Info Area

12 Makanan Khas Pati, Rasa Enak Harga Terjangkau!

Menikmati makanan khas suatu daerah tentunya bisa menjadi agenda kulineran yang menyenangkan. Seperti saat sedang berada di Pati, ada banyak makanan khas dari daerah ini yang bisa dicoba. Makanan yang bisa dicoba ketika mengunjungi daerah ini pun sangat beragam karena Pati adalah kabupaten yang kaya kulinernya.

Saat mencari makanan khas Pati pun, kamu tidak akan kesulitan, Pins. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mencarinya seperti di sekitar Rumah Dijual di Pati. Yuk, cek beberapa rekomendasi makanan yang bisa kamu coba di Pati!

Kelo Mrico

makanan khas pati
(Perpus Provinsi Jateng)

Saat berada di Pati, ada banyak jenis makanan yang bisa kamu coba, seperti kelo mrico. Hidangan ini merupakan sup ikan bumbu asam yang sangat digemari oleh masyarakat Pati. Paduan ikan patin yang lezat serta kuah berbumbu asam membuat makanan ini terasa segar. Terlebih, kelo mrico juga memiliki rasa pedas sehingga akan semakin nikmat disantap bersama nasi hangat.

Nasi Gandul

(Pemerinta Provinsi Jawa Tengah)

Nasi gandul merupakan makanan khas Pati yang tidak boleh terlewat untuk dicoba. Makanan ini sudah sangat populer sehingga bisa ditemukan di mana saja. Kamu akan mendapatkan hidangan berupa nasi putih, jeroan, lidah sapi, daging sapi, telur, tempe, bawang goreng, serta kuah santan dengan rasa gurih yang nikmat. Makanan ini merupakan pilihan tepat untuk mengisi perut yang kosong.

Jangan Tewel

makanan khas pati
(Pinterest)

Pilihan makanan lainnya yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Pati adalah jangan tewel. Jangan tewel merupakan sayur berbahan dasar nangka muda yang dimasak menggunakan santan dan racikan bumbu tertentu. Ketika matang, sayur ini bisa disantap menggunakan nasi hangat dan lauk seperti telur dadar, ayam, ampela ati, keripik udang, dan lain-lain.

Swike Kerang

(Orami)

Hidangan swike di Pati tidak menggunakan bahan dasar katak, Pins. Di sini, kamu bisa menikmati swike yang terbuat dari kerang. Hidangan ini menggunakan bahan utama berupa kerang yang dimasak menggunakan bumbu rempah-rempah tertentu hingga menghasilkan rasa serta aroma khas. Makanan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai hidangan laut.

Petis Kambing Runting

makanan khas pati
(Lingkar Jateng)

Apakah kamu suka dengan hidangan yang berbahan dasar kambing? Tentu petis kambing runting tak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Pati. Makanan yang terdiri dari jeroan, iga kambing, dan balungan ini dimasak dengan kuah hitam berbumbu. Warna kuah ini menjadi dasar penamaan petis kambing runting karena berwarna hitam seperti bumbu petis. Meski begitu, bumbu petis tidak digunakan pada pembuatan makanan ini.

Opor Saudah

Opor memang makanan yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ketika sedang mengunjungi Pati, kamu tentunya bisa menemukan hidangan opor. Namun, opor saudah di sini sedikit bebreda karena potongan ayamnya besar. Selain itu, rasanya sendiri juga sangat kaya karena kamu akan merasakan gabungan manis, gurih, dan asin pada bumbunya.

Sarang Madu

(Solopos)

Sarang madu merupakan camilan populer yang bisa dengan mudah kamu temukan ketika mengunjungi Pati. Makanan ringan ini terbuat dari tepung beras yang telah diolah dengan beras ketan. Adonan tersebut lalu digoreng hingga matang dan renyah. Setelah itu, gula jawa cair dituangkan ke atas hasil gorengan tersebut. Hasilnya, makanan ini memiliki tekstur renyah dan rasa manis yang membuat ketagihan.

Jangan Tempe Pedes

makanan khas pati
(LINE TODAY)

Jangan tempe pedes adalah bahasa Jawa yang jika diartikan secara langsung adalah sayur tempe pedas. Makanan ini cocok sekali untuk kamu yang menyukai hidangan dengan dasar bumbu santan serta bercita rasa pedas. Menariknya, makanan ini memiliki bahan utama yang unik yaitu tempe busuk. Meskipun begitu, proses memasak dan bumbu-bumbu yang digunakan akan membuat aroma busuk tempe hilang.

Soto Kemiri

(Travel – Tempo.co)

Makanan khas Pati lainnya yang tak boleh ketinggalan untuk dicoba adalah soto kemiri. Soto ini memiliki keunikan tersendiri karena disajikan menggunakan mangkok kecil. Isiannya sendiri yaitu potongan ayam, kecambah, bawang goreng, kemiri, dan dilengkapi oleh kuah kaldu yang nikmat. Makanan ini akan terasa lebih nikmat jika kamu menyantapnya bersama nasi yang masih hangat.

Getuk Lupis

Kuliner tradisional tentu juga dapat kamu coba ketika mengunjungi Pati, salah satunya adalah getuk lupis. Makanan ini terbuat dari singkong yang sudah dihaluskan. Bahan ini lalu diolah sehingga menjadi getuk. Kemudian, getuk akan disajikan bersama parutan kelapa dan gula merah cair. Cita rasa gurih dan manis yang nikmat pun akan kamu dapatkan saat menyantap getuk lupis.

Mangut Kepala Manyung

makanan khas pati
(Kumparan)

Saat mengunjung Pati, ada banyak pilihan makanan bercita rasa pedas yang bisa kamu coba salah satunya yaitu mangut kepala manyung. Kuah santan berwarna kuning dengan rasa pedas membuat hidangan ini terasa sangat nikmat. Makanan ini juga memiliki aroma dan rasa khas yang menggugah selera. Perpaduan rempah-rempah pilihan dengan kepala ikan pun membuat makanan ini terasa semakin nikmat.

Kue Moho

(masakandapurku.com)

Kue moho juga bisa menjadi pilihan ketika kamu sedang mengunjungi Pati. Kue ini memiliki tekstur yang lembek dan berbeda dari kue-kue pada umumnya. Hal ini didapat dari bahan yang digunakan yaitu terigu, tepung beras, dan gula pasir. Rasa dari makanan ini sendiri cenderung manis sehingga bisa dipilih sebagai makanan penutup atau camilan. Selain itu, makanan ini juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Itulah beberapa makanan khas Pati yang dapat kamu coba saat mengunjungi kabupaten ini. Ada banyak makanan menarik yang bisa dicoba. Tertarik?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.