Info Area

Gunung Sindoro

Gunung Sindoro adalah salah satu gunung yang ada di Temanggung. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 3.150 mdpl. Ia juga termasuk dalam gunung berapi aktif yang ada di Jawa Tengah tepatnya berada di Temanggung.

Letaknya bersebelahan dengan Gunung Sumbing dan dapat terlihat jelas dari Puncak Sikunir. Wisata Jawa Tengah ini tak hanya menampilkan keindahan alam Temanggung dari ketinggian saja namun memiliki wisata kawah yang memukau.

Berikut jalur pendakian gunung Sindoro beserta sekilas informasinya yang bisa kamu simak dibawah ini!

Informasi Gunung Sindoro

(Shutterstock)

Gunung Sindoro memiliki kawah disertai dengan tebing yang berada di sisi barat laut di selatan gunung. Kawahnya yang paling besar disebut Kembang.

Kawah Gunung Sindoro ini memiliki lava kecil dan menempati puncak gunung berapi. Letusan di Sindoro sebagian besar berjenis ringan hingga sedang atau bisa disebut erupsi freatik.

Sindoro dikenal memiliki berbagai tipe hutan. Diantaranya hutan bukit dipterocarp, hutan dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan ericaceous atau hutan gunung. 

Gunung ini juga menyimpan sebuah misteri. Konon katanya jika ada pendaki yang melakukan hubungan tak senonoh di gunung atau membuang sampah dan melakukan hal-hal yang kotor akan sulit menemukan jalan kembali.

Baca Juga :

 Lokasi dan Rute Gunung Sindoro 

Gunung Sindoro terletak di Desa Katekan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Jika dari Jakarta bisa menggunakan bus jurusan Wonosobo Serambi.

Kamu juga bisa beristirahat dulu disini jika lelah karena wisata Wonosobo terkenal hits dan memiliki destinasi kekinian.

Setelah itu kamu bisa turun di Jalan raya Wonosobo-Parakan. Disini ada banyak transportasi umum 24 jam yang akan siap mengantarkan kamu ke pos pertama pendakian Gunung Sindoro.

Jika kamu datang dari arah terminal Wonosobo maka gunakan bus jurusan Wonosobo-Magelang dan turun saja langsung di Kledung.

Nanti kamu akan menemukan papan nama Basecamp Sindoro dengan Jalur Kledung yang dinamakan Grasindo Sindoro.

Selanjutnya jika datang dari arah Semarang maka dapat turun di Temanggung. Lanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Magelang- Wonosobo dan minta saja turun di Kledung.

Jika bingung kamu bisa mengikuti rute dari Google Maps ini !



Jalur Pendakian Gunung Sindoro 

(Shutterstock)

Ada 4 pos yang akan kamu lalui nantinya untuk bisa mencapai puncak Sindoro. Berikut adalah pos-pos atau jalur pendakian yang akan kamu lewati!

1. Pos Pertama

Pos pertama akan melewati rumah penduduk sekitar yang dikelilingi dengan ladang jalan penuh bebatuan. Di pos pertama ini perjalanan yang bisa kamu tempuh adalah minimal 1 jam trekking.

Kamu bisa menyewa ojek atau berjalan kaki. Waktu tempuh dengan menggunakan sepeda motor adalah 10 menit.

2. Pos Kedua

Pos yang kedua adalah melewati tanah dan berbagai pohon pinus dan rerumputan. Di jalur ini jalan sudah cukup sepi dan tidak ada rumah-rumah penduduk sekitar. Waktu tempuh antara jalur pendakian pos dua ke satu adalah sekitar 1 jam.

3. Pos Ketiga

Pos ketiga adalah pos di mana pendaki bisa mendirikan tenda. Untuk bisa melalui pos 3 memerlukan waktu sekitar 2 jam. Kondisi jalannya  lebih menanjak dan terjal.

4. Pos Keempat

Di pos ini, kamu akan melewati hutan yang telah disebutkan di atas dengan  kondisi pendakian masih sama dengan pos sebelumnya, penuh dengan jalan yang terjal dan menanjak.

Untuk bisa melalui pos empat ini setidaknya memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam hingga mencapai padang Edelweis.

Waktu tempuh yang dibutuhkan dari padang edelweis ke puncak adalah  sekitar  20 – 30 menit. Pastikan kamu mengenakan baju dan jaket yang tebal karena suhu Gunung Sindoro sangat dingin.

Baca Juga :

 Tips Sebelum Mendaki Gunung Sindoro

Jika kamu masih tergolong pemula atau belum pernah mendaki Gunung Sindoro ada baiknya mengikuti beberapa tips dibawah ini! Dengan begitu kamu bisa mencapai puncak tepat waktu.

Jogging

(Pexels)

Jogging adalah salah satu olahraga yang direkomendasikan untuk melatih fisik sebelum pendakian. Dengan jogging kaki jadi terbiasa berjalan jauh dan suhu tubuh tetap hangat.

Bawa Barang Waterproof

Di gunung cuaca sangat sulit untuk diprediksi. Apapun bisa mungkin terjadi apalagi perihal hujan. Ada baiknya barang bawaan yang waterproof misalnya saja jaket, sepatu, tas dan lainnya.

Bahan yang tahan air akan melindungi tubuh sekaligus bahan makanan ketika melewati genangan air. 

Bawa Dua Liter Air

(Pexels)

Ketika mendaki gunung kamu dituntut berjalan ekstra lama. Kadang hingga berjam-jam dan akan mudah mengalami dehidrasi. Jika kondisi ini dibiarkan akan membuat tubuh lelah, sakit kepala, dan bahkan kebingungan.

Di Sindoro cukup sulit untuk menemukan sumber air bersih dan segar. Bawalah air minum sendiri dan pastikan minum saat diperlukan. Air minum ini juga bisa digunakan untuk memasak bahan makanan.

Bawa Makanan Tinggi Karbohidrat dan Protein

Ingat bahwa bahan bakar utama latihan fisik adalah karbohidrat. Kamu akan membakar banyak karbohidrat dan lemak saat mendaki. Bawalah perbekalan yang cukup dan mengandung karbohidrat dan protein. 

Para pendaki biasa membawa mie instan, sosis, aneka minuman sachet dan lainnya. Berfokuslah untuk menjaga tubuh dengan mengkonsumsi karbohidrat yang cukup untuk mengoptimalkan kinerja Anda.

Simpan Sampah 

(Pexels)

Jangan pernah membuang sampah di gunung jadi bawalah plastik agar bisa menyimpan sampah. Hormati lingkungan dan ingatlah bahwa kamu hanyalah seorang tamu di gunung tersebut.

Beberapa tips di atas akan membantu kamu untuk sampai ke puncak Gunung Sindoro.  Jika baru pertama kali mendaki sebaiknya ajak rekan yang sudah melakukan pendakian beberapa kali agar aman dan selamat selama perjalanan.


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor : Nurchalimah