Info Area

Rumah Pohon Bukit Lemped Peladung Bali

Setelah tempat wisata Bali Swing ramai dibicarakan di media sosial, kini media sosial kembali digemparkan oleh wisata kekinian Bali yang disebut Rumah Pohon Bukit Lemped Peladung.

Tak bisa dipungkiri, Bali memang merupakan salah satu pulau primadona di Indonesia. Sebab, ada banyak sekali tempat wisata Bali yang menarik dan selalu menjadi buruan bagi wisatawan.

Bukan hanya warga lokal yang berdatangan, warga domestik hingga manca negara juga sering berdatangan ke Bali. Begitu juga pesona Rumah Pohon Bukit Lemped tengah ngetrend di media sosial dan berikut informasi selengkapnya !

Sekilas Tentang Rumah Pohon Bukit Lemped

(tourism.karangasemkab.go.id)

Faktanya, Rumah Pohon merupakan salah satu wisata rumah pohon tertinggi di Bali. Ketinggiannya mencapai 40 meter bahkan ketinggian pohon kelapa masih kalah.

Tentu bagi yang mencoba naik rumah pohon tersebut akan merasakan sensasi yang luar biasa. Selain sebagai spot foto yang bagus juga dapat memicu adrenalinmu. Pemilik rumah pohon ini adalah keluarga Mudita yakni I Wayan Putu Mudita.

Awalnya dimanfaatkan sebagai vegetasi bukit namun kurang produktif. Setelah itu kawasan dialihkan menjadi wisata rumah pohon.

Dari ketinggian Rumah Pohon Bukit Lemped ini kamu dapat menyaksikan panorama alam sekitar yang sangat indah dan mempesona.

Meski terbilang rumah pohon tertinggi, kamu tidak perlu takut untuk naik Rumah Pohon Bukit Lemped. Rumah pohon menyediakan  tangga dari besi kokoh sehingga aman digunakan oleh para pengunjung. 

Tangga ini hanya bisa menampung hingga 3 orang saja.Berbagai panorama alam yang sangat memanjakan mata bisa. 

Mulai dari hijaunya pepohonan yang rindang, area persawahan, jalan raya, hingga birunya lautan yang terlihat sangat jelas. Menarik sekali bukan?

Baca juga :

Jembatan Rumah Pohon Bukit Lemped

(tourism.karangasemkab.go.id)

Selain menawarkan wahana yang memicu adrenalin, Rumah Pohon Bukit Lemped juga menawarkan berbagai spot foto yang menarik untuk penggemar selfie. Wisata ini tentu sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga maupun teman.

Luas tempat wisata sekitar 30 are dan memiliki 3 pohon yang menjadi pusat wisata rumah pohon. Pohon tertinggi disini adalah jenis pohon Bunut. Ketinggian pohon sekitar 40 meter yang terbagi 4 lantai.

Sekali naik ke rumah pohon hanya 3 orang saja. Sarana penghubungnya adaah jembatan gantung. Jembatan terbuat dari batang pohon dan bagian pegangan berupa tali tambang.

Sebagai penguatnya digunakan rantai besi. Ada pula ayunan yang ditempatkan di beberapa tempat. 

Biasanya wisata seperti ini sangat digemari kaum muda-mudi yang hobi berburu spot foto untuk selfie. Selain memiliki aneka spot foto yang kekinian juga harga tiket masuknya sangat terjangkau.

Wahana Rumah Pohon Bukit Lemped

(Tribun Bali)

Rumah pohon memang banyak ditemukan di Indonesia. Apalagi di Bali yang memiliki panorama alam yang banyak dipuji para turis. Rumah pohon Bukit Lempd memiliki spot menarik diantaranya adalah :

Spot Selfie

Wahana yang tidak boleh dilupakan disini adalah spot selfienya. Selain di jembatan ada pula bingkai dari ranting pohon. Ukurannya lumayan besar dan dibentuk seperti tetesan air.

Umumnya pengunjung akan berfoto di tengah bingkai. Tujuannya agar nampak seperti figura foto dari bahan alami.

Gardu Pandang

Di beberapa pohon ada gardu pandang yang cukup nyaman. Luas gardu diatas ketinggian tertentu ini lumayan lebar. Selain itu gardu dilengkapi dengan kursi anyaman rotan.

Kamu bisa melihat keindahan desa Peladung yang dipenuhi area persawahan. Beberapa gardunya memiliki tulisan bukit Lemped yang terbuat dari ranting pohon.

Tempat Makan & Santai Di Ketinggian

Ada pula spot khusus untuk makan dan santai di ketinggian. Walaupun warung makan dan minum sederhana namun cukup mampu mengganjal perut yang kosong ketika disini.

Area tempat wisata disediakan parkir kendaraan yang memadai. Tersedia pula toilet untuk pengunjung.

Lokasi dan Rute

Buat kamu yang ingin menikmati keseruan di rumah pohon ini maka alamat yang harus kamu tuju adalah Jl. Raya Tirta Gangga, Desa Peladung, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Sedangkan jarak lokasi yang bisa kamu tempuh yaitu mulai dari Bandara Ngurah Rai jarak tempuhnya sejauh 80 km atau menghabiskan waktu selama 2 jam perjalanan. Jika dari Denpasar maka jaraknya sekitar 68 km.

Rutenya cukup mudah, sebab lokasinya berada di pinggir jalur utama jurusan Kota Ampalpura – Singaraja. Dari Ampalpura berjarak 5.5 km sementara dari rumah pohon Temega hanya sekitar 150 meter.

Kamu bisa pula mengikuti arahan Google Maps dibawah ini agar tidak kesasar!



Menuju lokasi wisata ini juga melewati beberapa tempat wisata lainnya. Diantaranya adalah rumah Coklat di Jasri, Taman Ujung hingga Tirta Gangga. Bahkan jarak dengan Tirta Gangga hanya sekitar 1.6 km.

Harga Tiket Masuk

(tourism.karangasemkab.go.id)

Adapun harga tiket masuknya sangat terjangkau, yaitu seharga Rp 10.000 untuk orang dewasa, dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Jam buka wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WITA.

Bagi tamu asing dikenakan tarif masuk sekitar Rp. 30.000. Tarif tersebut belum termasuk tiket parkir yang mulai dari Rp. 2.000-Rp. 5.000. 

Rumah Pohon Bukit Lemped Peladung merupakan salah satu tempat wisata yang unik di Bali. Disini kamu bisa melihat panorama desa peladung dari ketinggian.

Baca juga :


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Pexels