Info Area

10 Daftar Masjid Terbesar di Indonesia

Sebagai negara dengan jumlah muslim yang sangat banyak, Indonesia memiliki banyak masjid untuk melaksanakan ibadah. Bahkan setiap perumahan di Jakarta Pusat pasti memiliki masjid yang cukup besar untuk menampung banyak orang beribadah. Nah, di Indonesia sendiri ada banyak masjid besar yang kabarnya juga dinobatkan sebagai masjid terbesar se-asia tenggara. 

Nah, buat kalian yang ingin safari masjid suatu saat nanti, kami akan berikan rekomendasi masjid terbesar di Indonesia. Yuk, langsung saja simak uraiannya berikut ini~ 

1. Masjid Istiqlal Jakarta 

Masjid istiqlal
(kompas.com) 

Masjid terbesar di Indonesia yang pertama adalah Masjid Istiqlal, Jakarta. Selain terbesar di Indonesia, masjid ini juga menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara. Secara total, luas masjid sebesar 9,5 hektar dengan jumlah kapasitas mampu menampung hingga 200 ribu jamaah. Wah, banyak sekali, bukan? 

Masjid ini konon sudah berdiri sejak tahun 1951 dan selalu menjadi masjid tempat para presiden RI melakukan ibadah hari raya besar, baik itu ibadah Jumatan, sholat Idul Fitri, maupun Idul Adha. 

2. Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh 

Masjid baiturrahman
(bisnis.com) 

Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Raya Baiturrahman Aceh. Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan masjid yang satu ini. Masjid ini merupakan salah satu bangunan yang tetap kokoh saat bencana tsunami tahun 2004 silam terjadi. Masjid ini juga menjadi ikonik Kota Banda Aceh, dengan sebutan kota Serambi Mekah. 

Masjid ini juga merupakan masjid tertua, yaitu telah dibangun sejak tahun 1612. Tentunya hingga saat ini masjid ini terus mengalami perbaikan sehingga tetap kokoh dan indah. Untuk kapasitasnya, masjid ini mampu menampung hingga 13 ribu jamaah. 

3. Masjid Agung Jawa Tengah 

Masjid Agung Jawa Tengah
(kompas.com) 

Kalau kamu jalan-jalan ke Kota Semarang, kamu mungkin akan melihat masjid megah di sana, yaitu Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini memiliki luas hampir 10 hektar, lho. Dengan arsitektur khas Jawa, masjid ini kerap kali dijadikan wisata religi oleh para wisatawan. 

Masjid ini mampu menampung hingga 15 ribu jamaah, lho. Untuk fasilitas lainnya, masjid ini juga memiliki perpustakaan yang cukup besar. Buat kamu yang ingin menuntut ilmu atau sekadar membaca, kamu bisa juga mengunjungi perpustakaan masjid ini. 

4. Masjid Al-Akbar Surabaya 

Masjid Al Akbar  Surabaya 
detik.com)

Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Al-Akbar. Masjid ini berada di Kota Surabaya, tepatnya di Jalan Pagesangan. Konon masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1968 lho. Nah, menariknya, arsitektur masjid ini mirip dengan Taj Mahal yang ada di India, lho. 

Secara total, masjid ini memiliki luas sebesar 22.300 kilometer persegi dengan kapasitas menampung hingga 60 ribu jamaah. Wah, sangat banyak ya. Uniknya masjid ini memiliki menara yang menjulang tinggi setinggi 99 meter dan memiliki pintu sebanyak 45 buah. 

5. Masjid Al Irsyad Bandung 

Masjid Al Irsyad Bandung 
(inews.id) 

Masjid Al Irsyad tak hanya menjadi masjid terbesar di Bandung. Tetapi juga menjadi masjid unik yang ada di Bandung. Masjid ini berdiri sejak tahun 2009 dan merupakan karya arsitek Ridwan Kamil.

Dari segi desainnya, masjid ini terbilang cukup unik dan ternyata desainnya terinspirasi dari kabah, lho. Nah, masjid ini memiliki jumlah lampu sebanyak 99 buah. Lalu interior depannya merupakan warna abu yang membuat masjid ini memiliki kesan modern. Tak heran, masjid ini juga dinobatkan sebagai The best 5 World Building of The Year oleh BCI. 

Luas masjid ini sekitar 1 hektar dengan kapasitas penampungan hingga 1500 jamaah. Cukup banyak juga, ya. 

6. Masjid Agung Madura

Masjid Agung Madura
(kumparan.com) 

Masjid Agung Madura juga merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia, lho. Masjid ini memiliki menara tinggi setinggi 50 meter sebagai ikoniknya. Masjid ini konon sudah dibangun sejak tahun 1779 lho. Untuk desain masjidnya, sekilas masjid ini mengikuti gaya eropa sehingga terkesan bak istana. 

Kalau kamu sedang berkunjung ke Madura, boleh banget sambil mengunjungi Masjid Agung Madura yang megah ini. 

7. Masjid An Nur Pekanbaru 

Masjid An Nur Pekanbaru
(cnnindonesia.com) 

Di Pekanbaru ada masjid yang sangat megah, yaitu Masjid An Nur. Masjid ini memiliki luas lahan mencapai 12,6 hektar, lho. Selain masjid, di dalamnya juga ada fasilitas pendidikan seperti TK, SD, SMP, hingga aula pertemuan. 

Masjid ini konon sudah berdiri sejak tahun 1962 dan memiliki gaya arsitektur khas Taj Mahal dengan sentuhan Melayu. Menarik, bukan? Jika di malam hari, masjid ini akan tampak makin indah dengan cahaya lampu yang menyinarinya. 

8. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri Depok 

Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri Depok 
(kompas.com) 

Kalau kamu ke Depok, kamu mungkin sudah sering melihat Masjid megah ini, yaitu Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri atau Masjid kubah Emas Depok. Masjid ini ternyata juga termasuk sebagai masjid termegah di Asia Tenggara, lho. 

Konon, kubah masjid ini dilapisi kurang lebih 2 mili hingga 3 milimeter lapisan emas dengan ukiran kristal. Nah, masjid ini memiliki 5 kubah dengan filosofi sebagai rukun islam, serta memiliki 6 menara dengan filosofi rukun iman. Menarik, bukan? 

9. Masjid Agung Tuban Jawa Timur

masjid terbesar di Indonesia
(suara.com)

Masjid terbesar di Indonesia selanjutnya adalah Masjid Tuban Jawa Timur. Melihat masjid ini kamu bak melihat istana yang sungguh megah. Masjid ini memiliki luas sekitar 3000-an meter persegi dengan kapasitas penampungan hingga 200 jamaah. Kamu bisa mengunjungi masjid ini jika sedang berkunjung ke Tuban. 

10. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid terbesar di Indonesia
(republika.id) 

Masjid terbesar di Indonesia yang terakhir pada list ini adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid ini memiliki luas sekitar 43.500 meter persegi dan menduduki masjid kedua terbesar di Asia Tenggara, lho. Masjid ini memiliki fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan, terdapat parkiran yang mampu menampung ratusan mobil hingga bus. Untuk kapasitas masjid, kurang lebih ada sekitar 10 ribu jemaah. 


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.