Info Area

Kebun Raya Cibinong

Bogor dikenal sebagai salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak wisata. Tempat wisata di Bogor ini pun beragam. Ada taman kota, curug, hingga museum. Salah satu wisata di Bogor yang terkenal yaitu Kebun Raya Cibinong. Walau berada di Kabupaten Bogor, tapi tempat ini pun terkenal. Tak kalah populer dengan Kebun Raya Bogor.

Apabila Pins berniat wisata ke tempat ini, agaknya perlu mengatahui dulu informasi wisata Kebun Raya Cibinong. Ulasan ini bisa jadi panduan untuk mengetahui detail lokasi hingga aktivitas seru yang dapat Pins lakukan di sana. Yuk, simak ulasan berikut sampai habis!

Baca juga: 12 Rekomendasi Cafe di Puncak Bogor yang Hits dan Cozy

Daya tarik Kebun Raya Cibinong

Kebun Raya Cibinong
(Antara Foto)

Kebun Raya Cibinong adalah salah satu wisata edukasi yang berada di Kompleks Cibinong Science Center – Botanical Garden di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ini merupakan pusat konservasi flora yang memiliki beragam tanaman dari banyak tempat di Indonesia. Tempat ini juga dilengkap dengan sarana rekreasi yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum, lo!

Menariknya lagi, ada sekitar 1.147 spesies tanaman yang ada di kebun raya ini. Dalam jumlah tersebut, terdiri 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis. Selain wisata edukasi, di sini kamu bisa menikmati pemandangan danau buatan yang diberi nama Danau Dora. Pada area ini, terdapat tanaman air dengan bunga berwarna putih dan bentuk bintang. Di air kolamnya, pun nampak ada serpihan salju berwarna putih, lo.

Lebih jauh, Danau Dora ini memiliki panjang 700 meter ke arah utara dengan lebar antara 10-50 meter. Selain Danau Dora, di kebun raya ini pun ada Danau Walini yang debit airnya cukup melimpah. Bahkan, terdapat mati air juga. Sebagai informasi, Kebun Raya ini dikelola oleh BRIN, ya.

Baca juga: 20 Rekomendasi Tempat Makan di Bogor yang Enak dan Murah

Lokasi dan rute

Kebun Raya Cibinong
(Dok. LIPI)

Kebun Raya Cibinong berada di kawasan Cibinong Science Center BRIN, tepatnya di Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk dapat sampai ke tempat ini, Pins bisa naik kendaraan roda dua maupun empat. Kalau naik motor, Pins bisa lewat jalan dari arah Jakarta, lalu ikuti saja Jalan Raya Jakarta-Bogor hingga Cibinong City Mall. Kemudian, lurus dan ikuti lagi Jalan Raya Jakarta-Bogor, sampai ke Komplek LIPI. Sementara, jika kamu datang dari arah Bogor, maka ikuti Jalan Raya Jakarat-Bogor sampai lampu merah Sentul. Kemudian, kamu akan tiba di lampu merah LIPI.

Buatmu yang naik roda empat dan pengin lewat tol, bisa ambil jalur Tol Jagorawi. Selanjutnya, keluar di pintu tol Cibinong lalu ambil ke arah Jalan Mayar Oking sampai tiba di Jalan Raya Jakarta-Bogor. Nah, selanjutnya cukup ikuti arah seperti naik sepeda motor.

Harga tiket

Kebun Raya Cibinong
(Radar Bogor)

Harga tiket masuk ke Kebun Raya Cibinong terbilang terjangkau. Pada hari biasa, kamu cukup membayar Rp15.000 saja. Sementara, pada akhir pekan, kamu perlu mengeluarkan uang lebih banyak, sekitar Rp25.0000. Selain biaya masuk ini, sebaiknya siapkan pula ongkor parkir, Rp5.000.

Jam operasional

Kebun Raya Cibinong
(Dok. BRIN)

Kebun Raya Cibinong sempat ditutup untuk revitalisasi. Nah, setelah itu, jam operasionalnya berubah. Kini, Kebun Raya Cibinong buka setiap hari, tapi waktu kunjungannya dibatasi, yakni pada pukul 07.00-17.00 WIB.

Baca juga: 9 Hidden Gem Bogor yang Wajib Dikunjungi

Fasilitas

Fasilitas di Kebun Raya Cibinong terbilang komplet. Di luar daripada itu, mereka juga punya beberapa spot seru yang bisa digunakan untuk bermain. Di sini, kamu bisa menemukan gedung pertemuan, konservasi, dan ruang pameran. Lalu, ada pula jalur untuk lari dan bersepeda buatmu yang pengin olahraga di sini. Tak perlu khawatir, ada pula toilet, bangku taman, musala, dan gazebo kalau kamu capek jalan-jalan dan pengin istirahat.

Sedikit tambahan, kalau mau ke sini baiknya siapkan bekal makan siang karena jarang ada penjual makanan. Selain itu, bawa pula payung untuk berjaga-jaga kalau tiba-tiba hujan. Pasalnya, di tempat ini tak banyak area untuk berteduh.

Tak lupa, kamu pun perlu membawa tikar kalau pengin rekreasi alias piknik. Lalu, bawa pula anti nyamuk untuk berjaga-jaga, mengingat tempat ini adalah kebun dengan banyak tanaman.

Nah, itulah ulasan lengkap mengenai Kebun Raya Cibinong yang perlu diketahui. Yuk, agendakan untuk ke sini bersama keluarga!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Tak hanya itu, Pinhome juga memfasilitasi pengajuan KPR, bekerjasama dengan bank-bank berikut ini: 

KPR Bank Maybank | KPR CIMB Niaga | KPR OCBC NISP | KPR Bank Mandiri | KPR Bank Danamon | KPR BNI | KPR UOB Indonesia | KPR BWS | KPR Maybank Syariah | KPR CIMB Niaga Syariah | KPR OCBC NISP Syariah | KPR Danamon Syariah | KPR Muamalat | KPR BTN | KPR BTN Syariah | KPR Bank Syariah Indonesia | KPR Panin Dubai | KPR Panin Bank | KPR Bank Permata

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.