Info Area

Review Pantai Jogan Gunung Kidul Yogyakarta [Terlengkap]

Berwisata ke Yogyakarta, rasanya belum lengkap jika tidak datang ke salah satu pantai di Gunung Kidul. Gunung Kidul memang punya berbagai destinasi wisata yang sangat indah dan menakjubkan, salah satunya adalah Pantai Jogan.

Jika Anda datang ke pantai ini, Anda akan melihat dua hal keindahan sekaligus yaitu air terjun sepanjang 12 meter yang mengalir ke laut dan pantai dengan ombak yang sangat indah.

Mau tahu seperti apa keindahan pantai Jogan? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Lokasi Pantai Jogan Gunung Kidul

datawisata.com

Keindahan Pantai Jogan ini bisa Anda temukan di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, atau juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Jika ditempuh dari pusat kota Jogja maka jaraknya bisa dikatakan cukup jauh. Disarankan untuk Anda pergi menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil karena sulit sekali menemukan transportasi umum.

Perjalanan yang Anda butuhkan dari pusat kota menuju pantai adalah sekitar 2 jam. Rute menuju tempat ini sangat mudah dilalui. Dari pusat kota Jogja, maka Anda bisa menuju jalan Wonosari, Patuk lalu cari jalan menuju Tepus dan Anda akan menemukan papan petunjuk bertuliskan Pantai Siung.

mytrip123.com

Panduan untuk menuju area ini tersedia dengan cukup baik dan Anda tidak akan kesulitan untuk mencari pantai Jogan. Lokasi pantai dan air terjun Jogan sendiri terletak tepat di sebelah Pantai Siung sehingga Anda akan mudah menemukan kedua pantai ini.

Begitu Anda tiba di kawasan Pantai Jogan, Anda masih harus menuruni tangga untuk menuju pantai. Namun tenang saja karena di tangga ini terdapat pegangan kayu yang bisa Anda gunakan agar tidak tergelincir atau terjatuh.

pantai jogan jogja
instagram @lvn.lovina

Jika Anda sudah menuruni tangga maka Anda sudah mulai melihat keindahan Pantai Jogan dan air terjunnya. Dan di saat itulah segala perjalanan Anda akan terbayar setelah melihat keajaiban pantai Jogan yang menawan.

jalan menuju pantai jogan
☔ @aldynoevanza

Terumbu karang putih pada pantai di Gunung Kidul ini akan membentuk latar belakang pemandangan air terjun kecil yang indah dan hanya bisa Anda temukan di Pantai Jogan saja. Ya, panorama di pantai ini memang tak kalah menakjubkan dengan Pantai Mesra dan Pantai Baron di Gunung Kidul.

Keistimewaan Pantai Jogan Jogja

pantai jogan 2019
instagram @azisrif

Apa sih yang istimewa dari Pantai Jogan selain air terjunnya?

Nah, hal lain yang menjadi keistimewaan pantai ini adalah habitat dari ribuan bayi kepiting berukuran 5 milimeter yang bisa Anda lihat tanpa perlu menyelam dan bisa dilihat dengan mata telanjang.

Selain itu, pantai ini juga menjadi sarang ratusan kupu-kupu yang suka berkerumun di sekitar tebing pantai. Pantai Jogan memberikan kesegaran seperti oasis di hamparan luasnya pantai pasir putih Gunung Kidul dan terlalu sayang untuk dilewatkan.

Pantai Jogan adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin merasakan sensasi wisata yang berbeda dari pantai selatan Jogja lainnya. Apalagi ketinggian air terjun 12 meter ini memiliki sumber air yang berasal dari perbukitan.

Keistimewaan pantai ini memang tidak banyak diketahui oleh wisatawan walau pantai ini letaknya ada di sebelah barat persis pantai Siung. Keduanya keduanya sama-sama memiliki keindahan yang menakjubkan.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Kulon Progo yang Wajib untuk Dikunjungi

Nah, yang menjadi khas dari pantai ini adalah air terjun kecilnya yang langsung jatuh ke pantai dan aliran airnya mengambang di angin seperti tirai yang memberikan kesegaran di tengah panasnya cuaca pantai.

Lokasi pantai jogan
instagram @pantai.jogja

Bagi Anda yang ingin menikmati segarnya air terjun Jogan maka Anda harus turun dengan melewati tangga yang licin dan basah. Anda harus benar-benar hati-hati karena tangganya yang bisa dikatakan cukup terjal.

Baca juga: Camping Bersama Keluarga di Pantai Ngrumput

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan

Harga Tiket Masuk Pantai Jogan Gunung Kidul
TiketKategoriHarga Tiket
Tiket MasukRp3.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp2.000
MobilRp5.000

Harga tiket tersebut juga sudah termasuk harga tiket masuk ke pantai Siung, lho! Sementara untuk biaya parkir di pantai ini memiliki tarif sebesar Rp.2.000 untuk sepeda motor dan Rp.5000 untuk mobil.

Meskipun pantai ini memiliki banyak keistimewaan namun fasilitas yang disedikan masih terbilang minim. Tempat parkirnya bahkan tidak luas dan tidak bisa memuat banyak kendaraan.

Bagi Anda yang ingin beristirahat dengan makan ataupun minum, ada beberapa warung di sekitar pantai yang menawarkan makanan dan minuman.

Dikarenakan pantai ini masih tergolong alami dan masih dikelola oleh penduduk sekitar, maka tidak heran jika pantai ini masih belum sepenuhnya memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini wajar karena pantai ini belum dikelola oleh pemerintah daerah.

Baca juga: 17 Tempat Camping di Jogja dengan Suasana Alam yang Indah

Meski demikian, keindahan pantai ini akan menjadi hal yang sangat menyenangkan jika Anda berkunjung ke Pantai Jogan.

Di mana lagi bisa Anda temukan air terjun dan pantai dalam satu tempat sekaligus jika tidak di Jogan yang terletak di desa Tepus ini? Selamat berwisata, ya!

Source featured image: eksotisjogja.com


Temukan pilihan rumah di Yogyakarta dan info perumahan baru di Yogyakarta melalui di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.

Pinhome PINtar jual beli sewa properti.