Info Area

Pemandian Sidamanik | Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Berbicara tentang tempat wisata, memang tidak ada habisnya. Kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata hits di Sumatera Utara yang disebut Pemandian Bah Damanik Sidamanik.

Seperti namanya, Pemandian Sidamanik ini merupakan salah satu objek wisata pemandian yang berada di tengah hutan. Pemandangan alam yang asri, juga kesegaran airnya, sangat tepat untuk dijadikan tempat rileksasi atau bahkan meditasi ringan.

Sekilas Tentang Pemandian Sidamanik

Untuk kamu yang kini berada di Sumatera Utara, belum seru kalau belum merasakan sensasi asyiknya berendam dan berenang di sini. 

Berada di kawasan Sidamanik, menjadikan pemandian ini cukup mudah dijangkau meskipun masih butuh sedikit perjuangan untuk menuju ke lokasi.

Pemandian Bah Damanik ini tidak sekedar menyuguhkan kolam air yang jernih dan menyegarkan saja tetapi juga menawarkan pesona keindahan alam sekitar yang alami dan sangat indah. 

Pemandian ini lebih terkenal dengan sebutan Aek Manik. Makna Bah dan Aek dalam bahasa Batak bermakna air. 

Lokasinya berada di tengah kebun milik PTPN. menurut warga sekitar dulunya tempat ini adalah lokasi mandi Raja Damanik dan keluarganya.

Hingga kini pengelolaannya dikelola oleh keturunan Raja Damanik. Bagian dindingnya berupa bebatuan alami yang dihiasi dengan ukiran relief.

Airnya sendiri dapat diminum saking bersihnya. Kolam ini juga menjadi sumber irigasi sawah masyarakat sekitar.

Baca Juga :

Suasana Pemandian Sidamanik

(Okezone)

Untuk kamu yang mungkin sedang merasa bosan maka tempat wisata ini bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa penat. Kondisi alam yang indah dan juga suhu udaranya masih terasa sejuk alami, patut sekali sebagai tempat refreshing favorit.

Pemandian Bah Damanik tidak hanya cocok untuk orang dewasa saja. Namun juga bisa digunakan untuk anak-anak. Kedalaman air pemandian ini terbilang cukup dangkal sehingga bisa digunakan anak-anak.

Uniknya lagi pengunjung bisa pula memancing ikan di ujung perairan. Lokasi tersebut juga terkenal memiliki banyak ikan.

Biasanya ada monyet-monyet yang bergelantungan dan meloncat dari satu dahan pohon ke pohon lainnya. Sekitar area pemandian sering dipakai untuk camping.apalagi suara burung dan serangga masih terdengar jelas disini.

Airnya tenang dan disekitar sungai terdapat bebatuan besar. Ditambah lagi pepohonan besar melindungi pengunjung dari paparan sinar matahari.

Daya Tarik Pemandian Sidamanik

(Tribunnews)

Kamu yang tergolong wisatawan dari luar kota tak akan kecewa datang kesini. Ada beberapa daya tarik yang dimiliki oleh Pemandian Sidamanik diantaranya adalah sebagai berikut :

Spot Foto Alam Maksimal

Berfoto disini tidak butuh banyak usaha. Airnya yang begitu jernih bahkan bisa dengan mudah menampilkan dasar lautnya. 

Ada pula spot pancuran air atau air terjun super mini. Bagian dinding batu pembatas berupa vegetasi kolam. Nampak jelas lumut tumbuh di area dindingnya.

Wisata Asri

Airnya lumayan dingin sehingga sangat pas dijadikan arena berenang ketika musim kemarau tiba. Adanya area khusus camping bisa jadi pilihan yang pas untuk menghabiskan waktu dengan alam.

Luas area camping tidak seberapa namun bisa digunakan untuk mendirikan beberapa tenda. 

Situs Bersejarah

Bagian dindingnya terlihat relief yang juga sebagai situs bersejarah. Bila dibandingkan dengan tempat pemandian lain maka Aek Manik dinilai lumayan besar bagi para raja. Pemandiannya juga sangat menyatu dengan alam.

Dekat Wisata Alam Lainnya

Tak jauh dari tempat wisata ini terdapat kebun teh hitam. Ada pula pemandian lainnya yakni Simatahutang yang hanya berjarak 100 meter. Dua pemandian ini ternyata dipisah kawasan hutan dan perbukitan.

Fasilitas Pemandian Sidamanik

Fasilitas yang ada disini diantaranya adalah gardu kecil dan gazebo sebagai spot beristorahat. Bagi mereka yang berenang dapat menggunakan ruang ganti dan toilet yang disediakan.

Tak perlu khawatir bila perut terasa keroncongan. Disini ada warung makan lengkap dengan menu sederhananya. Makanan yang tersedia umumnya makanan instan sebab lokasi lumayan tersembunyi.

Di sekitar pemandian juga terdapat penyewaan rakit dan pelampung. Kamu bisa menggunakan rakit guna menyusuri pemandian dari ujung ke ujung.

Baca Juga :

Lokasi Pemandian Sidamanik

(Merdeka)

Wisata pemandian ini lokasinya terletak di Desa Huta Lama, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Kawasan ini terkenal dengan perkebunan teh hitam terbesar nomor dua di Indonesia.

Bila datang dari kota Medan bisa memakai kendaraan umum seperti bus. Kamu dapat mengambil rute ke Pematang siantara dengan bus intra atau sejahtera.

Usai sampai ke Pematangsiantar dapat dilanjutkan dengan angkutan umum jalur Siantar ke Sidamanik. Kira-kira perjalanan membutuhkan waktu 25 menit untuk mencapai pasar Sidamanik.

Setelah itu jalan ke Siamatahuting sejauh 700 meter. Apabila bertemu Simpang Tiga maka pilih belokan ke arah kanan lalu ikuti petunjuk jalan ke lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Pemandian Sidamanik

Biaya masuknya masih sangat terjangkau yakni Rp 7.000.  Ada pula tarif parkir kendaraan sebesar Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 bagi pengendara mobil.

Pemandian Sidamanik buka setiap hari. Pada hari Senin dan Minggu dibuka mulai 08.00-19.00. Sementara hari Selasa sampai Sabtu mulai dari 09.00-17.00. Bagaimana kamu tertarik mengunjungi pemandian alam ini ?


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Pexels