Info Area

Kabupaten Cirebon

Jawa Barat

Kabupaten Cirebon

Kabupaten Cirebon bisa dibilang sebagai tempat yang menyuguhkan banyak hal bagi penduduk lokal maupun pelancongnya. Bagi warganya, wilayah ini merupakan tempat tinggal ideal yang berkembang dan cukup maju dalam hal perekonomian dan budayanya. Area yang ada di kawasan Pantura ini dikenal sebagai salah satu produsen beras berkualitas di tanah air. 

Dari bidang budaya, masih ada seni tradisional yang dipertahankan hingga saat ini. Sebut saja wayang kulit, topeng, lukisan kaca, hingga batik khas Cirebon. Selain itu, kamu juga masih dengan mudah mendapati beberapa pertunjukan tari topeng, tarling, hingga sandirawa Cirebonannya. Warisan budaya yang masih dipertahankan hingga sekarang ini patut dijaga kelestarian dan kelangsungannya.

Dari segi fasilitas umum, sudah pemerintah kabupatennya telah menyediakan banyak sarana dan prasarana bagi penduduknya. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan dasar pendidikan, sandang dan papan yang tersedia di banyak pusat perbelanjaan, hingga transportasi untuk mendukung mobilitas warganya untuk bekerja dan bepergian ke kota lainnya. 

Dari segi cuaca, Kabupaten Cirebon terbilang nyaman untuk ditinggali. Bagian utara yang masuk daerah Pantura memiliki ketinggian hingga 11 mdpl. Sedangkan bagian dataran tingginya ketinggiannya ada di antara 11-130 mdpl. Tak heran jika ada paling tidak sekitar 2,2 juta penduduk yang betah tinggal di kabupaten ini tercatat per 2020 lalu. Masih ada kemungkinan penambahan jumlah penduduk seiring dengan berjalannya waktu.

Tak berhenti di situ, di kabupaten ini masih ada banyak potensi besar yang bisa dimanfaatkan oleh para investor properti. Pasalnya, di wilayah dengan total luas 1.070,29 km2 ini lahannya masih bisa dimanfaatkan dan dibuat dalam wujud rumah, hunian di dalam cluster perumahan, indekos, guesthouse, hingga komplek apartemen. Nah, apakah Anda tertarik membeli rumah di Kabupaten Cirebon?

Populasi2.296.999 jiwa (2020)
Luas Wilayah1.070,29 km2
Plat kendaraanE

Fasilitas Umum di Kabupaten Cirebon