Info Area

Merasakan Keindahan Panorama Alam di Situ Cisanti

Situ Cisanti Bandung menjadi salah satu wisata yang sering dijadikan tempat bersantai bagi segerombolan pariwisata. Tanpa kamu sadari, Bandung memang menjadi kota idaman bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meskipun tidak seindah situ lain di Jawa Barat, namun Situ Cisanti sering menjadi bahan perbincangan di sosial media berkat keindahan panoramanya. Lokasinya berada tak jauh dari Kampung Pejaten yang dapat ditempuh dalam waktu dua jam dari pusat kota Bandung.

Semakin penasaran dengan keindahan wisata di Bandung satu ini? Yuk simak selengkapnya!

Review Situ Cisanti

desainggris.com

Situ Cisanti merupakan hulu dari sungai Citarum yang mana sungai tersebut adalah sungai terbesar di Jawa Barat. Saat berada di lokasi ini, jangan heran kalau kamu merasa terpukau dengan keunikan pemandangan dan kesegaran udaranya.

Di sini kamu juga bisa menjelajah ke berbagai daerah yang mengelilingi gunung wayang, malabar, bedil dan rakutak.

Situ Cisanti juga dekat dari objek wisata di Pangalengan seperti Kebun Teh Pangalengan. Setelah mendapatkan perbaikan dari pihak pengelola wisata dan pemerintah, danau ini pun menjadi lokasi wisata yang cukup populer bagi kaum milenial saat ini. Terutama buat kamu yang ingin melepas penat di akhir pekan.

hotelmurah.com

Kamu tidak akan pernah mengira kalau danau ini dulunya sangat terkenal dengan polusinya. Namun semua berubah secara bertahap sehingga menjadi salah satu objek wisata yang begitu bersih dan indah.

Kawasan danau Situ Cisanti juga dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Wayang, Gunung Malabar, Gunung Bedil dan Gunung Rakutak.

Hulu Sungai Citarum

tisnaelias.blogspot.com

Situ yang merupakan danau kecil ini adalah bagian dari hulu Sungai itarum. Sebab terdapat penampungan aliran dari 7 mata air yang membentuk hulu sungai citarum utama yang terdiri dari 7 mata air lainnya diantaranya:

  • Mata Air Citarum
  • Mata air Cikoleberes
  • Mata Air Cikahuripan
  • Mata Air Cihaniwung
  • Mata Air Cikawudukan
  • Mata Air Cisadane
  • Mata Air Cisanti

Ketujuh mata air tersebut ditampung di situ cisanti dengan debit air mencapai 200-400 liter perdetik. Menakjubkan bukan?

Baca juga: 10+ Tempat Paling Romantis di Bandung

Aktivitas Di Lokasi Wisata Situ Cisanti

Sejumlah kegiatan unik dan seru dapat dilakukan saat berkunjung ke Situ Cisanti. Keseruan pertama yaitu kamu bisa merasakan keindahan alam sekitar danau yang hijau dan berfoto ria di berbagai spot yang instagrammable.

Agar wisata kamu menjadi lebih berkesan, kamu bisa mengelilingi situ cisanti sambil berfoto di beberapa spot seperti tugu kilometer Citarum. Jaraknya pun tidak terlalu jauh dan jalan pun sudah diberi tanda agar kamu tidak tersesat. Lokasi yang paling banyak disorot oleh wisatawan yang datang adalah sebuah dermaga kecil yang sedikit menjorok ke tengah danau situ.

Nah, kalau kamu ingin berkunjung sekaligus camping, disini juga bisa tepatnya di pinggir danau ya. Kini dermaganya pun sudah sangat terlihat lebih rapi, jadi cukup menarik untuk dijadikan spot foto.

Dan yang paling penting adalah, di sekitar area danau tidak ada warung. Sebab, ada aturan baru sehingga pengunjung juga dilarang membawa makanan dari luar. Namun, pusat perbelanjaan ada terpusat di bagian depan.

Baca juga: Wisata Bersama Keluarga di Dago Dream Park Bandung

Lokasi dan Rute Situ Cisanti

Akses lokasi wisata memang tidak terlalu sulit dan masih dapat ditempuh menggunakan transportasi umum. Maksimal jarak tempuh yang harus dilewati kurang lebih dua jam.

Namun, agar tetap lancar di perjalanan menuju lokasi wisata penulis sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan mengambil jalur Pangalengan maupun jalur Ciparay.

1. Route Via Pangalengan

Lewat route ini, arahkan kendaraan ke Pangalengan. Dari bundaran pertigaan Pangalengan, ambil jalan ke kiri dan ikuti terus jalan ini. Waktu tempuh dari bundaran sekitar 1 jam. Meskipun jalan sedikit rusak, setidaknya dapat melihat pemandangan di sepanjang jalannya.

2. Rute Via Ciparay

Rute ini paling sering dilewati wisatawan lokal. Bagi yang tahu jalan ini ya. Jalannya cukup bagus dan mulus hingga ke lokasi wisatanya.

Sepanjang jalannya berupa aspal dan jalan beton. Agar bisa menempuh rute ini, arahkan kendaraan ke jalan terusan buah batu menuju Bojongsoang.

Lewati terus hingga ke jalan laswi Ciparay, dan ikuti terus sampai ke terminal Ciparay. Dari terminal Ciparay belok kanan menuju arah jalan lembur awi-ciparay. Lewati terus sampai masuk jalan raya pacet hingga melewati pasar Cibereum, maka lokasi akan terasa semakin dekat.

Buat kamu yang ingin menikmati panorama alam yang indah di Bandung ini, buat rencana perjalanan kamu dari sekarang agar dapat menikmati keindahan wisata Bandung ini.

Baca juga: 12 Rekomendasi Tempat Self Healing di Bandung

Alamat Lokasi Situ Cisanti

Situ Cisanti beralamat di Kampung Pejaten, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Map Situ Cisanti

Fasilitas yang Ada di Situ Cisanti

Terkait fasilitas di lokasi yang ada saat ini terbilang cukup lengkap. Kamu dapat menemukan mushola di area depan. Lapangan parkir yang luas sehingga dapat menampung mobil dan motor yang memadai.

Selain itu terdapat beberapa warung di lokasi wisata. Kondisinya juga terbilang sangat baik daripada sebelumnya. Dulu terdapat beberapa warung yang dibuka di pinggir danau, namun sekarang semua terpaku pada area depan yang menjadi lahan parkir.

Di warung ini bisa dimanfaatkan untuk belanja makan, ngopi dan tempat beristirahat. Sedangkan toilet, hanya ada di bagian depan. Di sini juga terdapat tempat sampah yang sudah disediakan di area danau, agar tetap terjaga kebersihannya.

Ada juga tempat bersantai mirip kursi sambil menikmati spot yang indah untuk melihat sekitar situ cisanti. Jenis kursi yang disediakan terdiri dari dua yaitu kursi sederhana dan kursi nyaman.

Baca juga: 10 Hidden Gem di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Tiket Masuk Wisata Situ Cisanti

Tidak harus membawa budget besar untuk bisa sampai ke lokasi wisata Situ Cisanti, karena kamu tidak harus membayar tiket masuk. Namun, kamu hanya perlu membayar uang parkir kendaraan yaitu sebesar Rp Permotor 10.000 tanpa tiket.

Lain hal, dulu biaya tiket masuk hanya Rp 10.000 per orang, dan parkir Rp 3000 per motor. Kemudian dimodifikasi menjadi Rp 12.000 per orang dan motor Rp 4000, mobil Rp 9000.

Itulah pembahasan seputar wisata Bandung Situ Cisanti. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat referensi liburanmu ke Bandung ya Pins!


Temukan pilihan rumah di Bandung atau info perumahan baru di Bandung melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.