Info Area

Pantai Indrayanti

Pinhome – Yogyakarta memiliki banyak deretan pantai yang indah dan bisa menjadi tujuan ideal bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan atau berjemur. Pantai Indrayanti sendiri adalah salah satu pantai yang populer di Yogyakarta dan bisa kamu kunjungi karena letaknya sangat strategis dan mudah untuk ditemukan.

Mau tahu fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan dengan mengunjungi Pantai Indrayanti ini? Bagaimana akses untuk menuju ke wisata ini? Berikut adalah ulasannya..

Baca Juga:

Pantai Indrayanti Jogja

pantai indrayanti gunung kidul harus ditutup
Instagram/@fadhiladnt

Apa sih yang menjadi daya tarik dari pantai ini?

1. Pasir Putih

Pasir putih dan alam sekitarnya yang menakjubkan sehingga menjadikan pantai ini salah satu pantai yang patut kamu kunjungi.

Ketika mengunjungi pantai ini, kamu dapat menikmati panorama yang indah ini sambil berjemur dan duduk di tepi pantai.

2. Gazebo Romantis

Ada banyak gazebo di sepanjang pantai untuk beristirahat dan bersantai, ketika sudah lelah berjalan di pantai ini, maka kamu bisa beristirahat di gazebo.

Angin laut yang sejuk dan suasana yang tenang akan menyegarkan pikiran dan rasanyapun enggan untuk meninggalkan pantai ketika menikmati keindahannya.

pantai indrayanti gunung kidul
from @firaayuanoty

3. Sunset Pantai Indrayanti

Saat malam tiba, kamu dan wisatawan lainnya dapat menikmati pemandangan cakrawala yang menakjubkan.

Semesta mengubah warna langit dari biru terang, menjadi merah-oranye dan akhirnya gelap diakhiri dengan bintang-bintang yang berkelap-kelip di atas.

4. Romantisme Pantai Indrayanti

Tempat yang sangat romantis untuk dikunjungi bersama pasangan sambil menikmati pemandangan bintang yang kemerlip di langit yang luas.

Menariknya, kemerlip bintang bukan hanya terlihat di cakrawala saja tapi gazebo-gazebo restoran yang berjajar di pantai juga berkilau dengan pencahayaan warna-warni yang dimiliki dari lampu-lampunya.

Lokasi Pantai Indrayanti

pantai indrayanti yogyakarta
from @putraausa

Pantai Indrayanti yang indah ini bisa kamu temukan di Desa Indrayanti, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Atau juga bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Pantai ini terletak persis di bagian timur Pantai Sundak dan sederet pantai lainnya. Untuk bisa sampai ke pantai ini kamu harus melakukan perjalanan ke Wonosari terlebih dahulu.

Lokasi Pantai Indrayanti ini sangat mudah diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Jadi sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan karena tidak ada transportasi umum yang bisa menuju langsung ke pantai.

Pantai Indrayanti Jogja ini sangat mudah untuk dilalui karena jalannya yang sudah dalam kondisi yang sangat baik.

Jarak antara Yogyakarta dan Pantai Indrayanti akan memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota sekitar 66 km.

Meskipun perjalalanannya cukup jauh namun ketika sampai pantai ini kamu akan kagum dengan keindahannya,

Di tempat ini kamu dapat melihat tebing dan bebatuan yang tinggi indah menjulang mengelilingi pantai. Tebing inilah yang menjadi ciri khas  yang menambah keindahan pantai.

Apalagi ditambah dengan jernihnya air laut yang biru dan ombak yang bergelombang sempurna.

Keindahan inilah yang memungkinkan para wisatawan untuk menikmati pemandangan paling menakjubkan di Jogjakarta.

Apalagi pantai Indrayanti memiliki tempat yang sangat besar sehingga jikapun ramai pengunjung maka masih ada banyak tempat untuk menikmati keindahan pantai ini.

Baca Juga:

Tiket Masuk Pantai Indrayanti 

pantai indrayanti
by @finakurniaa

Hal yang wajib kamu coba ketika datang ke Indrayanti adalah mendaki puncak bukit pantai indrayanti. Dari puncaknya, kamu akan dapat menyaksikan landscap Samudra Hindia yang membentang di cakrawala, adapula camar yang sesekali terbang membawa gulma untuk membuat sarang.

Sementara untuk biaya berkunjung ke pantai ini, bisa kamu lihat di bawah:

AkomodasiKeteranganBiaya
Tiket MasukRp10.000
Biaya ParkirSepeda MotorRp4.000
Biaya ParkirMobilRp15.000
Biaya ParkirBusRp30.000
Kamar MandiRp5.000
ToiletRp2.000
Jet SkiRp250.000 / 15 menit
GazeboRp30.000 / unit
Payung PantaiRp20.000 / unit
Penginapan atau HomestayRp100.000 – Rp1.000.000

Kamu bisa sesuaikan pengeluaran dengan budget masing-masing ya.

Larangan & Sejarah Pantai Indrayanti

pantai indrayanti jogjakarta
from pantainesia.com

Sejarah Pantai Indrayanti sendiri diambil dari nama pemilik restoran yang dahulu berjualan di daerah ini.

Dimulai dari tampilan papan nama “Indrayanti” di depan restoran kemudian orang yang berkunjung ke pantai lebih akrab menyebutnya dengan nama Indrayanti.

Penamaan Indrayanti sendiri cukup berbeda dari yang diberikan oleh pemerintah daerah karena pemerintah Kabupaten Gunung Kidul telah memberikan nama pantai ini Pulang Sawal.

Namun, nama Indrayanti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat setempat dan wisatawan juga sering menyebut pantai ini dengan sebutan Indrayanti bukan Pulang Sawal.

sejarah pantai indrayanti
from insyirahanwari.blogspot.com

Pantai ini kemudian banyak yang mengunjungi karena lokasinya yang luas dan sangat bersih.

Peran aktif sektor swasta yang ikut serta dalam pengelolaan pantai Pulang Sawal di Gunung Kidul sendiri sangat berdampak positif bagi perkembangan pantai ini.

Kebersihan ini tentu bisa dilihat dari seluruh wilayah pesisir yang sangat dijaga dan di sepanjang garis pantai semuanya terbebas dari sampah.

Kebersihan pantai ini tentu saja bukan tanpa sebab karena pengelola pantai tidak ragu untuk mengenakan denda pada pengunjung yang membuang sampah sembarangan.

pantai indrayanti wonosari
by ulinulin.com

Jadi larangan Pantai Indrayanti sangatlah jelas untuk pengunjung, dilarang membuang sampah sembarangan.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan di balik keindahan dan kebersihan Indrayanti di Yogyakarta.

Baca Juga:

Mitos Pantai Indrayanti

Ada mitos yang menarik dari pantai Indrayanti dan beberapa pantai lainnya yang ada di Jogjakarta.

Mitos pantai Indrayanti ini sama halnya dengan pantai laut selatan lainnya di mana pengunjung yang datang dilarang menggunakan baju berwarna hijau atau warna yang menyerupai.

Sunset Pantai Indrayanti
by travelogy.id

Jika pengunjung menggunakan baju atau barang-barang yang berwarna hijau, maka ia akan terhanyut oleh ombak.

Konon, hanyutnya pengunjung yang menggunakan baju berwarna hijau ini diminta oleh Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan.

Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau sehingga siapa saja yang datang dengan baju berwarna hijau akan menjadi tumbalnya.

Mitos ini sudah ada sejak lama dan dipercaya oleh warga Jogja ratusan tahun lamanya. Memang tidak bisa dibuktikan secara ilmiah namun tidak jarang hal itu juga banyak yang terjadi.

pesona pantai indrayanti
by damarras__

Bagi yang ingin datang ke Pantai Indrayanti, ada baiknya jika mengikuti larangan menggunakan baju hijau tersebut meski kamu sendiri sukar mempercayainya.

Larangan ini bukan hanya berlaku untuk Indrayanti saja, ya! Tapi seluruh pantai di Jogja.

Setelah mendapatkan informasi tentang Pantai Indrayanti Yogyakarta yang mengesankan ini, kamu tidak berencana untuk pergi ke sana saat liburan ke depan? Datanglah ke Pantai Indrayanti  dan nikmati panorama pantai yang indah ini.


Temukan pilihan rumah seperti koleksi pada perumahan baru di Yogyakarta dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source feature Image: Unsplash