Info Area

13 Tempat Wisata Di Agam yang Wajib Dikunjungi

Ada banyak sekali tempat wisata di Agam yang ketenarannya telah mendunia, sebut saja salah satunya ialah Danau Maninjau yang ada di kaki jalan kelok 44. Namun, sederet destinasi lainnya tidak kalah indah.

Jujur saja, di provinsi ini, bisa dibilang pusatnya objek wisata di Agam menjadi andalan Sumbar. Selain itu, mayoritas selalu dijaga dan dirawat, sehingga para wisatawan kian bertambah setiap tahunnya, baik pengunjung lokal hingga mancanegara.

Daftar Tempat Wisata Di Agam Sumatera Barat

Agam merupakan sebuah kabupaten di provinsi Sumbar yang diresmikan sejak tahun 1956, memiliki luas sekitar 2.232,30 km², 16 kecamatan dan 82 nagari. Kabupaten ini terkenal dengan kawasan geografis perbukitan dan tanah yang subur.

Wajar saja, keadaan alam yang seperti ini membuat tempat wisata di Agam jumlahnya sangat banyak. Selain itu, pemerintah dan masyarakat setempat sangat merawat keberadaan destinasi-destinasi potensial ini. Berikut, beberapa objek wisata yang ada :

1. Danau Maninjau

Source : Instagram | @ramaastra

Yang pertama adalah danau Maninjau, sebuah danau yang tentunya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Wisata alam yang satu ini beralamat di Kecamatan Tanjung Rayaini, Kabupaten Agam Sumatra Barat. Selain pemandangan yang eksotis, lokasi ini juga dilengkapi berbagai fasilitas.

Udara segar, danau yang diselimuti bukit berkabut, pemandangan hijau dan keasrian alamnya yang masih terjaga, sudah barang tentu bisa membuat kamu betah berlama-lama di sini. Tidak sampai disitu, berbagai varian santapan kuliner juga bisa kamu cicipi.

2. Puncak Lawang

tribunnews.com

Puncak Lawang merupakan tempat wisata di Agam berupa taman alam yang luas dan berada di ketinggian +1000 mdpl, berlokasi di Lawang, Matur, Kab. Agam Sumbar. Dengan ketinggian segitu, pemandangan yang ditawarkan sudah pasti tidak akan mengecewakan pengunjung.

Selain itu, tempat ini juga dijadikan lokasi paralayang lokal hingga mancanegara, bahkan digadang-gadang menjadi spot terbaik di Asia Tenggara. Dengan tiket masuk 20.000 saja, kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada di dalamnya.

3. Kelok 44

Pemandangan kelok 44 dari atas
Source : Instagram | @instanusantara

Telah banyak diberitakan dalam lagu-lagu daerah Sumatera Barat mengenai kelok 44 ini. Sesuai dengan namanya, kelok 44 merupakan tempat wisata di Agam berupa rute perjalanan tanjakan yang memiliki jumlah kelokan sebanyak 44 buah. Sengaja dibuat seperti ini karena memang ditujukan untuk mengurangi derajat ketinggian.

Jika di lihat dari atas, pemandangan yang disajikan sangatlah menakjubkan. Jika kamu dari bawah, lokasinya di tepian danau Maninjau. Nah, ketika sampai ke puncak, bayangkan betapa indahnya pemandangan danau tersebut yang bisa dilihat secara keseluruhan.

Baca juga: Menyaksikan Keindahan Alam di Bukit Candi Lawang

4. Pantai Tiku

kinciakincia.com

Salah satu wisata Pantai di Agam ialah Pantai Tiku. Pantai ini terletak di Nagari Tiku, kecamatan Tanjung Muara, Agam. Destinasi yang satu ini selalu ramai pengunjung, ditambah pula para nelayan yang selalu melelang hasil tangkapan mereka pada pagi dan sore hari.

Dari pantai ini terlihat dua buah pulau bernama Pulau Tengah dan Pulau Ujung. Kamu juga bisa ke sana dengan menyewa perahu, serta membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai. Lokasi pantai ini di tepi jalan raya, sehingga mudah untuk diakses siapapun.

5. Air Terjun Langkuik Tamiang

nativeindonesia.com

Tempat wisata di Agam berikutnya yakni sebuah air terjun yang bernama Langkuik Tamiang, lokasinya di Kecamatan Malalak, sisi barat gunung Singgalang. Karena berada di kaki gunung, maka sangat direkomendasikan bagi kamu pecinta pendakian.

Selain itu, letaknya berada di tepian hutan lebat, dengan pemandangan alam yang indah. Uniknya lagi, air terjun ini memiliki ketinggian +-100 meter dengan curahan airnya yang sangat banyak, sehingga bisa mandi dibawahnya akan jadi momen yang indah.

6. Air Terjun Gadih Ranti

disparpora.agamkab.go.id

Objek wisata Agam berikutnya masih berupa air terjun yang diberi nama Gadih Ranti, lokasinya berada di Perbatasan Jorong Dama Gadang dan jorong Arifika, Kec Tanjung Ray. Bukan hanya curahan air, kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam, pepohonan dan tebing yang menjulang indah.

Nama Gadih Ranti sendiri diambil dari cerita masyarakat setempat. Konon di zaman dahulu, air terjun ini merupakan tempat pemandian seorang Gadih (gadis) Putri yang bernama Ranti. Sehingga orang-orang di sekitar sana juga mengajak semua Wisatawan untuk tidak melakukan hal-hal aneh selama mandi di sana.

7. Air Terjun Badorai

pesisir.net

Tempat wisata di Agam berikutnya yaitu air terjun badorai, yang lokasinya berada di Nagori Sungai Puar. Lokasinya berada di dalam hutan lebat yang diapit oleh pohon-pohon besar. Bagi kamu pecinta jelajah alam, tempat ini merupakan salah satu rekomendasi terbaik untuk ditaklukkan.

Uniknya, air terjun Badorai ini memiliki 3 tingkatan dengan ketinggian sekitar 50 meter. Tebing-tebing di sisi air terjun juga cukup curam dan licin. Untuk itu, kamu harus berhati-hati jika hendak berkunjung ke sini. Tetapi soal keindahan, wah tidak perlu diragukan lagi.

Baca juga: 30+ Tempat Wisata Di Pasaman Barat

8. Sajuta Janjang

infopublik.id

Tempat rekreasi di Agam selanjutnya bernama Sajuta Janjang, atau dalam bahasa Indonesia berarti “Sejuta Anak Tangga”, yang mewakilkan betapa banyaknya anak-anak tangga di lokasi ini, sebagai rute dalam melihat pemandangan alam sekitar yang sangat indah.

Lokasi ini berada di lereng gunung Singgalang, Nagari Pakan Siyatan, kecamatan Banuhampu, atau berjarak sekitar 65 km dari Lubuk Basung ibukota Agam. Panjang rutenya sekitar 700 m, dengan ketinggian +100 mdpl dan dilengkapi fasilitas seperti jembatan Gantung, musholla, toilet, Gazebo dan lainnya.

9. Masjid Raya Bayur

Masjid raya Bayur agam
Source : Kontraktorkubahmasjid.com

Berikutnya ada bangunan ibadah berupa Masjid Raya yang bernama Bayur. Yang unik dari masjid ini adalah tekstur bangunannya yang merupakan perpaduan antara gaya Minangkabau dengan Thailand. Kubah utama berbentuk persegi dengan 4 kubah kecil di atas mihrab.

10. Ambun Pagi

Ambun Pagi Maninjau
Kumparan.com

Tempat wisata di Agam paling populer selanjutnya yakni Ambun Pagi, berlokasi di Kecamatan Matur, tepatnya di Desa Padang Galanggang, masih berdekatan dengan Puncak Lawang. Destinasi ini menawarkan keindahan pemandangan alam dari ketinggian, dan ditunjang dengan beberapa fasilitas.

Baca juga : 10 Rekomendasi Tempat Ngopi di Batu yang Enak dan Nyaman

11. Taman Wisata Muko-Muko

disparpora.agamkab.go.id

Wisata di Kabupaten Agam berikutnya yakni sebuah taman wisata yang bernama Muko-Muko. Nama tersebut diambil dari nama PLTA yang ada di daerah tersebut. Objek ini berada di tepian danau Maninjau, dilengkapi dengan berbagai wahana air yang cocok sebagai tempat berlibur bersama keluarga atau pasangan.

12. Melihat Bunga Rafflesia

Bunga rafflesia di agam
Cnnindonesia.com

Bukan hanya ada di Bengkulu, bunga bangkai raksasa ternyata juga terdapat di kabupaten Agam. Lokasinya ada di 2 tempat yakni Banuhampu dan di Batang Palupuh. Uniknya, bunga rafflesia ini hanya akan mekar di bulan November. Mumpung masih Juli, kamu bisa merencanakannya mulai sekarang.

13. Tarusan Kamang

Rute Tarusan Kamang
Instagram | @bukittinggistory

Tarusan Kamang merupakan sebuah danau indah sekaligus Padang rumput hijau. Mengapa demikian? Ya, karena di musim-musim tertentu, lokasi ini akan membentuk danau indah yang luas. Namun di musim kemarau, akan jadi Padang rumput luas yang hijau dan indah. Lokasinya di Tarusan Kecamatan Kamang Mudiak.

Nah, demikianlah ulasan lengkap mengenai destinasi tempat wisata di Agam yang paling populer dan patut kamu kunjungi. Semoga bisa bermanfaat!


Temukan pilihan rumah di Agam dan info perumahan baru di Agam melalui di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.PinhomePINtar jual beli sewa properti.