawasan Koto Gadang hingga ke sepanjang Ngarai Sianok. Dalam bahasa Minang, arti “Janjang” adalah tangga, dan “Saribu” adalah seribu.

Jumlah tangga yang ada memang sangat banyak. Selain itu, sepanjang perjalanan menempuh tangga ini, kita juga disuguhi dengan pemandangan alam yang hijau dan sejuk.

Berikut, daftar selengkapnya mengenai Tempat Wisata Di Bukittinggi yang populer dan fenomenal :

NAMAOBJEKLOKASI
Benteng Fort De KockSitus SejarahPasar Atas, Kec. Guguk Panjang
Jembatan LimpapehJembatan TuaPasar Atas, Kec. Guguk Panjang
Taman Monumen Bung HattaTamanPasar Atas, Kec. Guguk Panjang
Istana Bung HattaSitus SejarahBukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang
Museum Rumah Bung HattaSitus SejarahCampago Ipuh, Kec. Mandiangin Koto Selayan
Taman PanoramaPanoramaKayu Kubu, Kec. Guguk Panjang
Janjang Ampek PuluahPanoramaAur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang
Air Terjun Lembah AnaiAir TerjunSinggalang, Kec. Sepuluh Koto
Bukik Ngarai TakuruangPanoramaNgarai Sianok
Rumah Adat BaanjuangBudayaJl. Cindur Mato Nomor 1, Kota Bukittinggi
Kaos KapuyuakSeniBukit Cangang Kayu Ramang, Kec. Guguk Panjang
Pasar AtasBelanjaBenteng Pasar Atas, Kec. Guguk Panjang
Ngarai MaaramPanoramaKayu Kubu, Kec. Guguk Panjang
Museum Tri Daya Eka DharmaSitus SejarahKayu Kubu, Kec. Guguk Panjang
Taman Kebun Salak Panganak ArgowisataPerkebunanPuhun Pintu Kabun, Kec. Mandiangin Koto Selayan
Taman Logo BukittinggiTamanAur Tajungkang Tengah Sawah, Kec. Guguk Panjang
Taman Exponen 66MonumenKubu Gulai Bancah, Kec. Mandiangin Koto Selayan
Rumah Pohon InyiakPanoramaKayu Kubu, Kec. Guguk Panjang
Taruko CafeTempat NongkrongKaki Bukit Tabiang Takuruang
Pasar Aur KuningBelanjaAur Kuning, Kec. Guguk Panjang
NB : Bila ada yang tertinggal, silakan berkomentar di bawah.

Wisata Di Lima Puluh Kota

Dari Bukittinggi kita beranjak ke Kebupaten Lima Puluh Kota, sebuah kabupaten yang memiliki luas 3.354,30 km², dan beribukota Sarilamak.

Tidak ubahnya seperti kabupaten Agam dan kota Bukittinggi, geografis Lima Puluh Kota ini juga berbukit-bukit dan diselimuti hutan yang luas.

Sehingga menjadi salah satu lokasi dengan Tempat Wisata di Sumatera Barat yang paling sering dikunjungi, baik dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Nah, beberapa destinasi wisata terbaik di Lima Puluh Kota ini diantaranya Lembah Harau, Kelok Sambilan, Air Terjun Sarasah Barosok dan lainnya. Berikut, penjelasan lengkapnya.

1. Lembah Harau

Dikenal juga dengan nama Harau Valley, destinasi satu ini merupakan sebuah bukit yang indah, berlokasi di Nagari Harau, Kec. Harau.

Karena sebuah lembah, ia diapit oleh 2 bukit yang tinggi dan terjal, sekitar 150 m. Objek ini menjadi tempat wisata favorit di kabupaten Lima Puluh Kota.

Selain pemandangan alam yang indah, di sini juga disediakan berbagai fasilitas menarik sebagai penunjang, seperti Homestay, kampung Eropa dan lain sebagainya.

2. Kelok 9

Tempat Wisata di Sumbar paling terkenal selanjutnya adalah Kelok 9, berlokasi di di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau.

Rute sepanjang 30 km di sebelah timur Payakumbuh ini menjadi jalan raya umum, yang menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Riau.

Lokasinya berada di antara 2 bukit curam yang memiliki pemandangan bentang alam sangat indah. Daya tarik dari tempat ini adalah jalannya yang berkelok-kelok.

Selain itu, 2 bukit yang mengapit merupakan cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Tempat ini sangat populer bahkan hingga ke mancanegara.

3. Air Terjun Lubuak Batang

Tempat wisata di Lima Puluh Kota berikutnya adalah sebuah air terjun indah yang masih tersembunyi, berlokasi di Jorong Koto Bangun, Kapur IX.

Bukan sembarang air terjun, keunikannya adalah dia berada di antara 2 bukit sempit, dengan kucuran air ditengahnya. Jadi wajar saja tempat ini dianggap tersembunyi.

Bahkan, kamu harus berjalan kurang lebih 2 km untuk bisa menjangkau tempat ini. Namun meskipun begitu, rasa lelah dan letih akan hilang ketika melihat keindahan dan keunikannya.

4. Ngalau Indah

Dalam bahasa Minang, arti Ngalau adalah Goa. Ngalau indah berlokasi di Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Bar., Kota Payakumbuh.

Di dalam goa ini, kamu akan melihat susunan bebatuan stalaktit dan stalakmit yang menjuntai dengan sangat indah. Goa ini alami dan sudah berusia sangat tua.

Penghuni goa ini adalah kawanan kelelawar, sehingga lebih sering terdengar ribut sepanjang waktu. Berkunjung ke sini akan menciptakan pengalaman menjelajah alam yang menarik bagi kamu.

5. Padang Mangateh

Jika ingin melihat peternakan sapi yang luas layaknya di Selandia Baru, kamu tidak perlu ke luar negeri, cukup berkunjung ke Padang Mangatas yang berlokasi di Mungo, Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Ketika berada di sini, kamu akan menemukan Padang rumput yang luasnya sekitar 280 hektar, udara yang segar serta panorama alam yang menakjubkan.

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan para pekerja peternakan dalam melakukan aktivitas keseharian mereka, serta menyaksikan banyaknya sapi-sapi di tengah Padang rumput hijau.

Berikut, daftar selengkapnya mengenai Tempat Wisata Di Lima Puluh Kota yang paling populer dan fenomenal :

NAMAOBJEKLOKASI
Air Terjun Sarasah BarosokAir TerjunBanja Loweh, Bukik Barisan
Bukik Batu MandaPanoramaSungai Talang, Guguak
Kapalo BandaPemandianTaram, Harau
Panorama Selat MalakaPanoramaPangkalan Koto Alam
Pantai LontaPantaiNagari Sialang, Kec. Kapur IX
Pamandian Batang TabikPemandianSungai Kamuyang, Luak
Panorama AmpanganPanoramaAua Kuniang, Payakumbuh Selatan
Air Terjun Lubuak BulanAir TerjunSimpang Kapuak, Mungka
Ikan Banyak SulikiPemandianPandam Gadang, Kec. Suliki
Rumah Gadang Sungai BeringinSitus BudayaSungai Beringin, Payakumbuh
Danau Aia SonsangDanauTaeh Bukik, Kec. Payakumbuh
Aia Baba HalabanPemandianKec. Lareh Sago Halaban
Air Terjun Sarasah MuraiAir TerjunTarantang, Kec. Harau
Bukit KelinciPanoramaKoto Tangah Batu Hampa, Akabiluru
Panorama Kayu KolekPanoramaTanjuang Haro Sikabu-Kabu
Rumah Barbie KuranjiSitus SejarahGuguak VIII Koto, Guguak
Menhir MaekSitus SejarahNagari Mahat, Bukit Barisan
Jembatan Ratapan IbuSitus SejarahDaya Bangun, Kec. Payakumbuh Barat
Sarasah DonatAir TerjunTarantang, Kec. Harau
NB : Bila ada yang tertinggal, silakan berkomentar di bawah.