Info Area

12 Rekomendasi Tempat Self Healing di Bandung

Sama seperti Yogyakarta, Bandung juga selalu ngangenin. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Bandung, dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner bisa dilakukan di Bandung dengan leluasa karena ada banyak sekali pilihan tempatnya. Jika perlu tempat self healing di Bandung, kamu bisa rencanakan untuk pergi ke tempat-tempat berikut ini.

Dan Bandung bagiku bukan cuma urusan wilayah belaka lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi

Penggalan lagu dari Pidi Baiq di atas pastinya sudah sering kamu dengar. Banyak yang bilang, Kota Bandung memanglah romantis. Tidak heran bila banyak pasangan yang senang menghabiskan waktu berduanya di Bandung. Kota kembang ini juga menyimpan berbagai tempat wisata yang menarik. Cobalah berkunjung ke tempat self healing di Bandung berikut ini jika ingin sejenak menenangkan perasaan atau beristirahat dari segala rutinitas dan aktivitas penatmu.

1. Curug Bugbrug

(Tourbandung)

Salah satu cara healing terbaik adalah dengan kembali dekat kepada alam. Berkunjung ke beberapa wisata alam bisa menjadi caranya. Di Bandung, kamu bisa coba mampir ke Curug Bugbrug yang ternama. Lokasinya masuk ke dalam Kabupaten Bandung Barat dan sudah menjadi destinasi favorit karena juga dekat dengan daerah Kertawangi, Cisarua. Meskipun sudah dikenal banyak orang, tetapi tempatnya masih terbilang sepi. Yuk, agendakan akhir pekan nanti ke Curug Bugbrug.

2. Natural Hill & Curug Anom

(Tourbandung)

Masih berlokasi di daerah Kabupaten Bandung Barat, tepatnya di Cisarua, tempat self healing di Bandung berikut ini juga masih berupa wisata alam. Air terjunnya memiliki aliran yang cukup deras, kamu perlu berhati-hati jika ingin mendekat. Tempatnya asri dan sejuk, cocok dijadikan sebagai tempat melepas penat dan mengobati hati yang luka. Natural Hill & Curug Anom sudah memiliki berbagai macam fasilitas yang memadai, seperti penginapan, musala, toilet area parkir, dan lain-lainnya. Buka 24 jam dan pengunjung tidak diwajibkan untuk membayar tiket masuk alias gratis.

3. Maribaya Natural Hot Spring Resort

(Times Indonesia)

Self healing juga bisa dilakukan dengan berendam di air panas untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan menyegarkan badan yang lelah. Maribaya Natural Hot Spring Resort dapat menjadi pilihan, apalagi suasananya mirip seperti pada pemandian air panas di Korea dan Jepang. Dengan suasana yang mendukung, kamu memang seolah-olah sedang berada di Tokyo atau Seoul. Selain menawarkan pemandian air panas, banyak pula spot foto menarik di sini. Fasilitas lain, seperti kolam pemancingan, taman bermain anak, pujasera, dan musala juga tersedia lengkap. Semua fasilitas tersebut pun sangat dijaga kebersihannya. Tidak hanya untuk self healing, kamu bisa ajak pula keluarga atau teman ke sini.

4. Sendang Geulis Kahuripan

(Tempatwisata)

Tempat self healing di Bandung memang memiliki pemandangan alam yang memesona. Sendang Geulis Kahuripan dijamin akan membuatmu nyaman dan kembali tenang. Berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, Sendang Geulis Kahuripan memiliki air yang sangat jernih dan bersih serta menyegarkan. Tempatnya yang jauh dari keramaian masih begitu asri sehingga udaranya sejuk, cocok sekali untuk kamu yang ingin berusaha menyendiri atau menenangkan diri.

5. Farm House Susu Lembang

(SpotPedia)

Terkadang, menyembuhkan diri juga tidak harus di tempat yang jauh dari keramaian. Ada beberapa orang yang justru merasa terobati dengan berkunjung ke tempat ramai. Jika kamu termasuk orang tipe ini, kamu bisa coba berkunjung ke Farm House Susu Lembang, salah satu tujuan wisata favorit, terutama bagi keluarga. Salah satu atraksi yang menarik di Farm House Susu Lembang adalah adanya replika dari rumah Hobbit yang terkenal. Suasananya juga dibuat seperti di Eropa, sehingga menambah nilai plus tempat wisata ini. Selain rumah Hobbit, masih banyak atraksi menarik lainnya yang patut dicoba. Healing kamu di tempat ini pastinya akan lebih berkesan.

6. Dusun Bambu

(Media Indonesia)

Jika kamu ingin healing sambil menginap dan menghabiskan akhir pekan, Dusun Bambu bisa dicoba. Tempat ini memiliki penginapan dan restoran yang cukup unik sehingga dapat membantumu melupakan masalah atau beban berat yang dihadapi. Ditambah pemandangan yang masih asri dan suasana yang sejuk, Dusun Bambu tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya. Lokasinya berada di Komplek Komando, Kertawangi, CIsarua, Bandung Barat, tempat ini juga sudah banyak dikenal orang. Selain bisa didatangi sendiri, kamu juga bisa mengajak teman, keluarga, atau pasangan untuk menemanimu healing.

7. Glamping Lakeside Rancabali

(Travelspromo)

Tempat self healing di Bandung selanjutnya adalah Glamping Lakeside Rancabali. Glamping atau glamour camping memang saat ini menjadi aktivitas yang populer dan diminati banyak orang. Pengalaman camping dengan fasilitas premium ini patut kamu coba, setidaknya sekali dalam seumur hidup.Glamping Lakeside Rancabali memiliki pemandangan yang sangat indah. Di depan masing-masing penginapan, ada danau yang jernih dengan air berwarna biru. Udaranya yang sejuk dan bersih dapat mengembalikan mood yang rusak. Lokasinya sendiri berada di Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

8. Ranca Upas

(Tribun Travel)

Berkunjung ke tempat-tempat wisata yang memesona memang dapat membuat mood menjadi lebih baik. Apalagi, bila di tempat tersebut kamu juga dapat berinteraksi dengan hewan-hewan, proses self healing tentu akan lebih cepat. Pasti kamu sudah tahu tentang Ranca Upas, salah satu tempat wisata populer di Bandung. Di sini, kamu bisa berinteraksi dengan kawanan rusa yang jinak. Pemandangan alamnya juga elok, udaranya masih segar, dan kamu juga bisa camping dari ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Sungguh menarik, bukan?

9. Taman Lembah Dewata

(Sikidang)

Taman Lembah Dewata menawarkan pemandangan alam yang juga tidak kalah menarik dari lokasi-lokasi yang telah disebutkan di atas. Sesuai namanya, tempat ini sungguh menggambarkan keindahan alam kadewatan yang memanjakan. Pikiran buruk dan tubuh yang lelah dapat kembali fresh seketika saat kamu menginjakkan kaki di tempat ini. Untuk menikmati keindahan alamnya, kamu bisa berkeliling dengan menggunakan sepeda sambil menghirup udara yang segar.

10. Tebing Keraton

(Travelspromo)

Tebing Keraton saat ini telah menjadi tempat wisata populer dan menarik di Bandung. Viralnya lokasi wisata ini di media sosial membuat banyak orang penasaran untuk datang berkunjung. Dari Tebing Keraton dengan ketinggian kurang lebih 1.200 meter di atas permukaan air laut, kamu bisa melihat keindahan Kota Bandung secara menyeluruh. Di tempat ini, kamu juga bisa menunggu sunrise mulai dari pukul 05.30 pagi. Puas menikmati pemandangan matahari terbit, kamu bisa mengeksplorasi tempat sekitar dan berfoto dengan latar belakang pegunungan yang cantik. Meskipun rute menuju Tebing Keraton cukup terjal, tetapi semuanya terbayar dengan keindahan alam di sekitarnya.

11. The Lodge Maribaya

(Tribun Travel)

Ingin mencoba wisata outdoor yang tidak terlalu melelahkan? Coba ke The Lodge Maribaya. Dulunya memang sering digunakan sebagai tempat aktivitas mancakrida ini sekarang juga memiliki banyak sekali wahana yang menyenangkan. Di sini kamu bisa menjajal sky tree, gantole, zip bike, mountain swing, hot air balloon, dan wahana-wahana lainnya. Aktivitas utama yang patut dicoba adalah berkemah. Jangan khawatir, berkemah di sini jauh lebih mudah dan nyaman, banyak pula kegiatan seru yang bisa dilakukan. Berani coba?

12. Orchid Forest

(Ayo Bandung)

Rekomendasi tempat self healing di Bandung yang terakhir adalah Orchid Forest. Seperti namanya, tempat ini menghadirkan beraneka macam bunga anggrek sebagai daya tarik wisatanya. Selain menikmati eloknya bunga anggrek, kamu juga bisa berkeliling di tengah hutan pinus yang tidak kalah menarik keindahannya. Orchid Forest cukup berbeda dari beberapa tempat yang telah dibahas sebelumnya. Ada fasilitas amphitheater di tengah hutan yang sudah lengkap dengan adanya panggung dan bangku penonton. Biasanya, di area ini digunakan sebagai tempat pertunjukan musik atau kesenian lainnya.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik dengan rekomendasi tempat self healing di Bandung di atas? Yuk, agendakan segera ke sana!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.