Info Area

Menikmati Indahnya Wisata Puncak Bintang Bandung

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata alam di Bandung satu ini? Objek wisata Puncak Bintang menjadi salah satu destinasi wisata yang kini banyak disukai. Buat kamu yang ingin menikmati eksotisme Kota Parahyangan dari ketinggian, saatnya berkunjung ke tempat ini.

Kawasan yang dulunya merupakan area hutan pinus sadapan ini, kini telah berbenah menjadi destinasi wisata alam yang eksotis sekaligus romantis.

Puncak Bintang Bandung di dirikan tepatnya tanggal 23 September 2014, tempat ini resmi beroperasi menjadi kawasan Wisata Hutan Puncak Bintang. Meski sempat ditutup beberapa waktu silam, namun tidak mengurangi jumlah pengunjung.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menikmati pesona Bandung dari ketinggian 1442 mdpl, yuk simak info terkait destinasi wisata ini.

Daya Tarik Wisata Hutan

nyeritain.com

Dalam upayanya untuk beralih rupa menjadi kawasan wisata, tentu Puncak Bintang tidak lagi hanya mengandalkan keindahan hutan pinusnya. Melainkan, telah terdapat beragam pesona wisata lain yang tak kalah memesona dan tidak boleh kamu lewatkan. Apa saja? Berikut pesona wisata tersebut.

  • Bersantai dan Menikmati Hutan Pinus

Jejeran pohon pinus yang menjulang tinggi memang menawarkan pesona dan keindahan yang luar biasa. Apalagi, jika hutan pinus tersebut berada dalam kondisi bersih dan tertata. Berada di tengah hutan yang asri dan sejuk, serta dengan pencahayaan sinar matahari yang pas, tentu merupakan suasana yang tak boleh dilewatkan, bukan?

Spot-spot yang cantik dan tempat yang instagrammable juga dapat dengan mudah kamu temukan di sini. Bahkan, kamu pun bisa melakukan sesi foto prewedding di tengah jejeran pohon pinus yang alami dan teduh ini.

  • Hiking dan Trekking di Hutan Pinus

Selain sebagai tempat yang pas untuk bersantai dan berfoto, hutan pinus Puncak Bintang juga cocok untuk aktivitas hiking dan trekking. Ya, kamu bisa melakukan aktivitas wisata alam terbuka ini sepanjang kurang lebih 2 km. Nantinya kamu akan tiba di sebuah lokasi yang lazim disebut area patahan Lembang.

Tentunya, di sini kamu akan disuguhi dengan panorama alam perbukitan yang cantik dan memukau. Bahkan, tempat ini pun menawarkan pesona sunset yang sayang jika dilewatkan. Aktivitas ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, kok. Jadi, jangan dilewatkan, ya.

Baca juga: 20+ Tempat Wisata di Bandung Barat

  • Menikmati Lanskap Kota Bandung dan Sunset yang Indah

Karena posisinya yang berada di ketinggian 1442 mdpl, kawasan wisata ini memungkinkan kamu untuk bisa menikmati pemandangan Kota Bandung dari atas.

Di sini, kamu bisa menikmati landscape ibu kota Jawa Barat dari ujung ke ujung lengkap dengan ornamen tata kotanya. Tentunya, pemandangan tersebut akan semakin cantik ketika menjelang sore-malam hari.

Tak hanya itu, kamu pun bisa menikmati pesona sunset yang sangat memukau, yakni ketika siluet cahaya matahari berpadu dengan gemerlap lampu kota. Sungguh, menikmati matahari tenggelam di tepi hutan pinus ini wajib dicoba.

  • Camping

Buat kamu yang ingin merasakan rasanya hidup dekat dengan alam terbuka, kamu wajib mencoba sensasi berkemah atau kamping di Puncak Bintang. Ya, layaknya Ranca Upas dan Grafika Cikole, tempat wisata ini juga tergolong area camping ground populer di Kota Bandung.

Tak heran, di musim liburan akan banyak wisatawan yang berbondong-bondong untuk berkemah di tengah rindangnya hutan pinus ini. Pihak manajemen pun telah menyediakan area kamping yang sangat luas, dan bahkan bisa menampung 1.500 orang dalam waktu bersamaan.

  • Dermaga Bintang

Daya tarik wisata terbaru yang dijamin akan semakin memanjakan liburan kamu adalah Dermaga Bintang. Dermaga Bintang sendiri merupakan sarana wisata berupa dek layaknya dermaga, yang berukuran sangat besar dan tinggi. Bahkan, saking tingginya kamu bisa berdiri sejajar dengan pucuk pohon pinus. Wah, keren banget, ‘kan?

Jadi, dari Dermaga Bintang ini kamu dapat dengan mudah menikmati pemandangan Puncak Bintang yang sangat indah.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Bintang Bandung

jejakpiknik.com

Demi menunjang kenyamanan para pengunjung, Puncak Bintang juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di antaranya seperti tempat beribadah (musala), toilet, tempat istirahat, tempat sampah, area kamping dengan segala fasilitasnya, dan trek hiking. Sementara untuk tempat parkir, kamu bisa menempatkan kendaraan di area parkir bawah atau di dekat warung Moko/Daweung.

Buat kamu yang berencana untuk camping, gak usah bingung dengan perlengkapan tenda dan semacamnya. Di sini juga menyediakan sewa tenda di bukit moko lho. Kamu hanya perlu membayar perlengkapan tenda tersebut.

Kekurangan lain, di area wisata ini belum tersedia tempat makan. Jadi, untuk kebutuhan konsumsi kamu bisa membawa sendiri atau membelinya di warung-warung yang ada sebelum memasuki area.

Baca juga: Bukit Teletubbies Cicalengka, Wisata Camping Favorit

Harga Tiket Masuk (HTM)

Untuk bisa masuk ke area wisata ini kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang, dan dengan biaya kamping sebesar Rp20.000/orang. Kamu bisa memarkir kendaraan di kawasan Bukit dengan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 – 10.000.

Tips Berwisata ke Puncak Bintang Bandung

jejakpiknik.com

Agar wisata kamu berjalan lancar dan tanpa hambatan, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan tips berikut ini:

  • Karena kamu akan berwisata di alam terbuka, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan kebutuhan kamu secara maksimal. Terlebih bagi kamu yang berniat untuk kamping.
    Hal ini penting untuk mengantisipasi ketidaktersediaan barang tersebut di lokasi. Untuk keperluan kamping, disarankan kamu membawanya dari rumah karena jasa penyewaan di tempat ini masih sangat minim.
  • Pastikan kendaraan berada dalam kondisi prima dan terbaik. Hal ini penting mengingat rute perjalanan yang harus ditempuh berupa jalan yang sempit, menanjak, dan berkelok.

Alamat Tempat Wisata Puncak Bintang Bandung

Buat kamu yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, bisa langsung menuju Kampung Buntis Bongkor, Cimenyan – Kabupaten Bandung.

Lokasinya juga tak jauh dari kawasan wisata Bukit Moko, yakni hanya sekitar 200 meter. Karenanya, tempat wisata ini juga populer dengan sebutan Puncak Bintang Bukit Moko.

Jam Operasional Puncak Bintang Bandung

Destinasi wisata ini bisa kamu kunjungi setiap hari (Senin-minggu) mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Namun, di hari-hari tertentu utamanya ketika musim liburan (libur sekolah, akhir – awal tahun, dan lebaran) Puncak Bintang ini bisa dikunjungi selama 24 non-stop.

Rute Menuju Lokasi Puncak Bintang Bandung

Untuk mengakses lokasi wisata alam ini, jalur paling mudah adalah melalui Jl. Padasuka-Cicaheum, yakni dari lokasi Saung Angklung Udjo sekitar 8.5 km ke arah utara.

Kalau kamu dari arah Bandung, arahkan kendaraan ke Terminal Cicaheum. Kemudian, setibanya di perempatan sebelum lampu merah Cicaheum, belok kiri ke arah Jl. Padasuka.

Ikuti jalan menanjak tersebut hingga melewati  Saung Angklung Udjo, Caringin Tilu, dan perkampungan khas pegunungan. Tak perlu khawatir karena di sepanjang jalan telah terdapat petunjuk jalan. Karena rute jalannya yang cukup sempit, menanjak, dan agak ekstrem, disarankan untuk kamu agar membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda motor. Untuk bus atau kendaraan besar dirasa sangat berbahaya.

Untuk kendaraan umum, belum ada yang bisa menjangkau tempat wisata ini kecuali transportasi jenis ojek.

Video Puncak Bintang Bandung

video by: panoramatraveler

Demikian ulasan seputar wisata Puncak Bintang Bandung. Semoga bermanfaat ya!


Temukan pilihan rumah di Bandung atau info perumahan baru di Bandung melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.PinhomePINtar jual beli sewa properti.