Info Area

Kota Lama Semarang, Tempat Wisata Paling Lengkap di Indonesia

Memiliki rumah di Semarang menjadi impian beberapa orang. Dijuluki sebagai kota lumpia sebagai makanan khasnya serta dikenal akan wisata sejarahnya. Salah satunya adalah Kota Lama Semarang.

Tempat ini selalu menjadi tujuan para wisatawan ketika berlibur ke kota Semarang. Kawasan ini dipenuhi bangunan khas Belanda yang masih terjaga hingga saat ini.

Kawasan ini juga sering dijadikan tempat nongkrong para anak muda. Selain itu menyuguhkan beragam makanan khas Semarang seperti nasi gandul. Yuk simak dulu informasi selengkapnya dibawah ini!

Galeri Foto Kota Lama Semarang

(Sumber Galeri : Shutterstock)

Informasi Wisata Kota Lama Semarang

Informasi Wisata Kota Lama Semarang
LokasiOld Town, Bandarharjo, North Semarang, Semarang City, Central Java 50175
Harga TiketFREE
Reservasi(021) 3838437
Jam Operasioan24 Jam
Siaga BencanaYa
MapsMaps

Tak hanya indah di siang hari saja namun tempat wisata ini sangat menawan ketika malam hari.

Lampu-lampu jalan dan juga bangunan-bangunan tua serasa menyatu dengan keheningan suasana malam Semarang yang menenangkan.

Sejarah Kota Lama Semarang

Pada abad ke 17 hingga 19, lokasi ini merupakan pusat perdagangan yang ramai dikunjungi pedagang Arab dan Cina. Hingga, akhirnya VOC mulai masuk dan mendirikan Benteng Vijhoek sebagai pusat militer.

Saat itu, warga Tionghoa yang bermukim di wilayah tersebut pun dipindahkan ke kawasan lain. 

Belanda mulai membangun kawasan di Kota Lama, termasuk bangunan perkantoran, rumah ibadah, dan lainnya. Kini bangunan tersebut pun masih berdiri dengan arsitektur khas Eropa yang kental. 

Baca Juga :

Spot Menarik di Kawasan Kota Lama Semarang

Kawasan Kota Lama ini memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain murah meriah juga termasuk wisata malam yang asyik dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Tak heran sejak dibuka menjadi kawasan wisata, lokasinya menjadi salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi. Nah, kira-kira apa saja daya tarik kawasan ini? Yuk simak penjelasan berikut!

Taman Srigunting 

Taman Srigunting merupakan salah satu tempat ikonik di Kota Lama Semarang yang wajib kamu kunjungi. Di tempat ini pengunjung bisa bersantai sejenak melepas penat setelah berkeliling. 

Dikelilingi pula dengan pepohonan membuat tempat ini menjadi rindang dan sejuk. Taman ini berada di Jln. Letjen Suprapto 32 yang tak jauh dengan Gedung Marba atau Gereja Blenduk.

Dari taman ini, kamu bisa melihat berbagai sudut bangunan khas Belanda serta jembatan unik yang telah dibangun sejak dulu. Lokasi ini sering pula dijadikan spot foto favorit wisatawan.

Gereja Blenduk 

Gereja adalah yang tertua di Semarang dan dibangun sejak tahun 1753. Itu artinya, gereja Blenduk telah berusia 300 tahun. Bangunan masih memiliki arsitektur aslinya yaitu bergaya Eropa. 

Pada mulanya didirikan oleh bangsa Portugis yang menguasai Semarang kala itu. Selain itu bangunan juga berbentuk rumah panggung khas Jawa.

Pada 1787, rumah panggung dirombak kemudian arsitek Belanda yakni H.P.A. de Wilde dan Westmas menambahkan dua menara. Pada 1894 bagian atap dirombak menjadi kubah seperti sekarang.

Bagian dalamnya terdiri atas barisan kursi jemaah klasik yang senada dengan keramiknya. Organ pipa Baroque dari 1700an juga masih ditampilkan dan terjaga keindahannya.

Kamu bisa menjadikan bangunan ini sebagai latar untuk spot foto. 

Pasar Klitikan 

Suka dengan barang antik, seperti mesin tik, sepeda kuno, dan barang-barang jadul lainnya? Kamu bisa ke Pasar Klitikan. Ada banyak kios yang menjual barang-barang antik tersebut.

Kalau tidak ingin membeli barang-barang antik yang dipajang, kamu juga bisa sekadar berfoto-foto. 

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable, lho. Pasar buka mulai dari 09.00-21.00 WIB. berlokasi di Jln. Garuda, Old Town, Semarang Utara.

Semarang Contemporary Art Gallery 

Jika ingin menyaksikan karya-karya seni yang menakjubkan, kamu bisa mengunjungi Semarang Contemporary Art Gallery. Galeri ini memakai bangunan bekas kolonial Belanda. 

Di tempat ini menyediakan ratusan lukisan karya seniman lokal maupun internasional. Untuk masuk ke museum ini wisatawan perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.10.000 saja. 

Tur Menggunakan Sepeda Ontel 

Salah satu daya tarik dari tempat wisata di Semarang ini adalah pengalaman bersepeda dengan sepeda ontel. Kamu bisa menyewa sepeda seharga Rp. 25.000. Kamu bisa berkeliling menyaksikan bangunan-bangunan peninggalan kolonial. 

Sepeda ontel ini juga bisa dijadikan properti untuk berfoto. Dijamin hasil foto kamu akan semakin terlihat estetik. 

Museum 3D Trick Art 

Daya tarik yang terakhir jika berkunjung kesini adalah adanya Museum 3D Trick Art. Di dalam museum tersedia 100 koleksi foto 3D dengan berbagai tema.

Kamu bisa berfoto dan mempostingnya di media sosial. Untuk masuk ke museum kamu perlu membayar tiket masuk seharga Rp. 40.000. 

Lokasi Kota Lama Semarang 

Tidak begitu sulit untuk dapat sampai ke Kota Lama Semarang, karena memang lokasinya berada di pusat kota Semarang. Tepatnya berada di Kota Lama, Bandarharjo, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50175

Kamu juga bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Kota Lama Semarang hadir dengan konsep bangunan bersejarah. Lokasi ini juga dikelilingi oleh taman terbuka. Selain itu untuk menikmatinya bisa dengan menyusuri kawasan memakai sepeda onthel.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah