Info Area

Masjid Namira

Ingin wisata religi di Lamongan? Yuk singgah dulu ke Masjid Namira yang megah ini!

Tahukah kamu bahwa ada lebih dari 800.000 masjid yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Dari sekian masjid yang menawan tersebut ada Masjid Namira Lamongan.

Masjid ini selain menjadi tempat peribadatan juga sebagai tempat wisata jika sedang berkunjung ke Lamongan. Bagi kamu yang memiliki rumah di Lamongan pasti sering mengunjunginya.

Apalagi masjid ini mengangkat arsitektur Masjidil Haram. Tak heran bila beribadah disini kamu akan merasa seakan-akan berada di kota Mekkah, Arab Saudi. Jadi selain ke Goa Maharani sempatkan untuk beribadah di masjid ini ya!

Baca Juga :

Sejarah Masjid Namira di Lamongan

(Shutterstock)

Masjid Namira ini dibangun pada tahun 2013 dengan luas sekitar 2.750 meter persegi atau 2,7 hektar. Masjid yang di bangun di sudut jalan raya mantup ini adalah milik pasangan suami istri yaitu Helmy Riza dan juga Eny Yuli Arafah.

H.Helmy adalah keturunan keluarga Muhammadiyah dari ibu bernama Hj, Nin Humaiyah. Beliau merupakan saudara tertua dari Hj. Nur Saadah yang juga istri almarhum H. Bisri Ilyas dan H Chasan Majedi Affandi.

Helmy Riza dan juga Eny Yuli Arafah merupakan pemilik toko emas terbesar yang ada di Lamongan. Selain memiliki bisnis emas, keduanya juga mempunyai bisnis SPBU dan tambak. 

Asal usul nama Namira sendiri berasal dari nama tengah anak keempat mereka yakni Ghasani Namira Mirza. Namira sendiri dalam bahasa Arab bermakna sopan.

Masjid Namirah diklaim mampu menampung kurang lebih 2500 jamaah. Viralnya masjid ini bukan tanpa alasan karena memiliki keistimewaan yang lebih dibandingkan masjid lainnya yang ada di tanah air.

Masjid ini memiliki konsep ala Masjidil Haram di Mekkah. Bagian dalam masjid terdapat sebuah kain kiswah besar yang biasanya digunakan sebagai kain penutup Ka’bah.

Kain ini disematkan pada dinding mihrab imam Masjid Namira. Tidak hanya itu saja pada bagian sudut-sudut Masjid Namira Lamongan dilengkapi dengan kain kiswah dengan ukuran yang kecil.

Masjid Namira resmi dibuka pada tanggal 1 Juni 2013. Setelah itu masjid diperluas lalu diresmikan usai renovasi pada 2 Oktober 2016.

Fasilitas Masjid Namira Lamongan Jawa Timur

(Shutterstock)

Tidak hanya bernuansa ala Masjidil Haram, Masjid Namira ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang sangat lengkap diantaranya adalah :

1. Alat Sholat yang Bersih

Fasilitas berupa alat sholat ini begitu membantu jamaah yang datang tidak membawa peralatan sholat, seperti mukenah, ruku, dan juga sarung.

Alat sholat disini juga selalu dibersihkan dan dijaga kesuciannya. Pengunjung bisa beribadah dengan nyaman. 

2. Kulkas Untuk Jamaah

Keunikan dari masjid ini adalah adanya kulkas khusus untuk pengunjung. Jamaah bisa meletakan air mineral didalamnya jika ingin mendapatkan air dingin.

Ada pula air minum gratis yang disediakan bagi pengunjung. Kamu pun bisa menaruh air mineral tersebut langsung di kulkas yang tersedia.

3. Makanan Gratis Setiap hari Ahad

Selain air minum gratis yang disediakan oleh takmir, setiap hari Ahad masjid selalu mengadakan kegiatan WARAS. WARAS adalah singkatan untuk  Warung Subuh Gratis.

Hal ini bertujuan untuk memanjakan para jamaah masjid khususnya yang bingung mencari sarapan usai salat Subuh.

4. Kursi Roda

Fasilitas lainnya yang ada di masjid ini adalah kursi roda. Bagi jemaat yang difabel bisa memanfaatkan kursi roda tersebut secara gratis. Peminjamannya terletak satu tempat dengan penitipan mukena dan sarung.

5. Beasiswa

Satu lagi kegiatan unik yang dimiliki oleh masjid ini berupa beasiswa. Bagi anak muda yang sering melakukan shalat jamaah disini akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp. 100.000.

Cara mendapatkannya adalah dengan sistem poin. Bila mampu mengumpulkan 90 poin dalam satu bulan bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

Lokasi Masjid Namira Lamongan Jawa Timur

Alamat Masjid Namira ini berada di Jl. Raya Lamongan- Mantup, Sanur, Joto Sanur, Kec. Tikung, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Kamu juga bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Tentang Masjid Namira Lamongan

Informasi terkait masjid ini bisa pula kamu simak dalam tabel berikut.  Data yang tersedia berdasarkan informasi yang ditampilkan pada 2019 silam oleh pengurus masjid.

Data Masjid Namira Lamongan 2019
Nama MasjidNamira
AlamatJl.Raya Mantup-Lamongan Km 5 Jotosanur Tikung Lamongan
ID Masjid55931
Tipe MasjidMASJID JAMI
Luas Tanah7.500 m2
Status TanahSHM
Luas Bangunan671 m2
Tahun Berdiri2013
Fasilitas
Parkir Luas
Air Minum Gratis
Makan Gratis Setiap Ahad
  
Kegiatan
Program Beasiswa Anak
Pengajian Rutin
Dll
Takmir Masjid Namira36 orang
Jumlah Imam12 orang
Jumlah Khatib24 orang

Gambar Masjid Namira Lamongan

Masjid bergaya Timur Tengah ini memang sangat menonjol. Apalagi berdiri ditengah area persawahan.

Mulanya masjid hanya menduduki lahan seluas 0.9 hektar dan hanya dapat menampung 500 jamaah saja. Pada awal pembukaan pertama kali masjid ini hanya memiliki luas 1.100 meter.

(Shutterstock)

Setelah direnovasi, luas bangunan mampu mencapai 2.7 hektar.  Selain ramai dikunjungi pada hari biasa, setiap bulan Ramadhan masjid sering membagikan makanan gratis.

Masjid Namira Lamongan tidak hanya megah namun memiliki berbagai kegiatan menarik. Tersedia pula beragam fasilitas yang mampu meningkatkan kenyamanan jemaat.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah