Info Area

30 Tempat Wisata di Medan yang Hits dan Seru untuk Liburan

Tempat wisata di Medan selalu menjadi tujuan wisatawan. Bagaimana tidak, nyatanya memang banyak wisata daerah Medan yang asyik untuk dikunjungi. Oleh sebab itu, tak pula kalau saat ini makin banyak orang tertarik untuk mencari rumah di Medan demi bisa menetap.

Selain perkembangan kota yang begitu pesat, kamu bisa menemukan beragam taman rekreasi di Medan, mulai dari wisata alam dan sejarah di sini pun ada. Apalagi Medan dikenal dengan budayanya yang kental, karena di sini terdapat beragam etnis. Di luar daripada itu, terdapat pula objek wisata di Medan yang terkenal, yaitu Danau Toba. Nah, buatmu yang berniat mengunjungi destinasi wisata Medan, simak daftarnya berikut ini.

1. Merci Barn

(Wisata Oke)

Merci Barn merupakan salah satu tempat wisata di Medan yang lagi hits. Tempat rekreasi Medan ini hadir dengan konsep kekinian. Wisata ini mengusung konsep taman bermain dengan nuansa Belanda. Hal ini terlihat dari desain bangunan yang kental dengan nuansa Belanda. Belum lagi terdapat kincir angin Belanda yang besar dan tampak keren.

Kalau kamu sedang mencari tempat foto keren di Medan agaknya Merci Barn bisa jadi pilihan tepat. Meski begitu, sebetulnya tempat ini di Deli Serdang, tapi karena dekat dengan Medan, tak ada salahnya mampir ke sini.

Alamat: Jl. Pahlawan Deli Tua- Medan, Suka Makmur, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang

tempat wisata di Medan
(Pariwisata Sumut)

Tempat wisata di kota Medan ini merupakan resort bernuansa Bali. Meski tergolong dalam daftar wisata baru, tempat ini cukup banyak peminatnya.

2. The Le Hu Garden

Terdapat spot foto selfie berupa taman bunga yang cantik berbentuk hati. Lalu, ada pula wahanan permainan, seperti ATV dan flying fox. Kalau sedang mencari tempat refreshing di kota Medan agaknya tempat ini bisa jadi pilihan tepat.

Alamat: Jl. Pendidikan, Deli Tua Bar., Kec. Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang

Baca Juga: 15 Rekomendasi Kolam Renang di Medan dan Harga Tiket Masuknya, Lengkap!

3. Sunflower Garden

(Flickr/ Foto hanya ilustrasi)

Sunflower Garden bisa dibilang sebagai tempat aesthetic di Medan. Taman ini dipenuhi bunga matahari yang bisa digunakan sebagai spot foto. Di sini, tersedia beragam spot foto, seperti menara pandang model perahu, jam dinding raksasa, sarang burung, sayap kupu-kupu, bunga matahari, dan lain sebagainya.

Untuk itu, tak heran jika tempat foto di Medan yang lagi hits ini sangat disukai kalangan muda-mudi yang hobi hunting dan selfie. Selain itu, biaya masuknya juga terkenal murah.

Alamat: Jati Kesuma, Kec. Namorambe, Kabupaten Deli Serdang

4. Upside Down World

tempat wisata di Medan
(KSM Tour)

Objek wisata di kota Medan ini spesial dihadirkan untuk para penggiat foto selfie. Di tempat ini, tersedia aneka spot foto unik berupa dunia terbalik. Tiap ruangan semuanya serba tampak terbalik, mulai dari ruang makan, dapur, hingga kamar mandi. Jika kamu berfoto di sana, maka hasil fotonya tampak kamu seperti sedang terbalik.

Kendati demikian, sebenarnya ini bukan satu-satunya di Indonesia, karena di Jogja dan Bandung sudah ada tempat wisata dengan konsep dunia terbalik. Namun, tak ada salahnya untuk mampir ke sini, kan?

Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.29, Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan

5. Menara Pandang Tele

tempat wisata di medan
(Bobo Grid)

Mengunjungi Danau Toba rasanya kurang lengkap kalau belum ke tempat wisata di kota Medan ini. Tempat ini merupakan spot foto yang berada di dekat Toba. Menara ini berada di ketinggian, sehingga kamu bisa melihat pemandangan danau dan sekitarnya.

Tempat hunting keren di Medan ini terbilang populer. Buktinya, banyak warga Medan dan wisatawan yang berbondong-bondong ke lokasi ini untuk berswafoto.

Alamat: Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

6. Air Terjun Efrata

tempat wisata di medan
(Native Indonesia)

Masih di kawasan Samosir, ada tempat jalan-jalan di Medan yang sangat populer dan menjadi buruan wisatawan, yaitu bernama Air Terjun Efrata. Sebenarnya air terjun ini sudah ada sejak lama, tapi baru ini trending di kalangan wisatawan. Air terjun ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburanmu. Panorama alamnya bagus, dan kondisinya juga bersih terawat.

Alamat: Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

7. Wonders Water World

tempat wisata di medan
(Tribun Wiki)

Pariwisata Medan kini semakin maju. Buktinya, mulai banyak waterpark dibangun di sini. Setelah jalan-jalan mengitari kota Medan, sudah saatnya kamu merileksasikan diri dengan mandi atau menikmati wahana air di Wonders Water World Medan.

Waterpark ini dibangun di lahan seluas 5 hektare dan tersedia banyak wahana air. Kamu bisa menemukan kolam renang, kolam berombak, kolam arus, water slide, super loop, tunnel twister, pipe line, bullet bowl, topsy turvy, dan beragam wahana lainnya di sini. Di samping itu, fasilitasnya juga komplet.

Alamat: Jl. Padang Golf CBD Polonia, Suka Damai, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan

8. Hairos Waterpark

tempat wisata di Medan.
(Dok. Hairos Waterpark)

Bila kamu hobi bermain air ataupun berenang, maka ada salah satu tempat liburan di Medan yang wajib dikunjungi. Nama tempatnya Hairos Waterpark. Tempat ini punya aneka wahana air yang asyik untuk dinikmati, mulai dari water dancing fountain, wave pool, waterfall, water torpedo, water slide, lazy pool, hingga kiddy pool. Lokasi Hairos Waterpark ini juga berada di Deli Serdang, tetap saja populer dengan nama Hairos Waterpark Medan.

Alamat: Jl. Let. Jend. Jamin Ginting Km. 14.5, Namo Simpur, Pancur Batu, Namo Simpur, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang

9. Istana Maimun

tempat wisata di medan
(Wikipedia)

Tempat wisata yang ada di Medan ini letak dengan sejarah, lo! Kamu bisa melihat desain bangunan yang unik dan megah serta letak dengan gaya arsitektur Melayu, Timur Tengah, India, dan Eropa. Konon, tempat ini pun menjadi bangunan lambang kejayaan kerajaan Deli.

Kemegahan istana Maimun tidak diragukan lagi, bahkan istana ini populer hingga seluruh Indonesia. Buat kamu yang hobi menelusuri sejarah, maka istana Maimun menjadi pilihan yang menarik.

Alamat: Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66, A U R, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan

10. Masjid Raya Al Mashun

tempat wisata di medan
(Wikipedia)

Masjid Al Mashun merupakan salah satu masjid agung di Medan. Gaya arsitekturnya sangat bagus, dari luar tampak sangat elegan. Masjid ini dibangun pada tahun 1906. Perancang masjid ini adalah orang asli Belanda yang bernama Van Erp, dia juga yang telah merancang Masjid Maimun.

Alamat: Jl. Sisingamangaraja No.61, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan

11. Air Terjun Sipiso Piso

tempat wisata di medan
(Pegi Pegi)

Air Terjun Sipiso Piso cukup populer tahun ini. Air terjun ini lokasinya tak jauh dari Danau Toba. Selain menawarkan panorama air terjun yang memanjakan mata dan suasana nyaman, kamu juga bisa menikmati pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Buat kamu yang hobi berpetualang, Air Terjun Sipiso Piso bisa jadi pilihan tepat untuk didatangi ketika hari libur.

Alamat: Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo

Baca Juga: 13 Rekomendasi Tempat Makan Bakso Enak di Medan

12. Pemandian Bah Damanik

tempat wisata di Medan
(Native Indonesia)

Inilah pemandian di kolam alami dengan sumber air jernih. Pemandian ini berada di Simalungun, lokasinya tak jauh dari Siantar. Fofo-fotonya sudah banyak yang beredar di media sosial, karena memang pemandian ini memiliki pemandangan alam yang sangat bagus.

Di sana kamu bisa merasakan sensasi segarnya air sumber alam yang jernih. Tersedia juga sewa ban pelampung untuk bersantai dengan cara mengapung. Buat kamu yang gemar dengan keindahan alam, maka direkomendasikan mengunjungi tempat ini.

Alamat: Ambarisan, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun

13. Air Terjun Tonduhan

tempat wisata di medan
(Tribun Medan)

Masih di Simalungun, terdapat tempat santai di Medan dengan nuasana alam yang indah. Namanya Air Terjun Tonduhan. Mungkin kamu belum pernah dengar ada wisata alam ini, tapi sebetulnya wajar, karena air terjun ini memang belum begitu terekspos.

Namun, kini Air Terjun Tandohan populer dan menjadi salah satu destinasi liburan yang asyik bagi wisatawan Sumatera Utara. Air terjunnya sangat eksotis, didukung dengan panorama alam sekitar yang hijau dan masih alami.

Alamat: Buntu Kode, Saribu Asih, Hatonduhan, Kabupaten Simalungun

14. Vihara Setia Budi

tempat wisata di medan
(Tribun Medan)

Vihara Setia Budi menjadi salah satu pesona wisata religi di kota Medan. Vihara ini merupakan tempat peribadatan bagi penganut agama Budha, Tao, dan Kong Hu Cu di Medan. Arsitektur bangunan yang bagus seperti halnya di luar negeri. Wajar bila Vihara ini begitu populer dan menjadi tujuan wisatawan.

Alamat: Jl. Irian Barat, Gg. Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan

15. Graha Maria Annai Velangkanni

(Liputan6)

Graha Maria Annai Velankanni adalah salah satu gereja Katolik yang populer di Medan. Gereja ini desain arsitekturnya sangatlah unik. Hal inilah yang menjadikan gereja ini begitu diminati wisatawan sebagai tempat untuk berswafoto. Gereja ini dibuka pada tahun 2005. Hingga kini masih berdiri kokoh dan semakin populer di kalangan masyarakat Medan.

Alamat: Jl. Sakura III No.7-10, Tj. Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan

16. Bukit Holbung

(Pegi Pegi)

Dari Medan menuju ke Pulau Samosir. Di Samosir terdapat sebuah bukit yang sangat indah dan sedang hits. Namanya adalah Bukit Holbung. Pemandangannya semakin ciamik karena di sampingnya juga tampak sanau Toba yang eksotis.

Kombinasi pemandangan yang cantik tersebut menjadi landscape yang keren banget untuk kebutuhan fotografi. Bila kamu menyukai aktifitas swafoto, tentu tempat seperti ini benar-benar istimewa. Ditambah lagi suasananya yang nyaman, hawa udaranya juga sangat sejuk.

Alamat: Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir

17. Bukit Gibeon

Sedang mencari tempat santai di Medan? Silakan datang ke Bukit Gibeon. Wisata ini hadir dengan konsep wisata alam yang dikombinasikan dengan wisata religi. Di tempat ini, kamu dapat menikmati pemandangan bukit yang mempesona serta terdapat air terjun.

Nah, air terjun tersebut mengalir yang mana di bawahnya sudah tersedia kolam yang menampung guyurannya. Adapun nuansa religi di sini yaitu karena tempat ini adalah kawasan belajar bagi umat Kristiani. Namun, wisata ini dibuka untuk umum. Buat kamu yang penasaran, bisa mencoba untuk datang berlibur di sana, pasti asyik.

Alamat: Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir

18. Sinabung Hill Resort

(Booking.com)

Berkunjung ke Sumatera Utara semakin asyik jika kamu mampir di Sinabung Hill Resort. Sebuah tempat menginap dan bersantai di kota Medan. Tempat ini sangat populer setelah foto-fotonya diunggah di media sosial. Resort ini memiliki panorama yang bagus, taman yang indah dan tertata rapi, serta kolam renang yang bisa dinikmati kesegarannya. Nah, kalau kamu sedang mencari taman wisata Medan, agaknya ini bisa jadi pilihan.

Alamat: Jl. Kolam Renang, Gundaling I, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

19. Bekancan River

(Traveling Medan)

Bekancan River merupakan tempat wisata baru yang belakangan ini menjadi buruan wisatawan. Tempat ini berada di kawasan perbukitan, sehingga memiliki panorama alam yang sangat memanjakan mata.

Di sini, tersedia spot foto yang sangat ciamik, salah satunya berupa menara pandang dengan model kapal. Spot ini favorit bagi para pengunjung untuk berselfie. Jika kamu tertarik bisa langsung berkunjung ke sana ketika musim liburan tiba.

Alamat: Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat

20. Gunung Sibayak

(Triptrus)

Gunung Sibayak berada di daerah Karo. Gunung ini juga disebut sebagai Gunung Raja oleh suku Karo.

Gunung ini adalah gunung berapi yang pernah meletus pada tahun 1881. Pesona keindahan gunung ini tidak diragukan lagi. Hal ini yang membuat wisatawan merasa tertarik untuk berpetualang mendaki gunung Sibayak ini.

Alamat: Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

21. Pagoda Taman Lumbini

(Kumparan)

Pagoda Taman Lumbini tempat peribadatan umat Budha. Ini juga berlokasi di Berastagi. Gaya arsitekturnya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke sana. Jika kamu juga penasaran, kamu bisa mengunjungi tempat bagus ini, Pins!

Alamat: Desa Tongkoh. Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

22. Kawah Putih Tinggi Raja

(Phinemo)

Kawah Putih Tinggi Raja ini juga menjadi salah satu destinasi wisata andalan bagi masyarakat Sumatera Utara. Ini masuk kawasan cagar alam seluas 176 hektar. Kawah Putih ini memancarkan pesona keindahan yang luar biasa. Sekilas teringat kawah putih di Ciwidey Bandung.

Alamat: Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun

23. Bukit Indah Simarjarunjung

(Lingkar.co)

Lagi cari tempat piknik di Medan? Kalau iya, kamu bisa ke Bukit Indah Simarjarunjung. Tempat wisata ini sempat viral beberapa waktu lalu dan menjadi buruan wisatawan. Berkat pesona keindahan yang tersaji di sana benar-benar mengagumkan. Panorama Danau Toba yang eksotis tampak begitu memanjakan mata. Belum lagi aneka spot foto yang tersedia semakin mendukung untuk aktifitas swafoto.

Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kecamatan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun

Baca juga: 11 Tempat Bermain Anak di Medan yang Aman dan Seru

24. Funland Mikie Holiday

(Tribun Medan)

Ingin liburanmu semakin seru di dunia fantasi? Di Berastagi, Karo juga ada Funland Mikie Holiday. Ini adalah tempat rekreasi yang direkomendasikan untuk keluarga. Sebab, di sana tersedia aneka wahana menarik untuk segala usia, misalnya saja seperti the wave, the falls, sea battle, bon voyage, dan lain sebagainya.

Alamat: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

25. Air Terjun Pelangi Indah

(Deli Serdang Mall)

Butuh tempat tujuan yang asyik dan menawarkan sensasi alami? ini dia pilihannya. Air Terjun Pelangi Indah yang berada di Deli Serdang. Bisa ditempuh dari Medan buat kamu yang hobi berpetualang. Meski perjalanannya melelahkan, tetapi rasa lelah akan terbayarkan setelah sampai di sini. Panorama air terjun yang sangat eksotis, dan kamu juga bisa menikmati sensasi segarnya air alami dari pegunungan.

Alamat: Tanjung Timur, Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang

26. Taman Air Percut

(Instagram/ huang.xin.yi)

Taman Air Percut juga sempat menjadi buruan wisatawan ketika awal peresmiannya. Hingga kini masih menjadi tempat berlibur yang asyik buat keluarga. Di sana kamu bisa menikmati panorama air dan taman-taman hijau. Serta, bisa juga mencoba naik sepeda air yang cukup favorit bagi para pengunjung.

Alamat: Paluh Gelombang, Tanjung Rejo, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

27. Villa Armina

(Phinemo)

Sehabis jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat wisata di Karo, selanjutnya kamu bisa memilih untuk menginap di Villa Armina. Villa ini menyediakan tempat bermalam dengan fasilitas komplit. Ada juga fasilitas kolam renang yang memiliki background alam yang menawan. Pasti sangat asyik berlibur di sana.

Alamat: Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo

28. Pemandian Air Panas Sidebuk Debuk

(Medan Wisata)

Bosan mandi di air dingin? Kamu bisa menikmati sensasi air hangat di pemandian air panas ini. Tidak hanya menyediakan kolam air hangat, tetapi juga menawarkan keindahan panorama alam sekitarnya. Sensasi hawa dingin yang pas banget bila dimanfaatkan untuk berendam di kolam yang berisi air hangat.

Alamat: Daulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo

29. Sapo Juma

(Pinhome)

Sapo Juma merupakan tempat wisata yang cukup populer di kalangan masyarakat Sumatera Utara, khususnya Medan. Tempat ini bisa dijangkau dari Medan dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hal menarik dari wisata ini ialah suguhan taman bunga yang indah dan mempesona. Tentu sangat nyaman bisa berlibur di sana, jalan-jalan sembari berburu foto di sekitar taman.

Alamat: Jl. Tongging – Silalahi, Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo

30. Adimulia Hotel

(Traveloka)

Adimulia Hotel juga bisa menjadi pilihan untuk bermalam. Hotel ini punya fasilitas kolam renang yang sangat keren. Menikmati segarnya air kolam sambil melihat pemandangan kota, asyik banget tentunya.

Alamat: Jl. Pangeran Diponegoro No.8, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan

Itulah 30 daftar tempat wisata di Medan yang wajib kamu kunjungi. Sangat menyenangkan bukan? Berkunjung di Medan tentu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi tempat wisata populer di atas. Sekian ulasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.