Info Area

20 Tempat Jual Makanan Enak di Makassar yang Wajib Coba

Walau tak berada di Pulau Jawa, Kota Makassar cukup populer sebagai destinasi wisata. Selain menjelajah kota dan alamnya, kamu juga bisa mencicipi aneka kuliner khas Makassar. Ada banyak makanan enak di Makassar yang patut dicoba, misalnya pisang epe dan coto makassar. Hidangan tersebut jarang ditemukan di Pulau Jawa. Jadi, Pins wajib mencicipinya jika sedang jalan-jalan di Makassar.

Berikut 20 tempat makan di Makassar yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke sana. Cocok untuk kuliner saat liburan.

1. Konro Karebosi

Konro Karebosi
(Indonesia)

Konro Karebosi merupakan salah satu tempat makan legendaris di Makassar. Tempat ini konon sudah ada sejak 1968. Menu yang ditawarkan yaitu konro bakar dengan saus kacang dan sup konro yang berkuah gurih dan kaya rempah. Harga hidangannya sekitar Rp Rp 70.000.

2. Coto Nusantara

Coto Nusantara
(Garnesia)

Rumah makan ini sudah ada sejak 1970-an. Menu yang disajikan yaitu coto makassar berisi daging empuk serta kuah yang kental dan kaya rempah. Berkat cita rasanya yang khas, warung coto makassar ini tak pernah sepi pembeli. Selain itu harganya juga terjangkau, Rp 20.000-an.

3. Mie Titi Panakkukang

Mie Titi Panakkukang
(Detik Travel)

Mie titi adalah mi yang digoreng renyah dan dihidangkan dengan siraman saus kental. Sajian ini mirip seperti ifumie ala restoran Tiongkok. Di Makassar ada satu penjual mie titi yang legendaris, namanya Mie Titi Panakkukang. Mie titi di tempat ini berisi daging, hatim ayam, bakso, seafood, dan aneka sayuran. Walau porsinya cukup besar tapi harganya terjangkau, sekitar Rp 30.000.

4. Rumah Makan Muda Mudi

Rumah Makan Muda Mudi
(Rumah Makan Muda Mudi)

Rumah Makan Muda Muda cocok untuk makan siang. Walau tampak sederhana, tapi rumah makan ini cukup legendaris lo! Sudah ada sejak tahun 1993. Di sini Pins bisa menikmati aneka makanan dan es. Ada nasi campur ayam, sup buntut, serta es pisang ijo khas Makasar. Konon, pisang ijo di tempat ini terkenal enak karena rasa manisnya pas dan menyegarkan.

5. Ratu Gurih Seafood

Ratu Gurih Seafood
(Tribun Wiki)

Ratu Gurih Seafood cocok untuk makan siang bersama keluarga saat akhir pekan. Rumah makan ini punya banyak olahan seafood yang terkenal enak. Beberapa menu andalannya yaitu kerang rica-rica, udang asam manis, cuma masak hitam, hingga ikan pallu maea. Walau sudah ada sejak 1995 tapi rasa hidangan di rumah makan ini tak pernah berubah. Oleh karenanya, wajar jika rumah makannya tak pernah sepi pengunjung.

6. PalluBasa Serigala

PalluBasa Serigala
(Yuk Jalan Bro

PalluBasa Serigala sudah ada sejak 1986. Kuliner legendaris di Makassar ini menyajikan palu basa dengan cita rasa autentik. Pallubasa sendiri adalah makanan tradisional khas Makasar yang mirip coto. Bedanya pallubasa pakai kelapa parut sangrai bukan kacang tanah goreng seperti coto. Untuk dapat mencicipi pallubasa di tempat ini kamu cukup mengeluarkan uang Rp 30.000.

7. Ayam Goreng Sulawesi

Ayam Goreng Sulawesi
(Ini Lina)

Ayam Goreng Sulawesi merupakan salah satu tempat makan legendaris di Makassar yang cukup terkenal. Rumah makan ini sudah ada sejak tahun 1969. Menu yang disajikan sebetulnya hanya ayam goreng tapi cita rasanya khas dan dagingnya empuk. Selain ayam goreng, Pins juga bisa mencicipi sup ayam dan ayam panggang buatan mereka. Harganya sekitar Rp 25.000.

8. Rumah Makan Ulu Juku Mappanyukki

Rumah Makan Ulu Juku Mappanyukki
(Okezone)

Belum ke Makassar jika tak mampir ke Rumah Makan Ulu Juku Mappanyukki. Rumah makan ini menyajika pulumara ulu juku dengan kuah gurih, asam, dan segar. Pulumara sendiri adalah kepala ikan yang dimasak dengan kuah kuning gurih. Makanan ini selalu menjadi buruan pecinta kuliner saat datang ke Makassar.

9. Pisang Epe Daeng Sollong

Pisang Epe Daeng Sollong
(Celebes)

Kalau lagi jalan-jalan di sekitar Pantai Losari, silakan mampir ke Pisang Epe Daeng Sollong. Warung pisang epe ini merupakan salah satu yang legendaris di Makassar karena sudah ada sejak 1977. Pisang epe di sini disajikan dengan siraman kuah gula aren yang manis sehingga cocok dinikmati sambil minum teh sambil menikmati sunset di Pantai Losari.

10. Bakso Ati Raja

Bakso Ati Raja
(KSM Tour)

Bakso Ati Raja sudah ada sejak 1994. Kedai ini merupakan salah satu kuliner yang wajib dikunjungi saat ke Makassar. Di sini kamu bisa menikmati bakso goreng dengan campuran daun bawang yang disajikan dengan saus Thailand. Selain itu, ada pula bakso kuah yang dihidangkan dengan Burasa, makanan mirip lontong khas Makassar.

11. Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang
(El John News)

Sajian di Songkolo Begadang sebetulnya mirip seperti ketan serundeng tapi lauknya berbeda. Isian sengkolo biasanya adalah ketan hitam, ikan asin, serundeng, telur asin, dan sambal. Karena hanya ada di Makassar maka kamu wajib mencobanya jika berkunjung ke kota ini. Di samping itu harganya juga terjangkau, hanya Rp 5.000.

12. Pallu Kaloa Warung H. Wasid

Pallu Kaloa Warung H. Wasid
(Makasar Terkini)

Pallu Kaloa Warung H. Wasid menyajikan sup kelapa ikan dengan rempah khas bernama biji kaloan. Rempah tersebut mampu menghasilkan rasa asam dan warna hitam yang cukup pekat. Karena hidangan berwarna hitam, beberapa pengunjung juga menyebutnya dengan nama rawon, tapi cita rasanya berbeda. Jika suka pedas kamu bisa menikmatinya dengan sambal rica.

13. Jalangkote Lasinrang Ny. Lily Montolalu

Jalangkote Lasinrang Ny. Lily Montolalu
(Kompas)

Jalangkote Lasinrang Ny. Lily Montolalu merupakan salah satu yang terkenal di Makassar. Konon tempat ini sudah ada sejak 1985. Tempat ini menawarkan gorengan khas Makassar yang mirip seperti pastel. Nama gorengan tersebut adalah jalangkote. Kudapan gurih ini biasanya diisi dengan kentang, telur, daging, dan taoge. Penyajiannya biasanya dengan sambal cair.

14. Mie Hengki

Mie Hengki
(Makassar Kuliner)

Mie Hengki sudah ada sejak 1980. Tempat ini menyajikan mi yang cukup unik karena tidak direbus, melainkan digoreng garing. Kriuk minya pas disantap dengan siraman kuah kental berisi tumisan sayuran dan ayam. Sekilas hidangannya mirip seperti ifumie tapi cita rasanya berbeda.

15. Sop Saudara Warung Pangkep

Sop Saudara Warung Pangkep
(Indonesian Holic)

Sop Saudara Warung Pangkep cocok dikunjungi untuk sarapan. Warung makan legendaris di Makassar ini menyajikan sup yang berisi daging sapi dan jeroan. Meski memakai daging dan jeroan tapi rasa kuahnya cukup seger sebab bumbunya memakai banyak rempah.

16. Apong Seafood

Apong Seafood
(Local Guide Connect)

Sama seperti namanya, rumah makan ini menyajikan aneka olahan seafood segar. Menu yang ditawarkan cukup beragam, ada kepiting hingga ikan kudu-kudu yang digoreng tepung. Salah satu menu andalan mereka yaitu ikan pallumara yang disajikan dengan kuah gurih. Konon hidangan tersebut merupakan favorit warga Sulawesi Selatan.

17. Pangsit Mie Palu

Pangsit Mie Palu
(Makassar Terkini)

Pangit Mie Palu cocok dikunjungi untuk makan siang. Warung makan yang sudah ada sejak 2009 ini menyajikan mi dengan topping ayam, babi kuah, hingga charsiu. Selain itu terdapat pula beberapa varian mi lain yang bisa jadi pilihan, seperti mie halus, mie oriental, hingga mie gepeng.

18. Rumah Makan Nelayan

Rumah Makan Nelayan
(Kumbawa News)

Kalau lagi pengin menyantap seafood segar, silakan datang ke Rumah Makan Nelayan. Kedai ini menawarkan beragam seafood dan ikan yang dimasak dengan bumbu khas. Beberapa hidangan andalan mereka yaitu ikan bakar rica, balado udang pete, sup ikan, hingga cumi teropong. Jika tak suka ikan, Pins bisa memesan nasi goreng atau ayam gorengnya. Hidangan tersebut rasanya pun terkenal enak.

19. Kampoeng Popsa

Kampoeng Popsa
(Merdeka)

Kampung Popsa merupakan pusat wisata kuliner di Kota Makassar yang dulunya merupakan tempat wisata air. Berbagai food court dan cafe ada di tempat. Misalnya saja kedai nasi ayam palekko, jalangkote, es pisang ijo, hingga coto makassar. Selain hidangannya yang menarik, tempat ini juga menawarkan suasana pinggir pantai yang indah. Pas untuk menghabiskan sore hari bersama pasangan atau kerabat.

20. Bakso Bonto

Bakso Bonto
(Cari Makan)

Bakso Bonto merupakan salah satu pelopor penjual bakso di Makassar. Kedai ini sudah ada tahun 1960-an. Walaupun hanya berjualan di gerobak, tapi gerai ini tak pernah sepi pengunjung. Bahkan kalau ke sini Pins harus rela anter. Bakso Bonto terbilang unik, karena baksonya merupakan campuran dari daging dan kikil serta kuahnya direbus dengan tulang sumsum. Hal tersebut membuat cita rasa kuahnya lebih gurih dan umami.

Nah itu tadi 20 tempat makan enak di Makassar yang wajib Pins coba. Bisa jadi panduan untuk Pins yang suka wisata kuliner.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.