Info Area

Karimun Jawa

Keindahan alam di Indonesia terbentang dari timur ke barat dari pegunungan, dataran rendah, pantai dan juga laut yang menyimpan banyak biota alam. Tentunya, untuk mengunjungi tempat wisata tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama karena sangat banyak wisata alam di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya yaitu pulau Karimun Jawa yang berlokasi di Jepara.

Dengan bentuknya kepulauan, Karimun Jawa memberikan keindahan pemandangan  alam dari lautnya, pemandangan biota alam bawah laut, dan juga pulau yang memberikan pemandangan keindahan saat sunset dan sunrise. Tentunya kamu dapat menikmati keindahan pulau ini dengan orang-orang terdekat, bahkan sangat cocok dijadikan sebagai tempat romantis bersama pasangan.

Baca Juga:

Perlu diketahui bahwa pulau ini menjadi taman nasional Indonesia sejak tahun 2001 yang terletak di kecamatan di Jepara yang memiliki jarak cukup jauh yaitu sekitar 83 KM di Jepara Utama bagian utara. Kini wisata alam Karimun Jawa memang sudah sangat populer di kalangan wisatawan asing maupun lokal dengan banyaknya aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut.

Lokasi

wisata karimun jawa
@gesavitri

Sebagai salah satu destinasi alam yang kini semakin populer di kalangan wisatawan tentunya memiki akses perjalanan yang sangatlah mudah. Nah, lokasi Pulau Karimun Jawa ini terletak di Kabupaten Jepara, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Bagian pulau Karimun Jawa terdiri dari beberapa pulau dan dataran dengan luas 4.302 Hektar.

Ada banyak pulau yang terdapat di Karimun Jawa. Sebut saja Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Pulau Menyawakan, Pulau Genting, Pulau Seruni, Pulau Geleang, dan lain sebagainya.

Kepulauan Karimun Jawa sebagai taman nasional ternyata tidak hanya memiliki keindahan alam dari pulaunya saja. Kamu bisa menjumpai wisata lengkap dari pantai, hutan mangrove, wisata budaya, dan juga keindahan bawah lautnya. Oleh karena itu, Karimun Jawa mendapatkan julukan sebagai The Paradise of Java.

Baca Juga:

Aktivitas Seru di Karimun Jawa

backpacker ke karimun jawa
@paket_wisata_krimunjawa_murah

Pulau Karimun Jawa memang memiliki potensi yang sangatlah besar, tentunya ada banyak aktivitas seru yang dapat dilakukan oleh wisatawan saat mengunjunginya. Ini dia beberapa aktivitas yang dapat membuat liburan kamu menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan dengan moment yang tak akan terlupakan.

  1. Island Hopping

karimun jawa
(Instagram/@rrizkymotret)

Perlu diketahui bahwa aktivitas Island Hopping merupakan kegiatan yang paling utama dan recomended untuk kamu lakukan saat mengunjungi pulau Karimun Jawa, Jepara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pulau yang satu ini terdiri dari beberapa sederet pulau yang memiliki pesona atau keindahan alam sangat bagus.

Oleh karena itu, para wisatawan sangat direcomendasikan untuk melakukan Island Hopping atau meloncat dari pulau satu ke pulau yang lainnya. Apabila kamu menggunakan nahkoda kapal maka akan diajak untuk mengelilingi pulau Karimun Jawa yang memiliki spot wisata yang berbeda-beda sehingga membuat wisatawan betah saat mengunjunginya.

  1. Snorkeling

cara ke karimun jawa
(Instagram/@thebodhitreehostel)

Berikutnya, aktivitas yang harus kamu lakukan saat berlibur ke Karimun Jawa adalah snorkeling atau menyelam ke dalam laut. Dengan melakukan aktivitas tersebut tentunya kamu akan melihat pesona alam yang sangat menakjubkan dari biota laut seperti ikan kecil ataupun besar ditambah dengan terumbu karang.

Nah, kini aktivitas snorkeling di Karimun Jawa memang menjadi aktivitas yang sangat populer di kalangan wisatawan. Mengapa demikian? hal tersebut tentunya dikarenakan apabila para wisatawan melakukan snorkeling maka dapat melakukan foto underwater sehingga moment tersebut dapat diabadikan ataupun di posting di media sosial.

  1. Kawasan Ikan Hiu di Pulau Menjangan Besar

Paket Murah karimun jawa
(Instagram/@partok37)

Berikutnya kamu juga dapat melihat ikan hiu besar di kawasan pulau Menjangan Besar. Tentunya hal tersebut dapat menjadi salah satu hal yang membuat sebagian besar wisatawan memang betah berlibur di pulau Karimun Jawa. Selain dapat melihat ikan Hiu ternyata kamu juga dapat mengajaknya untuk foto bersama walaupun dari kejauhan.

Apabila kamu menggunakan jasa nahkoda kapal maka tak perlu khawatir karena biasanya memang akan diberikan waktu untuk mengunjungi pulau Menjangan Besar yang memiliki tempat penangkaran ikan hiu besar.

  1. Diving

(Unsplash)

Diving juga merupakan salah satu aktivitas yang harus dilakukan apabila kamu mengunjungi pulau Karimun Jawa untuk melihat berbagai pesona alam atau biota laut yang sangat menakjubkan. Tentunya, dengan melakukan diving kamu juga akan lebih mengetahui panorama underwater yang tidak bisa dilihat di semua pulau.

Sebagian besar wisatawan tentunya sudah sangat tahu bahwa pulau ini memang memiliki pesona atau keindahan bawah laut yang sangatlah bagus.

  1. Menikmati Gulungan Ombak Di Tepian Pantai Karimunjawa

(Unsplash)

Selanjutnya, kamu juga bisa bersantai saat berlibur di Karimun Jawa dengan menikmati gulungan ombak di tepian pantai Karimun Jawa. Tentunya, hal tersebut dapat dilakukan sendirian ataupun bersama orang terdekat.

Dengan menikmati gulungan ombak di tepian pantai, kamu juga akan mendapatkan udara segar yang sangat menyegarkan.

  1. Hammocking di Tepi Pantai Karimunjawa

(Unsplash)

Berikutnya, Anda juga dapat melakukan Hammocking atau ayunan di pinggir pantai sambil menikmati pesona keindah pulau Karimun Jawa ditambah dengan nuansa udara yang cukup segar dan suara gulungan ombak yang juga sangat membuat Anda mampu menikmati nuansa santai sangat menyegarkan.

  1. Menikmati Sunset

akses ke karimun jawa
(Instagram/@bloovi9)

Apabila kamu berkunjung ke pulau ini bersama pasangan maka dapat menikmati suasana yang romantis dengan menikmati pemandangan sunset yang sangatlah bagus. Tentunya kamu juga bisa mengabadikan moment romantis dengan nuansa sunset ataupun sunrise di pulau yang memiliki pesona alam sangat menakjubkan.

  1. Treking di Hutan Mangrove

(Unsplash)

Ternyata di Karimun Jawa kamu juga akan menjumpai hutan Mangrove. Tentunya dengan adanya hutan bakau bisa kamu manfaatkan untuk treking atau sekedar jalan santai. Kamu juga bisa mengambil spot foto di hutan Mangrove yang sangat bagus.

Harga Tiket Masuk Pulau

Bagi kamu yang ingin mengunjungi pulau ini maka perlu tahu mengenai biaya yang harus dikeluarkan. Termasuk rincian transportasi dan tiket masuknya.

Dari harga Tiket kapal siginjai jepara menuju karimun jawa yaitu Rp. 75 ribu kemudian biaya sewa motor di karimunjawa Rp. 75 ribu per hari, biaya sewa kamar non AC Rp. 150.000, ditambah tour laut snorkeling, perahu dan makan siang Rp. 200 ribu per hari.

Selanjutnaya harga Tiket masuk bukit love Rp. 10.000, Tiket masuk bukit joko tuo Rp.10.000, Tiket masuk hutan mangrove Rp. 15.000, Tiket masuk pulau menjangan kecil Rp. 20.000, Tiket masuk penangkaran hiu Rp. 40.000. Untuk harga tiket masuk tempat wisata memang cukup terjangkau sehingga dapat meminimalkan jumlah budget liburan kamu.


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Jepara terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash