Info Area

Istana Sakura Blitar, Foto, Rute, dan Tiket Masuk

Istana Sakura Blitar menjadi salah satu objek wisata baru yang sedang hits di Blitar saat ini. Wisata ini menjadi buruan wisatawan karena menyuguhkan suasana yang khas ala negeri Jepang. 

Dilengkapi dengan beragam spot foto yang Instagenic khas bunga dan pepohonan sakura. Istana Sakura Blitar menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang sangat populer di Jawa Timur.

Tidak hanya bunga Sakura saja, kamu bisa menemukan banyak spot yang dibuat menyerupai negara Jepang. Kalian juga dapat menggunakan kostum ala orang Jepang seperti kimono lengkap dengan aksesorisnya.

Baca Juga:

Aktivitas Seru Di Istana Sakura Blitar

Blitar sangat terkenal akan makam pahlawannya yakni Bung Karno dan keindahan pantainya. Selain destinasi tersebut ada pula Istana Sakura Blitar. 

Letaknya di wilayah kabupaten dengan konsep Jejepangan. Penasaran dengan aktivitas apa saja yang bisa kamu lakukan disini? Cek selengkapnya dibawah ini !

Berfoto Selfie Ala Jepang

(Detik)

Terdapat banyak spot foto yang instagramable di Istana Sakura. Hampir di setiap sudut taman bisa dijadikan sebagai spot foto keren. 

Selain replika bunga Sakura dan gunung Fujiyama, salah satu spot foto yang paling populer di antaranya replika istana Jepang. 

Saat masuk ke area ini kesan gaya oriental khas Jepang terlihat jelas pada bagian pintu masuk. Di bagian kanan dan kiri lorong pintu juga dihiasi bunga Sakura.

Ada jembatan merah dengan latar replika istana yang sering dijadikan lokasi selfie. Selain itu ada pula rumah salju, rumah pohon maupun teko raksasa yang menarik sebagai spot foto instagramable.

Penyewaan Kostum

(Shutterstock)

Kurang lengkap rasanya bila tidak mengenakan baju tradisional Jepang ketika berfoto disini. Nah, jika kamu berminat mengenakan pakaian khas Jepang lengkap dengan aksesorisnya bisa menyewanya di counter yang tersedia.

Untuk harga sewa kimono perempuan  serta aksesoris berupa payung hanya dikenai biaya sebesar Rp 20.000. Sementara kimono laki-laki dikenakan tarif sebesar Rp 25.000.

Selain menyediakan kimono atau yukata juga ada pakaian tradisional Korea yakni Hanbok. Ada hanbok untuk kalangan dewasa dan anak-anak.

Berkeliling Menikmati Sakura

(Detik)

Suasana di tempat wisata ini benar-benar mirip seperti di negeri Sakura aslinya. Dari pertama masuk akan langsung disambut oleh banyaknya replika bunga sakura yang berdiri kokoh sepanjang lorong. 

Selain replika bunga Sakura kamu juga bisa menemukan Minka. Minka sendiri adalah rumah khas Jepang yang bagian atapnya terpasang foam mirip salju meleleh.

Selain itu Istana Sakura juga menawarkan wisata edukasi berupa proses pembuatan tahu Jepang dan origami. Origami merupakan seni melipat kertas khas Jepang.

Bermain Air

Disini juga tersedia kolam renang dengan mainan balon raksasa. Jika lelah berkeliling kamu bisa duduk dulu di bangku sekitar kolam renang.

Tak jauh dari kolam terdapat miniatur kincir angin yang bisa dijadikan spot foto selanjutnya. Luas area wisata ini sekitar 2 hektar dan setiap sudutnya punya ikon tersendiri.

Wisata Kuliner

(Pexels)

Untuk lebih merasakan sensasi seperti benar-benar berada di Jepang, jangan lupa mencicipi aneka kuliner khas negeri Sakura. Kamu bisa beristirahat dulu di café yang tersedia disini. 

Rata-rata harga per porsinya ditawarkan sekitar Rp.15.000 saja. Kamu bisa merasakan takoyaki, ramen dan lainnya.

Lokasi dan Rute

Destinasi wisata ini berada di desa Kemloko, kelurahan Sidodadi, kecamatan Garum, kabupaten Blitar, provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada dekat dengan wisata Candi Penataran yang ada di kecamatan Nglegok.

Dari sana kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 20 menit. Jaraknya sendiri sekitar 10 km saja dan bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Kamu juga bisa menuju lokasi Istana Sakura Blitar dengan mengikuti Google Maps di bawah ini!

Bila kamu naik kereta api maka bisa turun langsung di stasiun Garum. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek. 

Apabila dari pusat kota Blitar khususnya makan Bung Karno perlu waktu 30 menit menuju lokasi ini. Kamu bisa naik bis dari terminal kota Blitar atau Hotel Herlingga Jaya kemudian turun di depan stasiun Garum.

Setelah itu lanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Dari stasiun Garum jaraknya hanya sekitar 7 km saja.

Jam Operasional dan Tiket Masuk Istana Sakura Blitar

(Pexels)

Tempat ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Objek wisata buka setiap hari. 

Untuk dapat masuk kawasan ini dikenakan tiket masuk sekitar Rp.10.000 per orang. Adapun biaya lainnya yaitu untuk parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp.5.000 baik itu kendaraan roda dua atau roda empat. 

Fasilitas yang tersedia disini diantaranya adalah mushola, toilet, galeri oleh-oleh hingga food court.

Jika ingin mengikuti paket edukasi berupa kelas origami atau proses pembuatan tahu perlu mengeluarkan biaya Rp. 20.000 untuk dua kelas tersebut.

Kamu juga bisa mendapatkan informasi penawaran terbaik melalui Instagram pengelola yakni @istanasakura_blitar. Untuk kebutuhan tiket kolektif dan informasi lainnya juga bisa menghubungi 082234762616.

Bagaimana jika ke Blitar apakah kamu tertarik mengunjungi Istana Sakura Blitar ini? Selain tiket masuknya terjangkau, tempat wisata ini juga sering jadi langganan foto pre wedding lho!

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah