Info Area

Review Wisata Taman Puri Maerokoco Semarang

Informasi Paling Lengkap Mengenai Puri Maerokoco Semarang Dari √ Sejarah √ Daya Tarik Wisata √ Harga Tiket √ Jam Buka & Fasilita

Puri Maerokoco atau juga dikenal sebagai Taman Mini Jawa Tengah Indah ini adalah salah satu objek wisata di Semarang.

Tempat wisata ini menyuguhkan berbagai seni rumah adat khas Indonesia. Termasuk rumah di Semarang yang berbentuk joglo dapat ditemukan disini.

hipwee.com

Rumah-rumah adat tersebut merupakan hasil dari industri dan kerajinan khas yang diproduksi oleh masing masing daerah. Tidak hanya menyuguhkan seni keindahan dari rumah adat saja namun ada pula wisata kolam renang yang bisa dinikmati bersama keluarga di sini. Kamu bisa bermain sepeda air, perahu, kereta pengunjung dan lainnya.

Informasi Wisata Puri Maerokoco Semarang

Informasi Wisata Puri Maerokoco Semarang
LokasiJl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50114
Harga TiketRp. 10.000
Jam Operasional08.00 – 18.00
DidirikanTahun 1993
Reservasi(024) 7617433
Hari OperasionalSenin-Minggu
MapsMaps

Sejarah Singkat Taman Wisata Maerokoco Semarang

tribunnews.com

Puri Maerokoco Semarang ini diresmikan sekitar tahun 1980 an oleh Gubernur Ismail. Namanya diambil dari salah satu tokoh pada sejarah Mahabarata.

Ia adalah seorang Dewi yang memiliki 1000 bangunan dalam satu malam. Taman yang dibangun pada tahun 1993 ini menempati luas area sekitar 23,84 hektar.

Di antara anjungan yang ada di Puri ini, terdapat  35 rumah adat yang berasal dari kabupaten maupun kotamadya di Jawa Tengah. Dari sini pengunjung bisa memahami budaya asli Jawa Tengah dari setiap kotanya.

Baca Juga :

Daya Tarik Taman Puri Maerokoco Semarang

Berikut ini berbagai daya tarik yang bisa kamu nikmati saat berwisata ke Taman Puri Maerokoco:

1. Miniatur 35 Rumah Adat di Indonesia

Disini terdapat 35 rumah adat khas nusantara. Mulai dari Cilacap hingga rumah adat khas Tuban. Seluruh rumah adat dipersembahkan oleh masing-masing daerah khusus untuk taman wisata ini.

2. Kid’s Park

Wisata ini bagus untuk anak-anak sebagai media edukasi terkait budaya khas nusantara. Selain itu terdapat taman bermain yang dipenuhi ayunan, jungkat-jungkit hingga perosotan.

Setelah bosan berkeliling, anak-anak bisa bermain disini. Dijamin tidak akan membuat buah hati bosan!

3. Kereta Gantung

Untuk menikmati pemandangan keseluruhan area taman bisa juga menggunakan kereta gantung. Tidak banyak wisata kereta gantung tersedia di Indonesia. Ini bisa menjadi pengalaman pertama yang menyenangkan dalam berwisata.

4. Pasar Apung

Pasar apung tidak hanya ada di Floating Market Bandung saja. Puri Maerokoco Semarang juga memiliki pasar apungnya sendiri. Di pasar ini bisa ditemukan aneka oleh-oleh khas Semarang.

Baca juga: Wisata Seru di Goa Kreo Semarang Bersama Keluarga

5. Hutan Mangrove

Tempat wisata ini juga memiliki hutan mangrovenya sendiri. Kamu bisa mengelilingi hutan ini dengan perahu yang tersedia di tepi jembatan.

Tidak hanya indah dikunjungi di siang hari namun juga ketika menjelang malam. Tempat ini cocok untuk menikmati matahari terbenam tepat diatas air yang tenang.

6. Gedung Opera

Bagi penggemar panggung sandiwara pasti sulit menemukan opera. Jika kamu mengunjungi taman ini, hal tersebut mudah sekali diwujudkan.

Puri ini memiliki gedung operanya sendiri. Penampilan opera yang ditampilkannya unik dan khas.

7. Istana Anak Indonesia

Tidak hanya di TMII, Jakarta saja yang memiliki Istana Anak. Destinasi wisata Semarang ini memiliki Istana Anak Indonesia. Dari Istana Anak ini, kamu bisa mengenalkan buah hati tentang budaya khas Jawa Tengah.

8. Museum IPTEK 

Puri Maerokoco Semarang ini memang dibuat sebagai duplikat Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Fasilitas yang dimilikinya kurang lebih sama dengan TMII.

Termasuk didalamnya Museum Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ). Didalamnya berisi aneka eksperimen menarik dan alat sains.Tak sedikit pelajar yang melakukan study tour disini khususnya ketika liburan tiba.

9. Waterboom

Jika ingin bermain air, ada pula Waterboom Puri Maerokoco. Kamu bisa berenang dan bermain air sepuasnya.

Ada pula becak air, sepeda air hingga perahu dengan atap berbentuk daun untuk berkeliling. Fasilitas lainnya yang ada di taman ini adalah komedi putar, bianglala bahkan borncar.

10. Outbound

Outbound ? Iya, di Taman Puri Maerokoco tersedia fasilitas outbound. Ada arena flying fox hingga paintball yang bisa dimainkan secara individu atau berkelompok.

Dari permainan outbound bisa terbentuk kerjasama dan kepercayaan antar tim.

Baca juga: King Garden: Lokasi Wisata Keluarga di Semarang

Harga Tiket Masuk Puri Maerokoco Semarang

Harga Tiket Wisata Taman Puri Maerokoco Semarang
HTM 1 OrangRp. 10.000
Parkir Motor / ( Kendaraan Roda 2 )Rp. 3.000
Parkir Mobil / ( Kendaraan Roda 4 )Rp. 5.000

Jam Operasional

Jam Buka Taman Wisata Puri Maerokoco
08.0020.00

Lokasi Taman Wisata Puri Maerokoco Semarang

Lokasi taman wisata ini berada di Jl. Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kec. Semarang Bar, Kota Semarang, Jawa Tengah 50114. Taman juga bagian dari PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan).

Kamupun bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Lokasi Taman Wisata Puri Maerokoco tidak jauh dengan salah satu wisata di Semarang lainnya yaitu Pantai Marina Semarang. Jaraknya hanya sekitar 5 km dari Tugu Muda Semarang.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah dijual di Semarang dan info perumahan baru di Semarang melalui Aplikasi Pinhome. Daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah