Review Pendakian Gunung Semeru

Dipublikasikan oleh Fahima Inas Malaika dan Diperbarui oleh ∙ 7 September 2021 ∙ 6 menit membaca

Apabila Anda salah satu anggota mapala atau pendakian gunung, maka sudah tak asing lagi dengan istilah gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl ini. Gunung yang berbatasan ddengan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur ini menjadi gunung tertinggi di pulau Jawa sehingga membuat sebagian besar orang tertantang untuk mendakinya.

Selain menjadi gunung tertingg, Gunung Semeru juga menyajikan pemandangan puncak yang menkajubkan. Tak heran jika para pendaki akan merasa terkesan saat tiba di puncak gunung.

Rute Pendakian

Nah jika Anda tertarik mendaki gunung ini, sebaiknya ketahui dulu 2 rute pendakian yang bisa dilalui.

Rute Watu Rejeng-Ranu Kumbolo

gunung semeru meletus
instagram/@haryanto_meidy

Apabila Anda melakukan pendakian menuju Gunung Semeru Watu Rajeng-Ranu Kulombo, Andaakan melewati berbagai perjalanan yang lebih landai yang juga dihadirkan dengan berbagai tumbuhan alang-alang. Tentunya, dengan medan perjalanan yang cukup landai juga membuat Anda memerlukan waktu yang lebih lama.

Baca juga: Review Sisi Lain Gunung Salak

Sebenarnya, rute pendakian Watu Rejeng-Ranu Kulombo memang cocok bagi Anda seorang pendaki pemula dengan medan perjalanan yang tidak terlalu berat. Perlu diketahui bahwa dengan menggunakan jalur atau rute ini maka Anda akan menikmati view hutan pinus dan cemara. Setelah melewati perjalanan 5 km Anda juga akan menyusuri bukit yang banyak ditumbuhi edelweis.

misteri gunung semeru
instagram/@kurniawan_dony

Setelah sampai di Watu Rejeng menuju Ranu Kumbolo, Anda membutuhkan jarak yang ditempuh sepanjang 4,5 km. Apabila Anda sudah sampai di ketinggian gunung Semeru 2400 mdpl maka bisa mendirikan tenda dan menikmati pemandangan cantik di danau Ranu Kumbol. Setelah itu Anda juga akan melewati Oro-oro Ombo, Cemoro Kandang, Pos Kalimati, Arcopodo dan terakhir Puncak Mahameru.

Baca juga: Review [LENGKAP] Gunung Kerinci Dari Rute Hingga Puncak

Rute Pendakian Gunung Semeru Ayek Ayek

Selain menggunakan rute pendakian dari Ranu Kumbolo ternyata Anda juga bisa melwati Puncak Mahameru adalah via Gunung Ayek-ayek. Sebenarnya, rute yang satu ini memang lebih membutuhkan waktu yang singkat tetapi ternyata jalanannya sangat curum sehingga biasanya hanya digunakan oleh masyarakat lokal saja yang sudah biasa melewati perjalanan tersebut.

gunung semeru orang lain juga menelusuri
instagram/@afriza_f.a

Perjalanan pendakian menuju Gunung Semeru via Ayek-Ayek dapat dilakukan melalui perjjlanan desa Ranu Pane yang melintasi kebun sayuran penduduk perkebunan tanaman bawang, kubis dan kol.

Setelah melewati perkebunan masyarakat ternyata Anda harus melewati hutan dan berbagai jalan yang curam. Apabila sudah mendekati puncak gunung Ayek-Ayek terdapat pohon cemara.

Di pegunungan Ayek-Ayek juga terdapat pemandangan yang sangat bagus dan mempesona. Nah, setelah itu Anda memang harus melintasi tanjakan curam kemudian juga harus kawasan Pangonan Cilik dalam waktu kurang lebih 45 menit. Setelah itu, Anda baru akan sampai di danua Ranu Kulombo yang dijadikan sebagai tempat peristirahatan sebelum sampai di puncak Meru.

Tempat Yang Paling Populer Di Semeru

kelaspintar.id

Ternyata tidak hanya puncak Mahameru yang memiliki pemandangan alam sangat menakjubkan, tetapi ketahuilah bahwa dalam melakukan perjalanan melewati beberapa rute Anda juga akan disajikan beberapa tempat yang paling populer di Semeru, ini dia beberapa tempat indah yang akan dijumpai dalam perjalanan menuju puncak Mahameru.

Baca juga: Review [LENGKAP] Gunung Papandayan Jawa Barat

1. Ranu Pani

Perlu diketahui bahwa Ranu Pani merupakan salah satu pos terakhir yang akan Anda jumpai ketika mendaki ke puncak Gunung Mahameru. Keindahan alam yang dimiliki oleh Ranu Pani yaitu danau vulkanik dengan ketinggian 2100 MDPL yang memiliki pemandangan pemandangan danau dengan pohon hijau rindang yang sangatlah indah.

tribunnews.com

Sebagai pos terakhir, Ranu Pani juga sering kali dijadikan sebagai tempat peristirahatan para pendaki. Nah, ketahuilah bahwa Anda bisa melakukan sewa peralatan camping untuk mendirikan tenda di Ranu Pani. Di pagi hari ketika matahari terbit Anda bisa melihat pemandangan sunset yang sangat menakjubkan.

penunggu gunung semeru
instagram/@haryanto_meidy

Dengan beningnya air danau tentunya akan sangat memberikan pemandangan mata menjadi sangat menyegarkan dengan nuansa yang menyejukkan. Oleh karena itu, Ranu Pani juga menjadi salah satu tempat yang seringkali menjadi tujuan banyak wisatawan.

2. Oro-Oro Ombo

Apabila Anda melakukan pendakian menuju gunung Semeru maka akan menjumpai tempat indah yang bernama Oro-Oro Ombo. Nah, ketahuilah bahwa tempat yang satu ini Ini spot favorit pendaki untuk berfoto. Nah, sebagai salah satu keindahan Gunung Semeru tempat ini merupakan padang savana yang sangat luas.

yukpiknik.com

Nah, ketahuiah bahwa suatu musim membuat pandang savana yang memiliki pemandangan bunga lavender berwarna ungu sehingga sangat indah untuk lahan atau tempat berfoto. Tentunya, keindahan taman bunga lavender yang satu ini memang memiliki pemandangan yang sangatlah indah untuk berfoto sehinga menciptakan moment tak terlupakan.

3. Ranu Kumbolo

Perlu diketahui bahwa Ranu Kumbolo merupakan salah satu tempat yang memiliki keindahan danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau Ranu Kumbolo memiliki luas area sekitar 15 hektar yang cukup luas. Bahkan, di pinggiran danau ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat camping dengan pesona alam yang indah.

nativeindonesia.com

Bagi pendaki Gunung Mahameru tentunya sudah tidak asing lagi dengan nama tempat Ranu Kumbolo karena di tempat yang satu ini memang memiliki pemandangan yang sangat indah. Dari setiap rute perjalanan menuju gunung Mahameru maka akan menjumpai Ranu Kumbolo yang menjadi tempat wajib dikunjungi menuju puncak Semeru.

Baca juga: Ranu Manduro Mojokerto | Lokasi dan Spot Foto 2022

4. Tanjakan Cinta

travel.tribunnews.com

Sudahkah Anda mengetahui bahwa rute menuju pendakian gunung Semeru yaitu adanya Tanjakan Cinta yang berupa jalan setapak menuju bukit yang memiliki kemiringan sekitar 45 derajat.  Di tanjakan ini Anda juga dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah sehingga Anda juga dapat mengabadikan moment dengan berselfie di tanjakan cinta.

5. Kalimati

merdeka.com

Selanjutnya Kalimati juga menjadi salah satu lokasi transit para pendaki sebelum menuju puncak Semeru. Nah, Kalimati sebenarnya merupakan salah satu sungai yang tidak berair. Namun, aliran air sungai ini ada hanya ketika musim hujan, ketahuilah bahwa aliran sunga Kalimati memang menyatu dengan aliran lahar Semeru.

Di daerah Kalimati tersebut terdapat padang rumput dengan tumbuhan semak yang memiliki hamparan padang bunga edelwise yang sangat luas.

6. Puncak Mahameru

blog pendakian gunung semeru
@goandred

Sebelum sampai di puncak di Mahameru ternyata Anda juga dapat melihat Archapadha sebagai titik Mahameru yang memiliki keindahan dari pohon hijau di sekitarnya.

Baca juga: Bukit Kuneer Malang | Foto, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Bahkan di tempat ini Anda juga bisa menjumpai Arca tetapi tidak semua orang dapat menjumpainya.

tribunnews.com

Perlu diketahu bahwa keindahan pucak Semeru dapat dilihat dari bagian kawah \\\\\\\”Jonggring Saloko\\\\\\\” yang setiap 10-15 menit sekali dapat menyemburkan batuan vulkanis yang sudah didahului asap yang membumbung tinggi di atas awan.


Temukan pilihan rumah di Surabaya atau info perumahan baru di Surabaya melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.