Info Area

Kawah Ijen Banyuwangi

Pada artikel ini kami membahas kawah ijen mulai dari √ Blue Fire Kawah Ijen √ Tiket Masuk √ Hal Menarik √ Lokasi √ Tips √ Paket Tour

Gunung Ijen atau lebih dikenal sebagai Kawah Ijen Banyuwangi ini adalah sebuah destinasi wisata yang selalu menjadi tujuan wisatawan ketika musim libur datang. Tak hanya wisatawan lokal saja, namun obyek wisata ini juga jadi favorit para turis mancanegara.

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.386 mdpl dan termasuk gunung berapi aktif di Indonesia. Tercatat pernah meletus pada tahun 1999.

Baca Juga: Kawah Wurung Bondowoso, Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Hal Menarik di Kawah Ijen

Blue Fire Ijen
(Unsplash)

Jika kamu berkunjung ke obyek wisata ini, ada beberapa hal menarik yang bisa dinikmati dan ketahui yaitu:

1. Fenomena Blue Fire

Blue Fire di Kawah Ijen menjadi tujuan bagi setiap warga yang datang ke obyek wisata ini. Karena kamu dapat menyaksikan keindahan Blue Fire ini hanya di 2 tempat yaitu di Gunung Ijen dan di Islandia.

Fenomena alam ini juga tidak ada setiap waktu. Waktu terbaik untuk dapat menikmati keindahan Blue Fire adalah di bulan Juli – September yaitu pada pukul 02.00 dini hari hingga pukul 04.00 pagi hari.

Dan ada hal yang perlu kita garis bawahi bahwa Blue Fire ini, bukanlah api. Melainkan gas belerang yang bersuhu tinggi hingga kemudian bertemu dengan oksigan sehingga muncul apa yang disebut sebagai Blue Fire.

2. Gunung Api Aktif

Kawah ini berada di kawasan sebuah gunung besar di Bondowoso yaitu Gunung Ijen, Gunung ini memiliki pesona tersendiri yang membuatnya tetap menarik meski statusnya adalah gunung aktif.

3. Penambang Belerang

Hal menarik yang bisa kamu rasakan ketika berkunjung ke obyek wisaya ini adalah bisa berjumpa dengan para penambang belerang yang ramah-ramah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa sambil belajar mengangkat batu-batu belerang dan menjualnya.

4. Kawah Hijau Tosca

Meski Blue Fire jadi favorit, namun pesona kawah di gunung ini tak kalah menggoda. Warna air kawah yang hijau tosca di hari biasa membuatnya tetap menarik perhatian. Berfoto dengan latar belakang kawah cantik ini sudah pasti jadi wishlist saat berkunjung ke Ijen.

5. Mendaki Gunung Ijen

Hal paling seru adalah dapat menikmati keindahan dari wisata tersebut setiap sudut dan jalanan yang kita lalui.

Seperti yang bisa kalian lakukan untuk dapat mencapai puncak Gunung Ijen. Kamu yang kuat secara fisik dan mental, wajib banget mendaki gunung ini.

Baca Juga:

Tiket Masuk Kawah Ijen Terbaru

Harga Tiket Masuk Ijen Crater
WeekdaysWeekend
Wisatawan LokalRp. 5.000Rp. 7.500
MancangeraRp.100.000Rp. 150.000

Untuk harga tiket ini bisa berubah sewaktu-waktu jadi jika ada perubahan harga tiket mohon di informasikan lewat email ada kolom komentar dibawah artikel ini.

Lokasi

Lokasi obyek wisata ini berada di perbatasan antara kabupaten Banyuwangi dan juga Bondowoso Jawa Timur atau lebih tepatnnya berada di Desa Curah Macan, Kalianyar, Sempol, Bondowoso Regency, East Java 68288.

Agar lebih mudah kamu juga bisa mengikuti arahan google maps berikut ini :

Jalur Pendakian

Pendakian
(Unsplash)

Untuk dapat mencapai puncak Gunung Ijen dan melihat keindahan kawah kamu bisa mengikuti rute pendakian berikut ini:

1. Stasiun menuju Cagar Alam Kawah Ijen

Stasiun Karangasem ▷Naik Ojek ke Kec. Licin desa Banyusari ▷ Turun dan naik truk pengangkut belerang menuju Paltuding ▷ Kemudian turun di ‘Gerbang Utama Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen

Apakah kita sudah sampai ? Belum dong kamu baru sampai ke Gerbang Utama Cagar Alam Kawah Ijen. Dari sini kamu akan melanjutkan dengan berjalan kaki.

2. Cagar Alam Kawah Ijen menuju Pos Bundar

Dari Cagar alam ini kamu harus berjalan kaki -/+ 3km ke arah kawah dengan mengikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan oleh pengelola cagar alam.

2 Km pertama kamu harus berjalan diatas kemiringan 25-35 derajat, selain menanjak struktur tanah yang dipijak juga berpasir jadi harus berhati-hati agar tidak terperosok.

3. Pos Bundar menuju Kawah Ijen

Setelah sampai di Pos Bundar kamu tinggal berjalan 1Km untuk mencapai kawah. Jalur ini lebih sulit dari yang kedua tadi karena memiliki kemiringan sekitar 45 derajat.

Namun tak perlu khawatir, lelah yang dirasakan akan terbayarkan dengan keindahan pesona kawah Gunung Ijen.

Fakta Menarik Kawah Ijen

kawah Ijen
(Unsplash)

Selain fenomena Blue Fire, mungkin ada banyak fakta menarik yang kamu tidak tahu mengenai kawah ini . Cek informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Kaldera Paling Luas Sepulau Jawa

Kawah Ijen ini memiliki kaldera paling luas sepulau jawa yaitu dengan memiliki kedalaman 300m dengan luas lebih dari 20km.

2. Danau Asam Terbesar di Dunia

Pemandangan yang menakjubkan membuat kita tak sadar bahwa Kawah Ijen adalah danau asam terbesar di dunia yaitu dengan luas danau sekitar 5466 Hektar.

Meskipun memiliki pemandangan yang indah dengan air yang begitu jernih, danau kawah ini tidak bisa digunakan untuk berenang, karena tingkat keasamannya bisa mencapai 0.

3. Arti di Balik Nama Ijen

Ijen diambil dari bahasa jawa yang berarti sendiri dimana orang dulu ingin mengisyaratkan bahwa gunug dan kawah ini hanyalah sendiri namun pada kenyataannya kawah yang berada di Gunung Ijen ini dikelilingi dengan banyak gunung seperti Gunung Rantai, Gunung Pendil, Gunung Suket dll.

4. Kawasan Tambang Belerang Tradisional

Kawah ini juga jadi kawasan tambang belerang. Masyarakat sekitar banyak menambang belerang di tempat ini secara tradisional.

Baca Juga:

Fasilitas di Kawah Ijen

Bagi kamu yang berasal dari luar kota tak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke obyek wisata ini karena dari pihak pengelola cagar alam sudah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang para wisatawan yang berkunjung, di antaranya adalah:

  1. Ruang cek kesehatan
  2. Penginapan
  3. Masjid
  4. Area camping lround
  5. Parkir Luas
  6. Kuliner
  7. Tour guide

Tips Berkunjung ke Kawah Ijen

penambang belerang
(Unsplash)

Mau berlibur ke obyek wisata ini? Usahakan perhatikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan berikut ini:

  1. Usahakan berkunjung pada bulan July – Desember
  2. Menggunakan pakaian yang tebal
  3. Gunakan sepatu / alas kaki yang aman bisa tipe untuk lari atau sepatu gunung
  4. Gunakan kaos tangan atau syal untuk menjaga kehangatan
  5. Membawa jas hujan, senter, oksigen dan P3K
  6. Membawa bekal yang cukup terutama air dan roti
  7. Jangan lupa bawa masker!

Paket Wisata Kawah Ijen

Harga Paket Tour Kawah Ijen 2 Hari 1 Malam Berlaku 2020
Jumlah PesertaPriceArmada tourRoom / Hotel
15470,000Elf/Hiace7+1 xbed
14490,000Elf/Hiace7
13510,000Elf/Hiace6+ 1exb
12530,000Elf/Hiace6
11560,000Elf/Hiace5+1 exb
10590,000Elf/Hiace5
9630,000Elf/Hiace4+1 Exb
8680,000Elf/Hiace4
7740,000Elf/Hiace3+1 Exb
6725,000Luxio/Innova3
5750,000Avanza/Xenia2+1 Exb
4880,000Avanza/Xenia2
31,100,000Avanza/Xenia1+1 Exb
21,525,000Avanza/Xenia1
Note : Harga diatas tidak berlaku untuk periode High Season ( Idul Fitri, Natal, Tahun Baru )

Demikian artikel mengenai informasi dari Kawah Ijen , semoga apa yang disampaikan bisa bermanfaat.

Dan apabila ada kekeliruan penulisan, admin mohon maaf dan bisa diinformasikan segera melalui kolom coment di bawah, terimakasih.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Bondowoso terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash