Info Area

Kota Mojokerto

Jawa Timur

Kota Mojokerto

Di kawasan metropolitan Gerbangkertosusila, terdapat salah satu kota yang menyandang gelar kota terkecil di Indonesia, yaitu kota Mojokerto. Kota yang berada dekat dengan pusat pemerintahan provinsi Jawa Timur ini hanya memiliki 3 kecamatan dan 18 kelurahan saja. Lebih sedikit jika dibandingkan dengan wilayah-wilayah lainnya yang ada di Jawa Timur. Meskipun begitu, kota ini tetap menjadi bagian penting dalam perekonomian di Jawa Timur.

Dulunya, kota ini tidak bernama Mojokerto, melainkan Japan yang dulunya merupakan nama desa. Nama ini kemudian berubah, karena Japan memiliki arti “malas”, sehingga namanya kini menjadi Mojokerto. Nama ini berasal dari nama pohon maja yang tumbuh di kota ini. Kata tersebut lalu digabungkan dengan “kerto” yang berarti tenteram. Jika digabung, maka Mojokerto memiliki arti tempat tumbuh pohon maja yang tenteram.

Kota Mojokerto memang sebuah kota yang kecil, namun kiprahnya dalam perekonomian di Jawa Timur tidaklah sedikit. Hal ini terbukti dari diraihnya penghargaan Adipura Kirana yang berarti Mojokerto berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mengacu pada pengelolaan lingkungan hidup. Kota ini dinilai memiliki pemeliharaan kota yang baik serta memiliki pemerintah yang tanggap dan juga cepat.

Selain dari sisi ekonomi dan pemeliharaan lingkungan hidup, Mojokerto juga memiliki keunggulan dalam bidang sejarah. Kota ini dulunya merupakan bagian dari pusat Kerajaan Majapahit sehingga banyak peninggalan sejarah yang bisa ditemukan. Hal ini tentunya menambah daya tarik dari Kota Mojokerto. Jadi, tertarik membeli rumah di Mojokerto?

Populasi143.377 (2018)
Luas Wilayah20,21 km2
Plat KendaraanS

Fasilitas Umum di Kota Mojokerto