Info Area

Review Lengkap Wisata Situ Patenggang Bandung

Kota Bandung atau yang dikenal juga dengan sebutan kota kembang merupakan salah satu kota yang selalu menjadi tujuan banyak para wisatawan ketika waktu liburan datang. Salah satu destinasi yang terkenal adalah Situ Patenggang.

Pinhome – Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama teman maupun keluarga disana. Berikut review lengkap mengenai Situ Patenggang.

Baca Juga:

Legenda Situ Patenggang Ciwidey

Seperti halnya tempat-tempat menarik lain di Indonesia, Situ Patenggang Ciwidey juga memiliki cerita legenda menarik. Legenda itu mengisahkan perjalanan asmara antara Ki Santang bersama dengan Dwi Rengganis. Keduanya diceritakan sebagai seorang yang saling mencintai tapi harus terpisah oleh jarak dan terus saling mencari.

Karena rasa cinta mendalam yang dimilikinya, kedua orang ini pun terus berupaya untuk bertemu. Hingga akhirnya, perjuangan mereka berujung pada kebahagiaan. Ki Santang dan Dewi Rengganis bisa bertemu di sebuah tempat yang saat ini disebut dengan nama Batu Cinta.

Pada pertemuan tersebut, Dewi Rengganis memohon sebuah permintaan kepada Ki Santang. Sang Dewi meminta kepada kekasihnya itu untuk dibuatkan danau serta sebuah perahu. Hingga akhirnya terbentuklah Situ Patenggang yang namanya diambil dari kata dalam bahasa Sunda pateang-teangan (saling mencari).

Sementara itu, perahu yang dibuat Ki Santang untuk Dewi Rengganis, konon berubah menjadi pulau berbentuk hati yang ada di Situ Patenggang—disebut dengan nama Pulau Asmara atau Pulau Sasaka. Menurut kepercayaan warga sekitar, siapa saja yang naik perahu dan mengelilingi Pulau Sasaka dan singgah ke Batu Cinta, bisa memperoleh cinta yang abadi seperti Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Baca Juga:

Review Wisata

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Situ Patenggang adalah suasananya yang alami. Di tempat ini, para wisatawan bisa menemukan tempat yang tepat untuk bersantai.  Apalagi, Situ Patenggang berada jauh dari wilayah perkotaan. Tidak heran kalau tempat ini kerap menjadi lokasi untuk melepas penat.

Tidak hanya itu, para wisatawan yang datang ke tempat ini juga tertarik karena cerita legenda antara Ki Santang dan Dewi Rengganis. Para pasangan yang tengah di mabuk asmara kerap datang ke tempat ini, dengan harapan bisa mempunyai kisah cinta abadi seperti keduanya.

Situ Patenggang
(Lunarv2trip)

Area Situ Patenggang ini dikelilingi oleh hamparan Kebun teh yang luas, sehingga udara sejuk di tempat ini juga masih terjaga. Tempat ini memiliki luas sekitar 45.000 hektar.

Nama tempat wisata Situ Patenggang ini berasal dari bahasa Sunda yakni Patenggang-Teangan yang artinya saling mencari.

Nama ini didasarkan pada mitos yang ada pada Situ Patenggang sendiri. Konon katanya, tempat ini mengisahkan cinta antara Putra Prabu dengan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Keduanya berpisah untuk waktu yang lama, namun karena cinta mereka yang masih sangat mendalam keduanya tetap saling mencari satu sama lain.

Hingga pada akhirnya mereka bertemu di sebuah tempat yang kini dinamakan sebagai “Batu Cinta”. Atas keinginan Dewi Rengganis, Ki Santang membuatkan perahu untuk berlayar bersama. Danau berbentuk hati di Situ Patenggang inilah yang dipercaya warga setempat merupakan perahu buatan Ki Santang.

Mitosnya, siapapun yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi pulau asmara ini akan mendapatkan cinta yang abadi layaknya Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Baca Juga:

Hal Menarik

Ada banyak sekali spot foto yang bisa anda nikmati bersama teman atau keluarga anda ketika datang ke pulau asmara ini.

1. Berkeliling Menggunakan Perahu Dayung

Pemandangan yang diberikan oleh danau ini begitu indah dan asri, jangan lewatkan kesempatan untuk berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang banyak disewakan disini.

(Intazu.com)

Untuk bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu anda bisa sewa perahu ke tempat yang penyewaan perahu yang tersedia.

Dengan menyewa perahu anda dan keluarga dapat melihat keindahan pemandangan yang diberikan Situ Patenggang dari tengah Danau.

2. Kapal Pinisi

Selain bisa berkeliling danau Situ Patenggang anda juga bisa menikmati kapal pinisi yang saat ini cukup hits dikalangan anak muda.

Kapal ini memiliki bentuk yang sangat besar dan berada di tengah pulau. Untuk bisa menuju ke tempat ini, anda dan keluarga harus bisa melewati rawayana yaitu jembatan gantungyang terbuat dari susunan kayu besi baja.

Dari kapal ini anda bisa melihat sekeliling pemandangan Situ Patenggang dari atas. Selain itu, anda yang ska selfie juga bisa mendapatkan banyak spot foto ketika berada di atas Kapal Pinisi.

Baca Juga:

3. Glamping Situ Patenggang

Aktivitas berikutnya yang bisa anda lakukan ketika datang ke tempat ini adalah Glamping atau Glamour Camping.

Situ Patenggang
(Informasiobyekwisata.com)

Jadi, selain bisa mengelilingi danau dengan perahu dan menaiki Kapal Pinisi anda juga bisa camping di tepi danau.

Untuk fasilitasnya, anda tidak perlu khawatir, karena tempat wisata Situ Patenggang memberikan layanan layaknya Hotel bintang lima.

4. Wisata Kuliner

Jika sudah lelah mengelilingi Situ Patenggang, dan menikmati berbagai wahana serta berfoto untuk mengisi akun sosial media anda, berikutnya anda dan keluarga bisa menikmati kuliner di Situ Patenggang.

(Wisatalah.com)

Ada banyak sekali restoran atau rumah makan dengan berbagai pilihan menu makanan yang bisa anda pilih disini.

5. Memancing di Situ Patenggang

Untuk para wisatawan yang hobi memancing, tempat ini juga menyediakan tempat memancing yang tak kalah serunya dengan tempat memancing terkenal yang ada di Kota Bandung lainnya.

Bagaimana? Menarik bukan? Pemandangan yang diberikan oleh tempat ini sangat mempesona, mulai dari danau yang berbentuk hati, Kapal Pinisi, area sekitar danau yang dipenuhi dengan pohon-pohon hijau.

Dan area luar danau yang juga dikelilingi oleh Kebun Teh, menjadi daya tarik tersendiri tempat ini. Untuk anda yang suka sekali berfoto, ada banyak sekali spot foto yang keren dan sangat indah di tempat ini.

Baca Juga:

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk tempat wisata ini lumayan terjangkau. Pada hari-hari biasa atau hari-hari kerja anda hanya harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 18.000 per orang untuk bisa masuk ke area Situ Patenggang.

AkomodasiBiaya
Tiket Masuk/WeekdayRp. 18.000/orang
Tiket Masuk/WeekandRp. 22.500/orang
Parkir MotorRp. 3.500
Parkit MobilRp. 11.000
Sewa PerahuRp. 10.000 – Rp. 20.000

Namun, jika anda datang ketika hari libur nasional atau akhir pekan, anda harus mengeluarkan uang Rp. 20.500 untuk setiap satu tiket masuk.

Untuk biaya parkirnya sendiri, jika anda membawa rombongan dan datang dengan menggunakan Bis atau Truck, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 22.500.

Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi untuk motorhanya dikenakan biaya parker sebesar Rp. 3.500, dan untuk mobil Rp. 11.000.

Untuk anda yang tertarik mengelilingi danau dengan sepeda air atau perahu dayung, anda harus menyiapkan budget tersendiri untuk menyewa perahu, mulai dari Rp. 10.000-Rp. 20.000.

Sekedar informasi bahwa, tempat wisata di Bandung situ patenggang ini buka dari jam delapan pagi hingga jam 8 malam. Untuk harga tiket masuk dan parkir yang telah dijelaskan di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Lokasi Wisata

Untuk alamat Situ Patenggang ini berada di Jalan Raya Ciwidey, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, kode pos 40973.

Atau anda juga bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini untuk sampai ke tempat wisata Situ Patenggang Bandung :

Tips Wisata

Untuk anda yang tertarik dan berniat untuk datang ke Situ Patenggang ini, ada beberapa tips yang bisa anda coba.

  1. Gunakan baju yang nyaman dan hangat
  2. Datang lebih awal supaya bisa menikmati berbagai spot indah di Situ Patenggang
  3. Datang pada saat akhir pecan, karena pada saat ini akan ramai dengan wisatawan, ini akan memperindah hasil foto anda.
  4. Kembali cek bdget dan juga perlengkapan yang dibutuhkan saat berwisata

Villa / Penginapan

Situ Patenggang
(Jabarekspress.com)

Untuk anda yang berniat untuk berlama-lama di tempat ini, mungkin daftar penginapan in bisa membantu anda untuk memilih penginapan yang sesuai dengan budget dan suasana yang anda inginkan.

Villa/PenginapanAlamat
Pondok gembyang-hotel air panas alamJl. patengan KM 38 baru tunggul alam endah ciwidey
Penginapan nugrahaJl. patenggang, rancabali, ciwidey
Alend bungalow and restoJl. raya patenggang, babakan jampang ciwidey
Rancabali cottage ciwideyperkebunan the rancabali
Cimanggu cottage ciwideyJl. Raya ciwidey kawah putih
Kampung strawberry hotelJl. ciwidey-rancabali KM 7
Villa patengan ciwideyJl. ciwidey rancabali, patengan

Itu dia informasi seputar Situ Patenggang, mulai dari wahana, lokasi, harga tiket hingga villa yang bisa anda pilih ketika berlibur ke tempat ini.

Baca Juga:

Featured Image Source: Investor.id


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.