Info Area

Klenteng Sam Po Kong

Informasi wisata Klenteng Sam Po Kong Semarang mulai dari √ Galeri Wisata √ Fasilitas √ Biaya Masuk √ Jam Operasional & Sejarahnya

Klenteng Sam Po Kong atau juga dikenal sebagai Goa Tiga Orang Sakti menjadi salah satu wisata di Semarang yang wajib dikunjungi bila berkunjung ke kota lumpia tersebut.

Destinasi wisata ini dianggap suci oleh orang Tionghoa karena dulunya menjadi tempat persinggahan Laksamana Zheng He atau juga dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho.

Bagi kamu yang memiliki rumah di Semarang Barat pasti tidak bosan melihat kemegahan arsitekturnya. Berbeda dengan Lawang Sewu maupun Kota Lama yang lebih dipenuhi arsitektur kolonial Belanda.

Klenteng ini sangat kentara ornamen China mulai dari atap bangunan hingga interiornya. Apalagi saat gelap, area dalam klenteng dipenuhi lampu bohlam dengan warna kuning yang menyalak.

Tak heran bila tempat ini menjadi sangat dikenal sebagai salah satu landmark bersejarah di Semarang.

Galeri Gambar Klenteng Sam Po Kong Semarang

(Shutterstock)

(Wikimedia Commons)

(Shutterstock)

Informasi Klenteng Sam Po Kong Semarang

Informasi Wisata Waduk Jatibarang dan Goa Kreo
LokasiJl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
Harga TiketRp. 7.000 – Rp. 48.000
Jam Operasional08.00 – 22.00 WIB
DidirikanAwal abad ke 15
Luas-/+ 1000 meter persegi
Siaga BencanaYa
MapsMaps

Klenteng ini sendiri didirikan -/+ pada awal abad ke 15. Bangunan ibadah umat Tionghoa ini dibangun diatas tanah -/+ 1000 meter persegi.

Goa Tiga Orang Sakti sebagai nama lain dari Klenteng Sam Po Kong begitu menarik perhatian.

Salah satu dari tiga orang suci yang dimaksud adalah seorang muslim yaitu Laksamana Zheng He atau lebih dikenal sebagai Laksamana Cheng Ho.

Meskipun Laksamana Cheng Ho adalah seorang muslim namun menurut kepercayaan Tionghoa, ia dianggap sebagai seorang dewa.

Mereka percaya bahwa kalau orang yang sudah meninggal dunia bisa memberikan pertolongan kepada mereka di kemudian hari nanti.

Hal inilah yang menjadi dasar masyarakat keturunan Tionghoa membangun klenteng yang dilengkapi dengan altar dan Patung Sam Po Tay Djien sebagai tempat peribadatan mereka.

Berbeda dengan bangunan peribadatan pada umumnya, Klenteng ini lekat sekali dengan nuansa Islam. Tak heran banyak pula wisatawan muslim ikut mengunjungi tempat wisata di Semarang ini.

Baca Juga :

Sejarah Klenteng Sam Po Kong Semarang

(Shutterstock)

Laksamana Cheng Ho dulunya pernah berlayar hingga laut Jawa. Ketika sampai di pelabuhan, banyak awak kapalnya jatuh sakit. Kapal beliau kemudian berlindung di sebuah gua kemudian mendirikan masjid.

Bangunan masjid ini berada di tengah kota Semarang akibat mengalami proses pendangkalan dari Pantai Utara.

Setelah Laksamana meninggalkan Semarang banyak awak kapalnya yang memilih tinggi di desa Simongan lalu menikah dengan penduduk setempat.

Cheng Ho sendiri memberikan pelajaran bercocok tanam dan ajaran islam. Dalam klenteng juga terdapat makam juru mudi dari kapal Laksamana.

Laksamana juga membangun masjid JingJue yang awalnya didirikan oleh 1388 masehi. Sebelumnya masjid ini didirikan oleh Yuanzhang yang merupakan kaisar pertama Dinasti Ming. 

Sayangnya masjid tersebut hancur terbakar sehingga pada 1492 masehi Laksamana membangunnya kembali.

Bangunannya sendiri terdiri atas klenteng utama yaitu Sam Poo Kong, Kelenteng Kyai Jangkar, Kelenteng Kyai Nyai Tumpeng, Klenteng Kyai Juru Mudi, Kelenteng Dewa Bumi, dan Kyai Tjundrik Bumi.

Selain itu ada pula Gua Pemujaan Sam Poo Kong. Uniknya dari bangunan klenteng ini adalah adanya relief cerita ekspedisi Laksamana Cheng Ho pada abad ke 15 selama tiga dekade.

Selain itu ada pula pula dua patung kecil yang menandakan kedatangan Laksamana ke Semarang. Patung pertama terbuat dari kayu Cendana yang mewakili kedatangan Laksamana pada 1406.

Patung kedua menandakan kedatangan Laksamana pada 1416 yang terbuat dari porselen.

Harga Tiket Masuk Klenteng Sam Po Kong Semarang

WisatawanTiket WisataTempat Peribadatan
Wisatawan Lokal
HTM 1 Orang Dewasa ( Weekdays )Rp. 7.000Rp. 27.000
HTM 1 Orang Anak-anak ( Weekdays )Rp. 5.000Rp. 15.000
HTM 1 Orang Dewasa ( Weekend )Rp. 10.000Rp. 28.000
HTM 1 Orang Anak-anak ( Weekend )Rp. 8.000Rp. 15.000
Wisatawan Asing
HTM 1 Orang Dewasa ( Weekdays )Rp. 10.000Rp. 40.000
HTM 1 Orang Anak-anak ( Weekdays )Rp. 7.000Rp. 25.000
HTM 1 Orang Dewasa ( Weekend )Rp. 15.000Rp. 45.000
HTM 1 Orang Anak-anak ( Weekend )Rp. 8.000Rp. 28.000
Parkir Motor / ( Kendaraan Roda 2 )Rp. 3.000
Parkir Mobil / ( Kendaraan Roda 4 )Rp. 5.000

Fasilitas di Klenteng Sam Po Kong Semarang

  • Area Parkir Luas
  • Warung-warung Makanan
  • Keamanan
  • Spot Foto

Jam Operasional Wisata Klenteng Sam Po Kong

Jam Buka Klenteng Sam Po Kong
08.0022.00

Lokasi Klenteng Sam Po Kong Semarang

Lokasi atau alamat dari wisata Klenteng Sam Po Kong ini berada di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kec. Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah 50148.

Kamu bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Klenteng Sam Poo Kong bukan sekedar tempat peribadatan semata. Disini terdapat relief khusus yang menceritakan ekspedisi Laksamana ketika berkunjung ke Semarang. Di sekitar area klenteng terdapat patung perwujudan Laksamana.

Baca Juga :


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah