Info Area

Wisata Masjid Bandung Terunik

Bandung memang terkenal memiliki destinasi wisata, kuliner dan kebudayaan yang menarik. Bukan hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, masjid-masjid Bandung juga punya keunikan yang harus kamu kunjungi.

Rasanya jika ke Bandung belum afdhol kalau belum beribadah di sini. Sengaja di desain unik, supaya ibadahnya jadi lebih nyaman dan makin khusyu’. Berikut di bawah ini masjid-masjid Bandung yang terunik dan menarik untuk kamu kunjungi.

Masjid Raya Bandung

(Wikimedia Commons)

Masjid Raya Bandung yang menjadi kebanggaan warga Bandung ini merupakan masjid provinsi bagi Jawa Barat. Arsitekturnya ciamik ditambah lapangan rumputnya yang indah menjadikan masjid tempat yang nyaman untuk berwisata sekaligus beribadah.

Masjid yang berada di alun-alun kota Bandung ini memiliki dua menara yang bisa kamu naiki lho. Kamu bisa melihat suasana dan indahnya kota Bandung dari menara setinggi 81 meter tersebut. Jangan lupa menaranya hanya dibuka saat weekend saja ya.

Tidak lupa untuk mendengarkan ceramah-ceramah yang disampaikan ustadz terbaik di Bandung yang sering diadakan rutin setiap waktunya.

Alamat : Jl. Dalem Kaum No.14, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung

Baca juga :

Masjid Al-Irsyad

(Detik)

Selain Masjid Raya Bandung yang terkenal dengan lokasinya yang terletak di alun-alun Bandung, ada juga Masjid Al-Irsyad yang tidak kalah menarik. 

Masjid ini sering disebut dengan masjid kubus karena bangunan arsitekturnya yang menyerupai ka’bah berbentuk kubus dengan warna abu-abu.

Selain itu, celah-celah bangunan atau ventilasinya didesain membentuk pola kalimat syahadat yang indah. Masjid Al-irsyad yang didesain khusus oleh Ridwan Kamil.

Pada saat malam hari gemerlap lampu sebanyak 99 yang mengartikan Asmaul Husna menerangi masjid.

Alamat : Jl. Parahyangan KM. 2,7, Kota Baru Parahyangan, Cipeundeuy, Kec. Padalarang, Kabupaten Bandung Barat

Masjid Al-Imtizaj

(Wikimedia Commons)

Sekilas kalau kamu lihat, pasti agak ragu menyebut ini masjid. Tapi kalau diteliti gedung ini memang beneran masjid. Masjid didominasi warna merah dan kuning persis seperti klenteng pada umumnya. 

Suasana Tiongkok tidak hanya akan kamu rasakan dari luarnya saja, namun di bagian dalam juga terdalam lampion-lampion serta kaligrafi yang menggunakan gaya kecinaan di bagian temboknya.

Alamat : ABC St No.8, Braga, Sumurbandung, Bandung

Masjid Al-Furqan

(Wikimedia Commons)

Masjid Al-Furqan terletak di UPI Bandung. Jika biasanya masjid beratapkan model kubah, namun masjid satu ini memiliki atap yang berbentuk piramida. Sesuai namanya Al-Furqan yang artinya pembeda, jadi ya jelas berbeda dengan yang lainnya dong.

Bangunannya juga megah karena terdiri dari empat lantai. Lantai satu diperuntukkan untuk pengurus masjid, serta kegiatan mahasiswa, lantai 2, 3, dan 4 khusus untuk shalat berjamaah.

Masjid ini bisa menampung sekitar 10.000 lebih jamaah sehingga disebut sebagai masjid kampus terbesar se-Indonesia.

Alamat : Jl. Dr. Setiabudi No.229, Isola, Sukasari, Bandung

Masjid Salman ITB

(Wikipedia)

Selain AL-Furqan, masjid yang juga dekat dengan universitas ada Masjid Salman ITB. Nama Salman sendiri diberikan langsung oleh Ir. Soekarno lho. 

Jika kita ingat, Salman diambil dari nama sahabat Nabi Muhammad SAW yaitu Salman Al-Faritsi yang berhasil menggali parit pada perang Khandaq.

Masjid ini memiliki pelataran yang luas dan sering dipakai untuk berbagai kegiatan mahasiswa yang berbasis agama Islam.

Alamat : Jl. Ganesa No.7, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung

Masjid Cipaganti

(Pikiran Rakyat)

Jika kamu mencari masjid dengan gaya Jawa-Eropa, Masjid Cipaganti jawabannya. Masjid ini memiliki arsitektur atap yang menyerupai rumah Joglo.

Uniknya masjid dibangun oleh arsitek Belanda yakni Professor Charles Prosper Wolff Schoemaker. 

Konon pada zaman pemerintahan kolonial, siapapun yang ingin menjadi imam di Masjid Cipaganti ini harus melalui serangkaian tes. Wah, keren dan menantang juga ya.

Alamat : Jl. Cipaganti No.85, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

Masjid Lautze 2 Bandung

(Sindonews)

Kenapa namanya Masjid Lautze 2, memang ada yang ke satu? Ada dong, dahulunya Masjid Lautze hanya ada di Jakarta, yang lokasinya berada di Jakarta Pusat. 

Kini komunitas Tionghoa muslim juga mendirikannya di Bandung. Memang sengaja dibuat untuk membantu para mualaf yang ingin mendalami Islam. 

Sebagai bentuk toleransi antara muslim Cina dengan muslim Indonesia, rumah bagi para mualaf yang dikelola Yayasan Haji Karim Oey.

Masjid Lautze ini juga memiliki arsitektur yang unik, dengan gaya orientalnya yang kental. Lampion-lampion serta dominasi warna merah dan kuning seperti klenteng.

Alamat : Jl. Tamblong No.27, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

Baca juga :

Masjid Al-Majid

(Detik)

Berkunjung ke Masjid Al-Majid kamu akan dibuat takjub serasa pergi ke kota Makkah. Bagaimana tidak? desain masjid Al-Majid ini menampakkan replika Ka’bah dengan ornamen yang sama persis. 

Ada Hajar Aswad, Talang Emas, serta Rukun Yamaninya. Masjid hanya dapat menampung sekitar 150 orang karena ukurannya yang hanya 7×10 meter persegi. 

Ide desain arsitektur yang mirip dengan kabah karena lahan yang terbatas dan mengajak umat Islam untuk rindu dengan Ka’bah.

Alamat : Jalan Haji Mulya, Kampung Kawung Sari, Bandung

Nah, itu dia sederet masjid-masjid unik yang harus kamu kunjungi untuk bisa melengkapi wisata religimu di Bandung. 

Bagaimana, tertarik bukan? Jangan hanya ke masjid Bandung untuk hunting foto saja ya, tetap beribadah sembari menjelajahi seluruh destinasi wisata kota Bandung.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Wikimedia Commons