Keindahan Pantai Menganti Kebumen yang Misterius

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 17 October 2021 ∙ 6 menit membaca

Pinhome – Kebumen merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki segudang daftar tempat wisata terbaik, mulai dari wisata alam perbukitan hingga wisata pantai yang selalu menarik perhatian wisatawan. Misalnya Pantai Patemon,Pantai Suwuk,Kampoeng Etnik Kebumen,Bukit Pentulu, Brujul Adventure Park,Pantai Laguna dan masih banyak lagi.

Salah satu pantai favorit di Kebumen yang selalu menjadi pilihan liburan bagi warga Kebumen adalah Pantai Menganti. Pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah ini menawarkan pesona keindahan yang luar biasa.

Jarak dari Kecamatan Gembong sekitar 40 km, lokasinya berada di bagian selatan pulau Jawa, atau termasuk dalam jajaran pantai selatan. Berdasarkan mitosnya, pantai ini menyimpan misteri yang dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Pantai Menganti Kebumen ini masuk dalam kategori pantai terindah di Jawa Tengah. Oleh karena itu, pantai tak pernah sepi pengunjung, apalagi pada saat liburan tiba, maka bisa dipastikan banyak sekali pengunjungnya.

Sebenarnya pantai ini termasuk pantai yang jarang dikunjungi, namun setelah foto-foto keindahannya banyak yang diunggah di sosial media, maka banyak yang mengetahuinya dan tertarik untuk datang langsung untuk berlibur di sana.

Terutama bagi warga Kebumen yang butuh tempat berlibur yang asyik dan masih dalam lingkup kawasan Kebumen sendiri. Sebab hal ini menjadi salah satu kebanggan tersendiri bagi warga Kebumen karena telah memiliki salah satu objek wisata yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Baca juga:

Mitos di Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen
(Piknik Wisata)

Adapun aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di pantai ini adalah bersantai sembari menikmati indahnya panorama pantai, bermain air dengan berenang di pinggir pantai, bermain pasir, berburu foto selfie, dan masih banyak yang lainnya.

Pantai Menganti Kebumen tidak sekedar memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tetapi juga menyimpan banyak mitos di kalangan penduduk sekitar. Berdasarkan cerita dari sesepuh Desa Karangduwur, bawah dulu di sana ada seorang panglima dari kerajaan yang melarikan diri ke kawasan laut selatan pulau Jawa.

Panglima dan kekasihnya saling berjanji untuk bertemu di pantai selatan, dan panglima tersebut menanti sang kekasih di pantai ini dalam waktu yang lama hingga berhari-hari. Sedihnya, panglima sudah menanti lama namun sang kekasih tak kunjung datang.

Oleh karena itulah pantai ini disebut dengan “Menganti” yang berarti “Menanti”. Selain itu, mitos lainnya adalah tidak boleh mengenakan pakaian yang berwarna hijau, sebab ada kaitannya dengan ratu pantai selatan atau Nyi Roro Kidul.

Gubuk di Perbukitan Pantai Menganti

Perbukitan Pantai Menganti
(Trippers)

Meskipun cerita seputar asal-usul pantai Menganti Kebumen ini sedikit berbau mistis, namun tidak bisa dipungkiri bahwa pesona keindahannya benar-benar luar biasa.

Di pantai ini kamu dapat menyaksikan birunya air laut yang terus bergerak bersama ombak-ombak, berpadu dengan birunya langit menjadikan panorama yang nampak sempurna, ditambah lagi dengan hamparan bibir pantai yang luas dan berisi pasir putih yang lembut, maka semua itu bikin betah pengunjung untuk berlama-lama di sana untuk bermain dan menikmati keindahan.

Tidak cukup sampai di situ saja, terdapat bukit-bukit yang ditumbuhi rerumputan menjadi dinding yang kokok mengitari kawasan pantai ini. Ini juga menjadi pemandangan tersendiri yang melengkapi keindahan Pantai Menganti.

Kamu dapat naik di atas bukit tersebut, nah dari ketinggian kamu dapat menyaksikan secara sempurna semua panorama pantai yang sangat menakjubkan. Berselfie  tentu menjadi aktivitas yang tak boleh ketinggalan untuk mengabadikan moment istimewa kamu di sana.

Yang spesial lagi, dari atas bukit kamu bisa menuju ke Tanjung Karangbata, dari sana akan tersaji suguhan alam berupa laut Samudera Hindia yang sangat luas. Di sana juga tersedia tempat gubuk dan tempat duduk untuk menikmati keindahan tersebut. Dan memang kawasan ini hanya diperbolehkan dimasuki oleh para wisatawan saja.

Mengunjungi Pantai Menganti ini tidak terbatas waktu, baik itu saat musim hujan maupun musim kemarau. Ketika musim hujan, kamu bisa menemukan beberapa titik yang menyajikan air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter.

Selain itu, perbukitan yang mengelilingi kawasan ini nampak sangat hijau, sebab ditumbuhi banyak tanaman yang hijau, sebab kondisi tanahnya yang basah dan subur. Pesona keindahan Pantai Menganti bisa kamu abadikan dalam bentuk fotografi, dan bisa kamu share di sosial media untuk menunjukkan bahwa Kebumen juga punya pantai yang sangat indah dan mengagumkan, tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali, Jogja, dan daerah ternama lainnya.

Keindahan pantai ini selalu menjadi tujuan favorit bagi para fotografer, sebab foto-foto yang dihasilkan sangatlah bagus. Apalagi pada saat yang bagus, seperti saat terlihat Sunrise dan Sunset yang selalu menjadi moment romantis.

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen
(IDN Times)

Untu lokasinya, pantai cantik ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berikut ini Peta Google yang dapat kamu lihat untuk mengetahui lokasi pantainya.

Rute Pantai Menganti dari Purwokerto

Dari Purwokerti melewati jalur yang menuju ke Pantai Ayah atau Pantai Logending. Nanti ada dua petunjuk arah, arah ke kanan menuju ke Pantai Ayah, sedangkan bila mengambil arah ke kiri menuju ke Pantai Menganti.

Ikuti jalur menuju ke Pantai Menganti, dan kamu akan melewati jalan yang menanjak. Jarak dari sini cukup dekat, yaitu hanya sekitar 4 km saja, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk sampai di gerbang Pantai Menganti menghabiskan waktu sekitar 20 sampai 30 menit, sebab akses jalan yang kurang bagus, dan kamu harus berhati-hati.

Baca Juga: Owabong Waterpark, Harga Tiket Masuk, Foto, dan Lokasi

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen

Untuk bisa masuk di Pantai Mengati ini, tiket yang harus kamu bayar sangatlah terjangkau. Cukup dengan harga Rp 10.000 kamu sudah bisa berlibur sepuasnya di pantai cantik ini.

Bagaimana Pins? Apakah kamu tertarik untuk berlibur di salah satu tempat wisata Kebumen ini?

Bila memang ingin berlibur ke sana, maka sebaiknya diagendakan dari sekarang. Persiapkan segala perlengkapan sebagai bekal, selain itu kamu juga bisa mengajak keluarga tercinta maupaun sahabat terbaik, supaya liburanmu semakin seru, asyik, dan menyenangkan. Selamat liburan ya.

Baca Juga: Curug Sindaro, Wisata Air Terjun di Kebumen


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy