Info Area

14 Oleh-Oleh Khas Samarinda yang Wajib Kamu Beli

Berwisata ke Samarinda belum lengkap jika tak membeli oleh-oleh. Oleh-oleh khas Samarinda ini cukup unik dan beragam. Bahkan jarang ditemukan di daerah lain. Oleh karenanya, kamu bisa membeli oleh-oleh tersebut agar tak menyesal saat pulang. Tak perlu khawatir penjual oleh-oleh ini cukup banyak, bisa ditemukan di beberapa kawasan sekitar perumahan di Samarinda.

Selengkapnya, berikut oleh-oleh khas Samarinda yang wajib dibeli saat bertandang ke sana. Pas untuk buah tangan keluarga atau kerabat.

1. Amplang

oleh oleh khas Samarinda
(Flickr)

Amplang adalah kerupuk yang terbuat dari ikan tenggiri. Kudapan ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih pas dinikmati untuk camilan saat nonton film atau lauk makan.

2. Keminting

oleh oleh khas Samarinda
(Shopee)

Disebut kue keminting karena bentuknya seperti biji kemiri. Kue tradisional ini bercita rasa manis karena memakai cukup banyak gula pasir dan gula merah pada bahannya. Teksturnya renyah tapi dalamnya lembut. Cocok dinikmati untuk teman ngopi dan minum teh.

3. Abon ikan dan kepiting

oleh oleh khas Samarinda
(Shutterstock)

Abon sebetulnya banyak dijual di daerah lain. Kendati demikian abon khas Samarinda memiliki ciri khusus. Abon dari Samarinda umumnya terbuat dari ikan cakalang dan kepiting. Biasanya produsen abon pun membuatnya dalam dua varian rasa, gurih dan pedas.

4. Lempok durian

oleh oleh khas Samarinda
(Wow Keren)

Samarinda terkenal sebagai salah satu produsen durian di Indonesia. Oleh sebab itu wajar jika di kota ini ada berbagai camilan dari durian. Salah satunya adalah lempok. Jajanan tradisional ini mirip seperti dodolnya, tapi dalam bahannya ditambahkan daging durian supaya rasanya lebih khas.

5. Gula gait

oleh oleh khas Samarinda
(Gotravelly)

Pencinta manis wajib mencoba gulali khas Samarinda bernama gula gait. Kudapan ini berbahan dasar gula pasir dan gula aren sehingga rasa manisnya khas. Biasanya penjual gula gait memotongnya panjang berukuran lima sentimeter. Saat dijual jajanan ini lalu dikemas di dalam box dan diberi harga kisaran Rp 30.000.

6. Kue ilat sapi

oleh oleh khas Samarinda
(GNFI)

Disebut kue ilat sapi karena bentuknya mirip seperti lidah sapi yang lebar dan sedikit pipih. Karena bentuknya yang unik banyak wisatawan yang penasaran untuk membelinya sebagai oleh-oleh. Rasanya manis serta teksturnya lembut.

7. Sagon kelapa

oleh oleh khas Samarinda
(Yummy)

Kalau ke Samarinda sempatkan membeli sagon untuk oleh-oleh. Kudapan ini memiliki cita rasa unik karena terbuat dari kelapa parut, gula, dan tepung. Penggunaan kelapa yang disangrai membuat aromanya semakin lezat. Pas dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga.

8. Tas anjat

oleh oleh khas Samarinda
(Okezone)

Tas anjat adalah kerajinan tangan dari suku Dayak. Apabila tak ingin membeli oleh-oleh makanan, maka kamu bisa membawa tas ini untuk buah tangan.

Tas anjat terbuat dari rotan yang dibentuk bundar menyerupai tabung. Di bagin luar digambar dengan corak etnis sehingga tampilannya lebih menarik. Karena proses pembuatannya cukup rumit dan makan waktu beberapa penjual pun memberi harga mahal. Meski begitu sebetulnya masih cukup terjangkau, antara Rp 150.000 – Rp 350.000, tergantung model yang dipesan.

9. Sarung Samarinda

oleh oleh khas Samarinda
(Kaltim Today)

Samarinda dikenal sebagai penghasil tenun yang indah. Salah satu produknya yaitu sarung tenun. Saat membeli sarung untuk oleh-oleh sebaiknya cek keaslianya. Pasalnya terkadang ada penjual yang tidak menggunakan sutera untuk bahannya.

Ciri sarung tenun sutera asli yakni jahitannya tampak seperti sambungan dan kainnya sedikit kasar tapi sejuk. Untuk menguji keaslinya, coba bakar sehelai benangnya. Jika bahannya mengerut berarti asli, tapi jika berubah abu berarti sarung tersebut tidak berbahan sutera.

10. Gelang simpai

oleh oleh khas Samarinda
(Tribun)

Kalau sedang mencari oleh-oleh khas Samarinda murah selain makanan, coba beli gelang simpai. Gelang ini merupakan aksesori khas masyarakat Dayak. Bahan pembuatannya yaitu tanaman resam atau rotan. Walau sederhana tapi gelang ini cukup awet lo!

11. Batik samarinda

oleh oleh khas Samarinda
(Okezone)

Batik tak hanya ada di Pulau Jawa, tapi juga Samarinda. Walau sama-sama bernama batik tapi coraknya berbeda dengan batik biasanya. Batik di sini menggunakan kombinasi warna yang mencolok serta bernuansa etnik. Motif yang digambarkan biasanya dikenal dengan nama tameng, rumah, dan perahu. Apabila ingin membeli bisa mengunjungi toko kain atau pusat oleh-oleh.

12. Ulap doyo

oleh oleh khas Samarinda
(Wikipedia)

Kerajinan tangan ini merupakan warisan dari suku Dayak. Bahan pembuatannya yaitu tumbuhan doyo yang hanya hidup di Kalimantan Timur. Ulap doyo biasanya dibuat menjadi beragam produk seperti baju, tas, topi, hingga dompet. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh jika penasaran dengan bentuk dan coraknya.

13. Kaus jukut

oleh oleh khas Samarinda
(Pertamina Smexpo)

Kaus jukut adalah salah satu oleh-oleh kekinian khas Samarinda yang cukup terkenal. Kaus ini diambil dari bahasa asli suku Kutai ‘jukut’ yang berarti ikan. Karena desainnya unik, kini banyak wisatawan yang membeli kaus ini untuk buah tangan.

14. Kerajian tangan dan minatur

oleh oleh khas Samarinda
(Budaya)

Ada banyak kerajinan tangan dan miniatur yang dijual di toko oleh-oleh. Pernak-pernik budaya ini bisa Pins beli untuk oleh-oleh teman kantor atau kerabat. Corak etniknya yang unik akan membuat tampilannya makin menarik.

Nah itu tadi oleh-oleh khas Samarinda yang bisa dibawa pulang. Tak hanya makanan tapi ada juga kerajinan tangan dan pakaian. Lengkap bukan?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan