Info Area

Kampung Pelangi Semarang

Informasi Paling Lengkap mengenai Kampung Pelangi Semarang dari mulai √ Harga Tiket √ Lokasi √ Geleri Wisata √ Daya Tarik Wisata

Rumah di Semarang ini berbeda dengan bangunan tempat tinggal pada umumnya. Dinding bahkan atap rumahnya dicat dengan warna yang mencolok. Wisatawan biasa mengenal tempat ini sebagai Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi atau juga dikenal sebagai Rainbow Village merupakan tempat wisata sekaligus kawasan tempat tinggal yang padat penduduk. Area perkampungan ini cukup menyita perhatian warga Semarang karena bangunannya yang warna-warni.

Banyak dinding rumahnya dipenuhi mural yang menarik. Tak heran bila tempat ini seperti kawasan museum 3D yang lapang mirip dengan Kampung Warna Warni di Tulungagung, Jawa Timur.

Geleri Kampung Pelangi Semarang

(Sumber Galeri : Shutterstock)

Informasi Kampung Pelangi

Informasi Kampung Pelangi Semarang
LokasiJl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
Harga TiketRp. 5.000
Reservasi
Jam Operasional24 Jam
Siaga BencanaYa
MapsMaps

Awalnya ide desa warna-warni ini berasal dari kepala sekolah SMP. Ia adalah Slamet Widodo yang mengusulkan mengecat 390 rumah di kampung tersebut memakai cat warna cerah.

Walikota Semarang yakni Hendrar Prihadi mengaplikasikan ide Slamet Widodo. Kini ada 220 rumah yang sudah dicat. Kampung ini bahkan masuk dalam program kampung tematik yang ada di kota lumpia ini.

Baca Juga :

Daya Tarik Kampung Pelangi

(Shutterstock)

Wisata ini mulai populer pada 2017 lalu. Tidak hanya menarik wisatawan domestik namun juga internasional.

Ada beberapa daya tarik yang disuguhkan tempat ini. Selain indah juga tergolong dalam tempat wisata murah meriah yang ada di Semarang.

1. Suasana Artistik

Kampung ini memiliki banyak sekali spot menarik. Selain dinding dan atap yang diwarna-warnai juga terdapat aneka gambar menarik.

Ada pula ornamen payung gantung yang juga dicat dengan berbagai warna. Selain itu ada tempat duduk dengan gaya artistik sebagai spot foto instagramable.

Kamu bisa hunting foto dengan mudah. Apalagi murah yang disediakan disini memiliki beragam tema sehingga tidak sama satu dengan lainnya. Area jembatan turut dicat bahkan hingga pavingnya.

Pengunjung wajib menjaga kebersihan area kampung. Diantaranya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pengunjung dilarang pula untuk mencoret dinding yang ada di area perkampungan.

2. Taman Kasmaran

Taman Kasmaran masih satu kawasan dengan Kampung Pelangi. Lokasinya berada di sebelah kiri pasar bunga. Taman ini berada dalam satu bangunan dua lantai.

Lantai bawahnya dijadikan wisata kuliner berbentuk food court. Sementara lantai atas berupa taman. 

Jika lapar ada berbagai penjual yang menawarkan makanan ringan maupun berat. Harganya juga masih ramah di kantong.

Dari taman ini bisa terlihat jelas pemandangan Kampung Pelangi. Di tempat ini kamu bisa bersantai menikmati keindahan taman kasmaran dengan udara yang masih sangat asri dan sejuk.

Selain itu taman sering dijadikan sebagai tempat kongkow atau kumpul para penggiat seni atau komunitas di Semarang. 

Taman Kasmaran memiliki kursi dan meja ala cafe. Jika siang hari akan terlihat jelas kawasan perbukitan Kampung Pelangi. 

Ketika malam tiba, pesonanya tetap menawan. Lampu rumah yang menghiasi area perkampungan menyinari gelapnya malam. 

3. Kuliner dan Souvenir Khas Kampung Pelangi Semarang

Setelah selesai jalan-jalan di Kampung Pelangi Semarang, jangan lupa membeli souvenir khasnya. Harganya juga sangat terjangkau yakni mulai dari Rp.10.000 saja.

Souvenir yang tersedia berupa celengan warna-warni, pajangan dinding, gantungan kunci dan lainnya. Sementara makanan yang ada berupa jajanan khas kota Semarang seperti lumpia dan camilan pasar lainnya.

Ada pula makanan berat seperti soto, bakso dan lainnya untuk menu makan siang jika sedang lapar. Sekitar kawasan wisata terdapat banyak toko bunga yang bisa kamu kunjungi. Bagaimana menarik bukan tempat wisata ini? 

Lokasi Kampung Pelangi Semarang

Alamat atau lokasi Kampung Pelangi berada di wilayah Semarang Selatan atau tepatnya berada di Jl. DR. Sutomo No.89, Randusari, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244.

Lokasi tepatnya berada di dusun Wonosari masuk dalam desa Randusari. Rute paling mudah adalah melewati Tugu Muda melalui Jl. Dokter Sutomo ke arah selatan.

Untuk lebih mudahnya menuju tempat wisata ini bisa mengikuti arahan Google Maps sebagai berikut :

Jika memilih rute ini, kamu bisa melewati tempat wisata sejarah lainnya. Misalnya saja Lawang Sewu maupun Tugu Muda serta dekat dengan Taman Kasmaran.

Harga Tiket Wisata Kampung Pelangi Semarang

Harga TIket Kampung Pelangi Semarang
HTM 1 Orang DewasaRp. 5.000
Parkir Motor / ( Kendaraan Roda 2 )Rp. 2.000
Parkir Mobil / ( Kendaraan Roda 4 )Rp. 5.000

Pada dasarnya tiket masuk wisata ini tidak dipungut biaya. Hanya saja wisatawan umumnya membayar secara sukarela sebagai iuran kebersihan.

Fasilitas yang ada di kawasan ini diantaranya adalah tempat parkir kendaraan, warung makan, toilet, pusat souvenir. Kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan spot foto menarik disini.

Selama pandemi wisatawan harus mengikuti protokol kesehatan yang ditentukan. Pengunjung harus dalam keadaan sehat dan memakai masker. Selain itu wajib mencuci tangan dan menjaga jarak untuk menghindari penyebaran virus.

Waktu paling pas untuk mengunjungi Kampung Pelangi Semarang adalah pukul 09.00 WIB. Jika datang di sore hari kunjungilah pada jam 15.00 WIB karena cuaca tidak terlalu panas.

Baca Juga : 


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah