Info Area

6 Fakta Menarik Tentang Wisata Tebing Keraton Bandung

Tebing Keraton Bandung merupakan objek wisata yang terletak di daerah Dago yang kini menjadi tempat wisata lokal paling hits di Indonesia. Kepopulerannya muncul di media sosial seperti Instagram, Facebook dan juga Path. Para pengguna media sosial tentu tahu akan hal ini.

Tebing Keraton merupakan satu bukit dengan tebing terjal yang berpapasan dengan objek wisata Taman Hutan Raya Juanda Bandung. Ditambah lagi dengan background Gunung Tangkuban Perahu, objek wisata ini menjadi lebih menarik.

Sejarah Tebing Keraton

Sejarah Tebing Keraton
(NgeTrip My ID)

Objek wisata ini sebelumnya dikenal dengan sebutan Tebing Jontor. Kemudian di tahun 2014 nama tersebut diganti menjadi Tebing Keraton.

Menurut informasi dari warga setempat, nama Tebing Keraton berasal dari Bapak Asep karena keindahan alamnya yang sangat mengagumkan.

Alamat dan Lokasi Tebing Keraton

Buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, aksesnya menuju lokasi sudah cukup mudah. Tebing ini berada di kawasan Taman Hutan Raya Juanda, Desa Ciburial, Kelurahan Dago, Kabupaten Bandung Utara, Jawa Barat.

Rute Menuju Tebing Keraton

Rute Menuju Tebing Keraton
(Wisata IDN)

Rute menuju lokasi tidak terlalu sulit jika kamu sudah pernah ke sini. Mungkin sebagai pendatang baru akan terasa sulit dan butuh bantuan terutama bagi wisatawan luar kota.

Rute di bawah ini bisa dijadikan panduan untuk kamu yang belum pernah mengunjungi wisata ini.

  • Rute yang paling mudah untuk kamu tempuh sebaiknya dimulai dari Stasiun Bandung. Setelah itu kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Ir, H Djuanda dan terus ke arah ITB (Institute Teknologi Bandung).
  • Setelah melewati jalan layang pasopati kamu akan sampai di Terminal Dago. Kalau kamu melanjutkan perjalanan tanpa berhenti, kamu bisa lurus terus sampai menemukan jalan yang bercabang dua.
  • Perhatikan, jalan sebelah kiri menuju daerah Dago Giri sedangkan ke kanan menuju bukit Dago Pakar. Kamu bisa ambil rute menuju bukit Dago Pakar.
  • Jalan terus hingga seratus meter kurang lebih kamu akan menemukan pertigaan. Kamu harus mengambil belokan ke kiri yang ke arah Taman Hutan Raya Juanda. Lalu lanjutkan perjalanan sampai kamu menemukan simpang dua di depan.
  • Di simpang dua ini kamu ambil jalan ke sebelah kanan lurus terus tak begitu jauh kamu akan melihat warung bandrek. Warung ini biasanya dijadikan untuk tempat beristirahat untuk para pengunjung yang datang.
  • Setelah melanjutkan perjalanan tak begitu jauh dari warung bandrek tersebut Kamu akan melihat simpang dua lagi, ambil jalan belokan ke kiri. Terus tak berapa jauh kamu akan melihat gapura pintu masuk dari Tebing Keraton.

Baca juga: Grafika Cikole, Wisata Kepribadian Building di Hutan Pinus Bandung

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk ke wisata ini sangat terjangkau. Tiket per orang biasanya dikenakan Rp 11.000 per orang dan biaya parkir motor Rp 5.000, sedangkan mobil Rp. 10.000.

Harga tiket ini sudah termasuk biaya selama di Tebing Keraton sekaligus Taman Hutan Raya Juanda. Informasi lengkap mengenai harga tiket, bisa dicek di sini:

Harga Tiket Masuk & Biaya ParkirWisatawan LokalWisatawan Asing
Tiket Masuk Tebing Keraton BandungRp 11.000Rp 76.000
MobilRp 10.000Konfirmasi ke pihak loket
MotorRp 5.000Konfirmasi ke pihak loket

Untuk bisa berkeliling menikmati pemandangan eksotis di Tebing Keraton ini kamu hanya perlu membayar tiket masuk Berkisar Rp 11.000 saja, sangat ramah kantong, bukan?

Kelebihan dan
Kekurangan Tebing Keraton

Pada tahun 2014 lalu objek wisata ini memiliki banyak kekurangan. Kurangnya fasilitas tersebut diantaranya toilet, tempat sampah dan sejenisnya yang berkaitan dengan objek wisata Tebing Keraton. Hanya terlihat beberapa warung-warung kecil dan halaman parkir yang luas.

Tingkat keamanan wisata seperti pagar pembatas antara tebing dan pengunjung juga belum tersedia.  Jadi buat Pins yang sedang selfie sebaiknya lebih ekstra hati-hati.

Namun kini, fasilitas pendukung di sini sudah cukup lengkap, pengamanan lokasi juga sudah mulai dilakukan dengan mendirikan pagar yang kokoh.

Tips Wisata ke Tebing Keraton

Tips Wisata ke Tebing Keraton
(iNews)

Beberapa hal penting yang perlu Kamu perhatikan saat berada di tebing Keraton di antaranya:

  • Pastikan kondisi kamu dalam keadaan sehat sebelum menempuh perjalanan hingga sampai tujuan.
  • Sebaiknya untuk tidak membawa anak-anak selama berada di lokasi tebing, dan kalau pun harus sebaiknya melakukan pengawasan ekstra.
  • Membawa kamera terbaik yang kamu punya untuk menciptakan foto dengan spot menarik selama berada di lokasi wisata.
  • Menggunakan pakaian kasual yang dapat menyerap keringan agar bisa bergerak bebas di alam terbuka. Jangan lupa untuk membawa jaket karena udara di sini cukup dingin.
  • Membawa bekal makanan dan minuman sesuai kebutuhanmu.
  • Pastikan bahan bakar untuk pulang pergi selalu tersedia agar tidak ada halangan selama di jalan seperti mogok dan lain sebagainya.
  • Kamu yang ingin bersepeda juga menjadi pilihan yang tepat. udara yang sejuk di sekitar Taman Hutan Raya Juanda.

Baca juga: King Garden Bandungan Semarang

Villa atau Penginapan

Untuk kamu yang ingin lebih lama berada di area Tebing Keraton, berikut ini daftar penginapan yang bisa kamu sewa.

Nama HotelAlamatNo.Telepon
Villa 78 DagoJl. Bukit Pakar Timur IV No. 78, Bandung, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
Villa Aster TwoJl Dago Pakar Mawar 2 no 26, Resor Dago Pakar, Mekarsaluyu, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198(022) 82520741
Asterik VillaJl. Dago Pakar Mawar II No.26A, Mekarsaluyu, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 401980878-2199-0203
De Reiz Villa Dago PakarJl. Mawar, Resort, Dago, Pakar, Kota Bandung, Jawa Barat 402240877-9247-3676
Villa Forest HillResor Dago Pakar, Forest Hill B6, Mekarsaluyu, Bandung, Jawa Barat 40198
Villa Alam Nirwana 21Jl. Alam Nirwana No.21, Mekarsaluyu, Kec. Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 401980813-9371-7993
Dago MIJN HuisJl. Raya Golf Dago Jl. Cigadung Raya Barat No.7a, Cigadung, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 401350818-353-851

Hal Menarik di Lokasi Wisata Tebing Keraton

Ada banyak sekali daya tarik Tebing Keraton yang bisa kamu dan keluarga nikmati yang jarang diketahui oleh para wisatawan ketika berlibur ke Kota Kembang atau Bandung.

Sunrise Cantik

Mungkin kebanyakan wisatawan akan mengira jika datang ke Tebing Keraton hanya akan mendapatkan pemandangan landscape perbukitan dan juga hutan. Namun, perlu kamu ketahui khususnya bagi pemburu sunrise dan sunset.

Tebing Keraton ini juga menyuguhkan pemandangan matahari yang terbit dari belakang Gunung Guntur. Jika kamu datang di waktu yang tepat saat kabut putih masih menyelimuti hamparan hutan, pemandangan dari Tebing Keraton ini akan jauh lebih eksotis.

Apalagi jika kamu datang pada saat cuaca sedang cerah, akan ada fenomena alam cantik yang dihasilkan dari pancaran sinar matahari yang menembus sela-sela kabut. Tentu akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Tempatnya Para Pemburu Sunset

Ada sunrise pastinya ada juga sunset. Tak kalah indah dengan pemandangan pada waktu sunrise terjadi, Tebing Keraton ini juga menampakkan keindahan saat matahari tenggelam.

Warna orange hingga kemerah-merahan yang berpadu dengan lebatnya hutan sekitar menajdi tempat yang wajib dikunjungi oleh para pemburu sunset.

Baca juga: Wisata Alam Situ Cileunca Bandung

Indahnya Panorama Hutan dari Ketinggian

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Tebing Keraton adalah pemandangan hamparan hutan dan perbukitan yang diselimuti dengan kabut tebal.

Dari atas Tebing Keraton ini kamu bisa mengabadikan moment berlatar hutan dan perbukitan dengan menggunakan kamera atau pun HP. Tempat ini sangat instagramable, sehingga bisa dengan mudah kita lihat berbagai foto mengenai Tebing Keraton.

Trekking Jalan Kaki dan Bersepeda

Untuk kamu yang ingin menikmati keseluruhan dari keindahan tempat ini, kamu bisa berjalan kaki atau pun bersepeda mengelilingi area Tebing Keraton. Udara yang masih sejuk dan segar akan membuatmu jauh lebih merasa tenang dan nyaman berada di area tebing ini.

Saat melakukan trek dengan berjalan kaki atau pun bersepeda Anda akan melihat keindangan lingkungan hutan yang akan membuatmu semakin terpukau.

Tempat Singgah Burung Elang

Tebing Keraton juga sering dijadikan sebagai tempat singgah burung elang saat sedang berimigrasi. Tak hanya elang, beberapa jenis burung lainnya juga bisa kamu temukan di tempat ini seperti Alap-alap China dan Alap-alap Nippon.

Biasanya burung-burung ini singgah pada Bulan Agustus. Pihak pengelola Tebing Keraton juga sudah memfasilitasi sebuah menara pemantau burung setinggi 2 lantai untuk para wisatawan yang tertarik untuk mengamati burung-burung ini.

Baca juga: Keindahan Taman Bunga Cihideung Lembang Bandung

Camping Ground

Tempatnya yang dikelilingi oleh hutan, dengan pemandangan yang menakjubkan serta suasana yang masih asri dan segar tentunya cocok jika dijadikan sebagai tempat untuk melakukan camping.

Tempat ini sudah difasilitasi dengan camping ground dengan luas seperti lapangan bola. Selain itu, ada juga fasilitas lainnya yang akan mendukung waktu camping seperti mushala, gazebo, dan toilet.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah di Bandung terlengkap di daftar properti seperti perumahan di Bandung & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy