Info Area

Review Masjid Agung Jawa Tengah

Bagi Anda yang suka mengunjungi tempat-tempat religius yang memiliki banyak situs bersejarah, anda harus pergi ke Kota Semarang.

Semarang adalah salah satu kota di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki destinasi wisata yang sangat banyak salah satunya adalah Masjid Agung Jawa Tengah yang akrab disebut MAJT ini.

Masjid ini terletak di Semarang sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah  dan menjadi salah satu masjid terbesar di Indonesia.

Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah

kompas.com

MAJT diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono yang pada saat itu menjabat sebagai presiden dan diresmikan pada tanggal 14 November 2006.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 25 hektar dan proses pembangunan masjid ini memakan banyak waktu dimulai pada tahun 2001 dan selesai hingga tahun 2006.

Mau tahu seperti apa sejarah MAJT dan fasilitas apa saja yang dimiliki Masjid Agung Jawa Tengah ini?

Sejarah Masjid Agung Semarang dimulai pada bulan Juni 2001 ketika Gubernur Jawa Tengah membentuk sebuah tim untuk melakukan pembangunan Masjid Agung.

Lalu pada bulan November 2006, MAJT pun sudah terbangun sempurna dan akhirnya bisa diresmikan oleh Presiden Indonesia saat itu, Susilo Bambang Yudoyono (SBY) dan istrinya.

Baca juga: [INFO LENGKAP] Masjid Kubah Mas Dian Al-Mahri Depok

petualangmuda.com

Pembangunan masjid yang memakan waktu sekitar 5 tahun ini terinspirasi dari masjid Nabawi yang ada di Makkah.

Masjid yang diresmikan oleh bapak SBY ini memiliki prasasti asli yang telah dipasang secara permanen di halaman depan pintu masuk dengan berat 7,8 ton. Prasasti itu adalah batu alam yang diambil dari lereng Gunung Merapi.

masjid agung semarang
instagram/ @sidiqnurseto

Prasasti tersebut diukir Nyoman M. Alim yang juga diyakini pernah membuat miniatur candi Borobudur dan ia pamerkan di Minimundus Vienna Austria pada tahun 2001.

Ya, sebagaimana filosofi Masjid Agung Jawa Tengah yang terinspirasi dari Masjid Nabawi yang ada di Madinah, maka bisa dikatakan konstruksi bangunan ini hampir mirip dengan masjid tersebut.

Sebagai sebuah masjid yang sangat besar, MAJT bahkan bisa menampung hingga lebih dari 15.000 jamaah.

Baca juga: Wisata Indonesia Terindah yang Wajib Dikunjungi!

Kompleks MAJT ini terdiri dari tiga bangunan utama dengan konsep bangunan sengaja dibentuk dengan huruf U. Tiga bangunan utama ini terdiri dari masjid, convention hall Masjid Agung Jawa Tengah dan perpustakaan.

Untuk bangunan utama kompleks Masjid Agung Jawa Tengah adalah berada di bagian tengahnya yang merupakan bangunan masjid dengan kubah dan enam menara.

Alamat Masjid Agung Jawa Tengah

Alamat Masjid Agung Jawa Tengah 
instagram @INSTANUSANTARA

Masjid Agung Semarang bisa anda temukan di daerah Semarang Timur, tepatnya berada di Jalan Gajah Semarang, atau anda bisa juga mengikuti arahan google maps ke masjid agung semarang ini :

Rute Menuju Masjid Agung Jawa Tengah

Untuk menuju Masjid Agung Jawa Tengah ini tidak begitu sulit, karena lokasinnya memang tidak jauh dari pusat kota, berikut adalah beberapa rute yang mungkin bisa anda tempuh dengan mudah :

1. Rute dari Pusat Kota Semarang 

Jika anda berada di pusat kota semarang atau di Simpang Lima semarang anda tinggal mengambil arah menuju Purwokdadi atau terminal Penggaron, setelah itu anda tinggal mengikuti jalan saja sampai menuju perempatan Lotte Mart di kiri jalan.

Dari perempatan tersebut anda silahkan mengambil jalur kiri, terus ikuti jalan tersebut hingga sampai nanti di Masjid Agung Jawa Tengah yang berada di sebelah kiri jalan jika dari arah Simpang Lima Semarang.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Malam di Semarang Paling Populer

2. Rute dari Arah Purwodadi Grobogan

Apabila anda berasal dari arah Purwodadi dan sekitarnnya anda tinggal mengikuti rute Purwodadi kumudian Godong – Gubug – Mranggen hingga ke Semarang, jika sudah di Semarang anda tinggal menuju keperempatan sebelum Lotte Mart.

Kemudian silahkan ambil jalur kanan terus ikuti jalan tersebut sampai dengan ke Masjid Agung Jawa Tengah. Meskipun masjid ini terisnpirasi dari Masjid Nabawi, namun bangunan masjid ini memiliki sebuah atap yang menyerupai atap joglo, khas rumah tradisional Jawa.

Atap ini memiliki arti baik sebagai tahapan untuk bisa naik menuju surga. Filososi dari atap joglo merupakan simbolisme jalan menuju surga yang artinya jika ingin meraih surga-Nya maka harus mencari jalan yang benar.

demokrasinews.co.id

Ya, secara arsitektur, masjid ini tidak hanya terinspirasi dari budaya Arab tapi perpaduan antara Jawa dan Romawi pula.

Hal ini bisa dibuktikan dari pilar-pilar bangunan yang sangat kuat dan teradaptasi dari arsitektur Romawi sedangkan masjid pusat yang megah dan elegan ini terinspirasi gaya arsitektur Arab dan atap masjid berbentuk joglo teradaptasi budaya Jawa.

Bukan hanya terdapat bangunan saja, MAJT juga memiliki sebuah halaman tengah yang tidak kalah megah. Halaman ini terdapat enam payung hidrolik besar yang memang sengaja dibuat sama dengan yang ada di Masjid Nabawi.

6 payung ini adalah representasi dari prinsip 6 rukun iman, sementara itu kompleks MAJT juga memiliki Menara Asmaul Husna yang sengaja didesain hampir sama dengan menara Masjid yang ada Kudus.

Menara MAJT sendiri memiliki ketinggian 99 meter sebagai representasi dari 99 Asma Allah. Menara ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata religi  paling populer di kota Semarang.

Di masjid ini, anda dapat dengan mudah menemukan hotel, restoran, dan alat transportasi karena lokasinya yang sangat strategis dan dekat dengan pusat kota.

Baca juga: 6 Tempat Nongkrong di Semarang yang Paling Populer

Fasilitas di Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid megah yang berdiri di atas tanah 10 hektar ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas Masjid Agung Jawa Tengah terdiri dari gedung pertemuan atau convention hall, toko suvenir, food court, gedung perkantoran, perpustakaan, dan sebuah menara pandang

Bisa dikatakan MAJT ini dibangun bukan hanya untuk  tempat ibadah saja, tapi juga sengaja digunakan sebagai objek wisata religi pula. Bahkan MAJT juga dilengkapi dengan wisma penginapa dengan kapasitas 23 kamar dengan berbagai kelas sehingga para wisatawan yang ingin bermalam dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

Daya tarik lain dari MAJT adalah Menara Al-Husnanya yang sangat ramai dikunjungi. Menara Masjid Agung Jawa Tengah ini terdiri dari 3 lantai yang dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang. Dalam menara juga terdapat Da’I’ Radio atau radio yang menyiarkan dakwah Islam dan terletak di lantai 1.

Sedangkan di lantai 2 digunakan sebagai Museum budaya Islam yang terdapat berbagai foto-foto dan informasi mengenai sejarah dan ulama Islam di Indonesia. Sementara di lantai 3 digunakan sebagai menara pandang yang bisa meliha keindaha kota Semarang.

Pada awal Ramadan 1427 H, teropong di menara MAJT ini digunakan pertama kalinya untuk melihat Hilal. Teropong ini hampir sama dengan apa yang ada Boscho, Bandung. Untuk bisa mencapai menara pandang, Anda bisa menggunakan lift untuk akses ke atas.

masjid agung surabaya
Instagram/@amri.romantha

Dengan segala fasilitas yang sangat lengkap di Masjid Agung Jawa Tengah ini, tidak heran jika objek wisata religi ini sangat menarik untuk Anda kunjungi.

Jadi, jika Anda ingin mengunjungi kota Semarang,  memasukkan Masjid Agung Semarang sebagai salah satu tempat wisata yang ada dalam agenda Anda adalah sebuah ide yang bagus.

Bagi yang ingin berekreasi di Semarang, MAJT bukan hanya menyediakan restoran dan tempat penginapan saja, tapi juga menyediakan beberapa fasilitas hiburan, seperti peralatan bermain dan sebuah akomodasi yang akan membawa pengunjung berkeliling kompleks masjid. Sangat menarik sekali bukan?

Wisata Terdekat di Sekitar Masjid Agung Semarang

1. Lawang Sewu

Untuk berwisata di Lawang Sewu Semarang anda hanya akan menempuh jarak sekitar (17 menit), cocok banget deh untuk di jadikan tujuan wisata anda di Semarang.

2. Kota Lama

Kota Lama Semarang merupakan kawasan dimana terdapat banyak bangunan-bangunan tua ini memang cocok untuk di jadikan salah satu tempat fotogenik di semarang, jaraknnya dari Masjid Agung Jawa Tengah hanya sekitar (13 menit saja).

3. Water Blaster 

Sebuah waterpark terlengkap yang di kota Semarang ini menjadi destinasi wisata wajib yang kamu kunjungi di Semarang, seru banget deh pokoknya jaraknya juga tidak terlalu jadu hanya sekitar ( 27 menit saja ).

4. Sam Poo Kong

Apa itu sam poo kong ? sam poo kong adalah bangunan peninggalan Laksamana Cheng Ho yaitu seorang pelayar muslim yang berlayar dari China, untuk bisa sampai kesini anda akan menumpuh jarak sekitar ( 23 menit ) dari Masjid Agung Semarang.

Nah demikianlah sedikit review mengenai Masjid Agung Jawa Tengah, semoga dapat menambah wawasan anda ya Pins!


Temukan beragam pilihan rumah dijual di Semarang dan info perumahan baru di Semarang melalui Aplikasi Pinhome. Daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.