Kesejukan dari Taman Ramadanu Magelang

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 18 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Magelang memiliki tempat refreshing yang asyik banget loh dan masih tergolong sebagai objek wisata baru. Namanya adalah Taman Ramandanu Magelang. 

Taman ini sangat instagramable karena memiliki panorama alam yang sangat indah serta memiliki banyak spot foto menarik dan kekinian. 

Jika dilihat sekilas mirip sekali dengan taman bunga di Belanda. Berikut informasi selengkapnya dapat kamu simak dibawah ini :

Sejarah Terbentuknya Taman Ramadanu

Sebenarnya asal muasal taman ini berasal dari ide karang taruna. Mulanya kawasan ini hanya berupa saluran irigasi dan sungai. Terlebih areanya juga kurang terawat dan lebih difungsikan sebagai tempat membuang sampah.

Karang taruna setempat memiliki ide untuk mengubah kawasan ini menjadi lebih asri dan asri. Wargapun mulai membersihkan area secara besar-besaran khususnya bagian aliran sungai.

Area ditanami bunga Celosia yang benihnya dibeli secara online. Kawasan irigasi diubah menjadi kolam ikan. Warga membangun taman bunga dengan menanam 15.000 tanaman bunga celosia.

Area seluas 4.000 meter itupun selama tiga bulan penanaman sudah terlihat hasilnya. Apalagi tanaman Celosia semakin berbunga jika ditanam di area yang panas.

Nama Ramadanu sendiri diambil dari bulan dan lokasi taman. Saat itu tempat dibuka saat bulan Ramadhan. Rama dari Ramadhan dan Danu dari nama dusun Danurojo. 

Harapannya setiap bulan Ramadhan taman memberikan keberkahan seperti bulan puasa. Pesona taman ini tidak hanya cantik saat siang hari namun juga ketika malam tiba.

Baca juga :

Pesona Taman Ramadanu

(Kompas)

Ramadanu menyajikan pesona keindahan taman yang luar biasa. Banyak tersedia bunga Celosia yang cantik dan juga dilengkapi dengan spot foto instagramable. 

Misalnya saja landmark kincir angin Belanda, sign board Taman Ramadanu dan pohon sakura di tengah taman bunga.

Apalagi biaya masuknya tak membutuhkan budget yang besar. Kamu bisa mengajak keluarga maupun teman-teman secara beramai-ramai ke sana untuk berlibur dan seru-seruan bersama.

Banyak warga sosmed yang penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke sana. Selain ada bunga celosia, di sana juga ada bunga Zinna yang turut menghiasi taman ini. 

Di sekitar Taman Ramadanu juga banyak panorama alam yang menawan. Seperti kawasan persawahan yang hijau, banyak pepohonan yang rindang, dan berpadu dengan panorama langit yang biru saat cerah. 

Di sana kamu bisa berburu foto selfie sepuasnya dan pasti mendapatkan hasil foto yang keren-keren. Saat malam tiba sekeliling taman dipenuhi dengan lampu jalan. 

Meskipun lampu berwarna kuning putih yang terang namun suasana hangat akan kental terasa. Lampu jalan didesain unik yakni seperti bentuk payung yang terbalik. Lampu terpasang di pinggir jalan setapak menuju kincir angin.

Fasilitas Taman Ramadanu 

(Kompas)

Fasilitas disini lumayan lengkap dan mendorong kenyamanan pengunjung. Adapun fasilitas yang disediakan adalah terapi ikan, area parkir yang cukup luas hingga mushola.

Tersedia pula gardu pandang, pusat informasi dan toilet. Jika kamu lapar tak perlu khawatir sebab ada warung makan yang dapat ditemui disini. Sebaiknya datang kesini ketika musim bunga Celosi mekar.

Umumnya penanaman bunga di akhir tahun dan mekar ketika memasuki awal tahun. Kamu dapat datang antara akhir Januari maupun awal Februari. Datang di pagi hari agar tidak terlalu panas menikmati tamannya.

Jangan lupa untuk membawa souvenir khas taman Ramadanu. Kamu bisa membeli bibit bunga Celosia sebagai oleh-oleh. Bibit ini dapat kamu tanam ketika kembali ke rumah.

Lokasi Taman Ramadanu Magelang

Bila kamu tertarik untuk mendatangi wisata taman ini maka langsung saja menuju ke lokasi.Wisata taman ini terletak di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Magelang, Jawa Tengah.

Jarak antara taman dari pusat kota berkisar 26 km. taman Ramadanu tidak jauh dari Jl. Nguwar dan playground taman edukasi Donorejo.

Lokasi berada di area cukup terpencil sehingga tidak ada kendaraan umum yang langsung berhenti didepan taman. Gunakan transportasi pribadi atau memakai layanan ojek online.

Rute menuju ke lokasi cukup mudah kok, apalagi jaman sekarang sudah banyak orang yang memiliki smartphone. Kamu bisa memanfaatkan smartphone dengan mengacu pada peta di Google Maps seperti dibawah ini !

Harga Tiket Masuk Taman Ramadanu Magelang

Taman Ramadanu ini buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 21.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya murah banget loh dan pastinya tidak menguras kantong. 

Pada awal pembukaannya taman dibuka mulai pukul 07.00-23.00 WIB. Kini jam buka taman dipangkas untuk menjaga keamanan dan ketertiban wisata. 

Harga tiket masuknya untuk dewasa sekitar Rp. 8.000. Sementara anak-anak dikenai tarif Rp. 5.000. Selain tiket masuk ada pula tarif parkir yang dibanderol mulai dari Rp. 2.000.

Baca juga :

Tips Berkunjung Ke Taman Ramadanu

Jika datang ke Taman Ramadanu sebaiknya saat musim kemarau. Jika musim hujan sudah tiba maka bunga akan menunduk. Isi daya baterai kamera dan ponsel hingga penuh untuk berswafoto. 

Taman Ramadanu Magelang bisa jadi pilihan menikmati bunga Celosi dengan cara yang berbeda. Taman bunga ini memiliki kincir angin mini dan bunga sakura di tengah taman. Cocok untuk semua kalangan usia.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Wikimedia Commons