Info Area

Kuliner Magelang

Magelang adalah salah satu kota yang dekat dengan Semarang dan Jogjakarta dan menjadi kota yang memiliki berbagai destinasi wisata dan kuliner yang menyenangkan dan mengenyangkan.

Kuliner Magelang ini menyajikan makanan khas Kota Magelang yang jarang ditemui di beberapa daerah lain dan hanya bisa kamu temukan di Magelang.

Magelang yang memiliki sejuta pesona dan mendapat julukan Kota Getuk ini akan membuat lidah terkesan dengan kulinernya. Apa saja kuliner khas kota  Magelang tersebut? Cari tahu jawabannya di bawah ini, ya!

Baca Juga:

Kuliner Magelang Yang Populer

Ada beberapa makanan khas Magelang yang lezat dan gurih siap menggugah lidah kamu. Cek daftarnya di bawah ini:

1. Mangut Beong

(Correcto.id)

Makanan khas kota Magelang yang pertama adalah mangut beong. Ini adalah masakan  yang diberi bumbu rempah, cabai dan gula yang dipadukan dengan kuah santan.

Mangut sangat terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Mangut sendiri pada umumnya terkenal dengan bahan utamanya ikan lele.

Namun, yang menjadikan makanan ini khas kota Magelang adalah mangut dengan bahan utamanya ikan beong. Ikan beong adalah adalah sejenis ikan yang mirip dengan lele tapi hidup di air tawar.

Ikan beong memang jarang ditemukan di wilayah-wilayah lainnya selain Magelang, itulah mengapa kuliner mangut beong sangat khas sekali dengan kota Magelang.

Baca Juga: 20 Rekomendasi Cafe Terbaik di Magelang

2. Sego Godog

(Bakpiaku)

Apa jadinya jika nasi direbus? Pasti kamu bingung dengan menu kuliner Magelang satu ini? sego Godog dalam bahasa Jawa yang diartikan ke bahasa Indonesia adalah nasi rebus. Meski nama menunya nasi rebus atau sego godog, namun bukan berarti nasi yang disajikan direbus, ya!

Menu makanan satu ini adalah memadukan nasi dengan kuah yang banyak hingga nasinya tenggelam di dalam kuah tersebut.

Kuah tersebut diisi dengan mie, tomat, cabai, daging ayam, telur dan sayur kubis, makanan ini sangat pas disantap saat cuaca di kota Magelang sedang dingin-dinginnya. Rasanya juga sangat menggugah lidah dan lezat.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Nongkrong Asyik di Magelang

3. Magelangan

(Travel Kompas)

Magelangan adalah sebuah menu yang diambil dari kata kota Magelang itu sendiri. Menu Magelangan adalah nasi goreng yang dicampur dengan mie khas Magelang.

Nasi goreng yang dikombinasikan dengan mie ini sangat mengenyangkan dan tentu saja membuat lidah tergoda untuk segera menghabiskan menu satu ini.

Sebenarnya menu Magelangan sendiri hanya dikenal di daerah Magelang, Jogjakarta dan sekitarnya. Menu nasi goreng dan mie ini dikenal dengan nama nasi ruwet menurut masyarakat Semarang.

Nah, akan lebih kezat lagi jika menu Magelangan ini dicampur dengan suwiran ayam dan telur mata sapi.

4. Kupat Tahu

(Sajian Sedap/Grid.id)

Kupat tahu memang menjadi makanan yang tidak asing di beberapa daerah Indonesia. Namun kupat tahu khas Magelang ini memiliki perbedaan dengan menu kupat tahu lainnya.

Apa yang khas dengan kupat tahu Magelang ini? Nah, yang menjadi ciri dan kekhasan kupat tahu asal Magelang ini adalah adanya tauge yang direbus terlebih dahulu kemudian ditambahkan dengan kol yang diiris tipis, bakwan, mie kuning, dan tahu putih.

Kemudian menu tadi akan disiram dengan sambal dan diberi topping kerupuk dan timun yang diiris-iris. Bagi kamu yang suka pedas, maka bisa menambahkan sambal sesuai dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.

Baca Juga:

5. Soto Kluwih

(Jateng Travel Guide)

Apa jadinya ya jika kluwih dijadikan menu pelengkap soto? Buah kluwih inilah yang menjadikan menu soto ini erat kaitannya dengan kota Magelang.

Kluwih sendiri adalah buah yang teksturnya hampir sama dengan buah sukun ataupun nangka. Buah ini memiliki berbagai nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Buah kluwih dan soto ini akan menjadi menu makanan yang menyenangkan dan menyehatkan untuk dicoba jika kamu berada di Magelang.

Jika soto Lamongan terkenal dengan kuah koyanya, maka di Soto Kluwih Magelang ini terkenal dengan kuah kaldu yang diberi topping buah kluwih yang diolah menjadi semacam abon. Uniknya sambal di soto ini juga terbuat dari olahan buah kluwih juga.

6. Buntil Daun Talas

(Sajian Sedap/Grid.id)

Buntil adalah makanan yang umumnya dibungkus dengan daun pisang. Makanan ini berisi nasi dengan opor ayam, mie goreng, sambal kentang atau sayur lainnya kemudian dibungkus dengan daun pepaya.

Nah, yang menjadi ciri khas dari menu Buntil Magelang ini adalah bukan menu nasi namun lauk yang dibungkus dengan daun talas.

Lauk yang dibungkus dengan daun talas ini tidak kalah lezatnya dengan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Adapun buntil daun talas ini berisi lauk pauk parutan kelapa, udang dan petai.

Buntil daun talas akan sangat cocok jika disajikan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

7. Opor Enthog

(Bisnis Bandung)

Jika pada umumnya opor identik dengan bahan utama ayam, maka berbeda Kuliner Magelang satu ini karena bahan utamanya adalah angsa atau enthog.

Makanan ini banyak dijual di beberapa tempat yang ada di Magelang dan diolah dengan menggunakan tungku, bukan kompor, sebelum dimasak menjadi opor, maka enthog ini dibakar terlebih dahulu agar bulu-bulunya benar-benar rontok.

Selain bertujuan agar bulu-bulunya rontok, daging enthog yang dibakar juga bertujuan agar lemaknya keluar. Setelah dibakar maka daging enthog bisa dimasak menjadi opor.

Menu makanan satu ini semakin lezat jika disajika dengan nasi hangat dan sambal tomat atau bawang.

8. Bakso Kerikil

(Gofood)

Bakso kerikil adalah makanan yang sempat populer dan banyak diburu. Nah, uniknya bakso kerikil di Magelang ini bisa kamu temukan berderet-deret di alun-alun Magelang.

Bakso kerikil ini terkenal dengan isian bakso kecil-kecil  yang berlimpah. Sajian bakso yang berlimpah dalam satu mangkok inilah yang menjadikan bakso kerikil diburu banyak orang.

Satu mangkok bakso kerikil diisi dengan satu bakso urat besar, bakso kecil-kecil, mie, bihun dan tahu.

Santapan satu ini sangat enak jika dimakan dengan tambahan sambal yang pedas dan juga saus. Akan lebih lezat dan nikmat lagi jika kamu menyantapnya saat Magelang sedang dingin-dinginnya.

9. Nasi Lesah

(Kompas)

Nasi lesah adalah makanan khas kota Magelang yang rasanya hampir mirip dengan soto. Hanya saja menu nasi lesah ini tidak disajikan di atas mangkuk sebagaimana soto tapi disajikan di atas piring.

Satu porsi nasi lesah ini memiliki kuah dengan cita rasa yang kaya akan rempah. Nah, yang membedakan nasi lesah dengan soto adalah kuahnya dicampur dengan santan.

Kemudian isiannya sendiri memang hampir sama dengan soto yakni dengan mi sohun, kubis yang diiris tipis, irisan wortel, suwiran daging ayam dan tauge dan diberi topping bawang merah goreng dan irisan seledri. Jika suka pedas, maka kamu bisa menambahkan sambal.

Bagaimana? Sudah tidak sabar dan tiba-tiba merasa lapar dengan membaca menu-menu Kuliner Magelang di atas? Jika kamu sedang berada di Magelang, jangan lupa untuk mencicipi makanan tradisional di atas, ya!


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Magelang terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash