Info Area

Review Lengkap Stone Garden Padalarang

Bisa dibilang, Stone Garden Padalarang merupakan salah satu destinasi wisata alam tersembunyi yang kini tengah diburu banyak wisatawan. Tempat wisata yang berlokasi di Bandung Barat ini mulai hangat diperbincangkan sejak akhir tahun 2014 silam.

Sejak saat itu, tempat wisata murah meriah ini semakin populer dan mulai menjadi salah satu di antara sekian wisata alam favorit di kota Bandung. Bagi yang punya rumah di Bandung dan ingin datang kesini simak dulu informasinya dibawah ini!

Sekilas Tentang Stone Garden Padalarang

Sesuai namanya, Stone Garden merupakan sebuah kawasan gunung kapur dengan bentuknya yang eksotis dan artistik.

Menurut beberapa literatur, gunung kapur tersebut dulunya merupakan sebuah lautan dangkal yang karena proses alam berubah menjadi bebatuan. Bahkan, koral yang hidup di lautan ini pun mati dan sisa fosilnya masih bisa ditemukan.

Literatur lain juga menyebutkan bahwa asal usul tempat ini berhubungan dengan sejarah kepurbakalaan.

Terbukti dengan masih banyaknya sisa fosil yang bisa ditemukan di area seluas 2 ha tersebut. Karenanya, Stone Garden Padalarang juga dikenal dengan sebutan Stone Garden Geo Park.

Lokasi Stone Garden sendiri berada di ketinggian 709 mdpl, tepatnya di puncak Gunung Pawon. Itulah mengapa dulunya tempat wisata ini lebih populer dengan sebutan Pasir Pawon.

Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang khas berupa perpaduan batu gamping putih yang artistik, hamparan tumbuhan hijau, birunya langit dan putihnya awan, serta cahaya matahari yang bersinar terang.

Baca juga :

Daya Tarik Wisata

(Wikimedia Commons)

Nyatanya, selain dikenal sebagai wisata alam, Stone Garden Geo Park juga menyimpan sejuta daya tarik wisata lain yang tak kalah memesona. Apa saja? Simak uraian berikut.

1. Wisata Batu Kapur Taman Batu (Stone Garden)

Suguhan paling tampak ketika menginjakkan kaki di area wisata ini adalah deretan batu kapur dan gamping yang sangat eksotis dan artistik.

Terdapat banyak bebatuan yang berdiri tegak dengan formasi dan bentuknya yang sangat unik.

Tak heran jika kemudian, banyak wisatawan yang mengabadikan keunikan dan keindahannya dalam jepretan kamera. Baik berupa selfie, wefie, atau bahkan pemotretan khusus.

Kamu juga bisa menyusuri area taman batu hingga ke atas bukit. Di sana, kamu akan disuguhi hamparan padang rumput hijau, area persawahan masyarakat setempat, dan panorama alam lainnya.

Aktivitas ini juga bisa disebut semi trekking, lo. Mengingat jalan yang harus dilewati cukup berbatu dan menantang.

2. Wisata Sejarah Stone Garden

Selain akan disuguhi dengan ragam bebatuan yang unik, kamu juga akan diajak untuk melihat berbagai artefak dan fosil.

Berbagai objek bersejarah seperti tulang manusia, tulang gigi (binatang dan manusia), dan fosil koral bisa kamu temukan di kawasan wisata ini.

Hal tersebut membuktikan bahwa Taman Batu memang memiliki sejarah yang erat dengan kepurbakalaan dan sejarah alam lainnya.

Jadi, dengan mengunjungi tempat ini, kamu tidak hanya akan berwisata tetapi juga sekaligus belajar tentang sejarah kepurbakalaan dan antropologi.

3. Wisata Gua Pawon

Selain di area Taman Batu, beragam fosil manusia dan hewan ini juga bisa kamu lihat di dalam Gua Pawon.

Gua Pawon sendiri berada di area bagian bawah dari Gunung Pawon, sementara Stone Garden berada di puncak gunung.

Jadi, kamu bisa mengunjungi Goa Pawon sebelum maupun sesudah beranjak dari Stone Garden Geo Park.

4. Tempatnya yang Intagramable

Di zaman modern ini, banyak sekali anak muda yang suka bergaya di depan kamera dengan landscape yang keren, dan unik.

Banyak juga dari mereka yang lebih suka bergaya dengan latar belakang pemandangan yang masih terlihat sangat asri.

Stone Garden bisa menjadi salah satu tempat wisata yang pas untuk para instagramable bergaya, atau sekedar mengambil gambar pemandangan. Susunan batu seperti koral yang menjulang tinggi, terlihat sangat indah dan berbeda.

5. Tempat Belajar Sejarah

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan indah yang ditampakkan oleh Stone Garden. Disini kamu juga bisa mendapatkan ilmu sejarah yang mungkin tidak kamu dapatkan ketika berada di dalam kelas.

Jadi, kamu bisa berwisata sambil belajar mengenai sejarah areal Stone Garden. Masyarakat Bandung harus tahu mengenai sejarah Stone Garden ini.

6. Area bagi Pecinta Alam

Tempat ini juga sangat cocok dijelajahi oleh para pecinta alam. Jadi, untuk kamu yang memiliki komunitas pecinta alam, bisa merekomendasikan tempat ini sebagai tempat berikutnya untuk dijelajahi.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa para wisatawan lakukan di tempat ini. Pemandangan areanya sangat indah, dijamin kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

Fasilitas Pendukung

Untuk mendukung kenyamanan para wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan beragam fasilitas pendukung. 

Mulai dari toilet yang bersih, tempat beribadah (musholla) yang layak, warung-warung makanan atau jajanan, serta toko penjualan oleh-oleh atau cendera mata.

Cendera mata yang bisa dipilih seperti topi, gantungan kunci, miniatur artefak, dan benda-benda menarik lainnya. 

Meski memang, di beberapa titik utamanya yang terkait masalah aksesibilitas, masih banyak yang harus dibenahi dan ditingkatkan. Beberapa fasilitas lain adalah seperti,

  • Gazebo
  • Spot-Spot Foto Yang Menarik
  • Aula Via Pawon
  • Warung Makan
  • Toilet atau WC
  • Pendo
  • Po Bawah
  • Kamar Mandi
  • Mushola
  • Area Parker Atas dan Bawah

Baca juga :

Harga Tiket Masuk

Perlu diketahui, untuk mengunjungi Stone Garden kamu bisa melalui dua pintu masuk. Sedangkan tiket masuknya dapat disimak sebagai berikut :

Tiket & ParkirBiaya
HTM wisatawan lokalRp.12.000
HTM wisatawan mancanegaraRp.25.000
Tiket campingRp. 15.000
Tiket parkir motorRp. 5.000
Tiket parkir mobilRp. 7.000
Tiket parkir busRp. 30.000

Jika kamu masuk melalui Goa Pawon untuk biaya foto prewedding, Rp. 300.000, dan untuk shooting film sebesar Rp. 18.000.000 per project.

Jam Operasional & Tips Berwisata

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata tersembunyi ini, silakan berkunjung setiap hari (senin – minggu) selama 24 nonstop.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum berangkat menuju kawasan wisata ini, yaitu:

  • Pastikan fisik dan mental berada dalam kondisi prima. Hal ini penting, mengingat wisata alam ini berhubungan erat dengan tenaga Anda. kamu harus siap dengan kondisi medan yang terjal dan panas.
  • Bekali diri dengan berbagai perlengkapan seperti sepatu, bekal makanan dan minuman, topi untuk melindungi diri dari panas, serta kamera untuk mengabadikan momen.
  • Harap hati-hari ketika akan menuju puncak Gunung Pawon, mengingat jalannya yang hanya setapak dan cenderung curam.
  • Ketika mengendarai mobil, harap hati-hati ketika akan membelok karena terdapat banyak tikungan tajam yang rawan kecelakaan.

Baca juga :

Lokasi Stone Garden Geo Park

(Harapan Rakyat)

Tempat wisata ini terletak di Kampung Giri Mulya, Desa Gunung Masigit, Cipatat – Padalarang – Bandung Barat. Lokasinya juga tak jauh dari objek wisata Karang Hawu, yakni sekitar 8 km atau sekitar 20 menit berkendara. 

Sementara jika dari Padalarang, hanya berjarak sekitar 5 km atau sekitar 10 menit berkendara.

Pada dasarnya, akses untuk menuju lokasi ini bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Meski memang, demi kemudahan, keselamatan, dan fleksibilitas, sangat disarankan bagi kamu untuk membawa atau menyewa kendaraan pribadi.

Bagi kamu yang berasal dari Jakarta, setelah keluar dari tol Padalarang ambil jalur menuju kawasan Padalarang – Cipatat.

Kemudian dilanjutkan dengan mengambil rute jalan menuju Desa Gunung Masigit, dan berakhir di kawasan Kampung Giri Mulya, tepatnya di area Gunung Pawon.

Sementara bagi kamu yang berasal dari Kota Bandung, ambil rute tol Cipularang dan keluar melalui tol Padalarang.

Setelah itu, ikuti rute jalan menuju Cianjur dan arahkan ke Jl. Raya Cipatat. Kemudian, arahkan kendaraan ke Desa Gunung Masigit, tepatnya Kampung Giri Mulya.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Wikimedia Commons