Info Area

Mendaki Gunung Merbabu

Mau mendaki Gunung Merbabu? Tapi bingung menentukan jalur pendakiannya? Simak ulasannya berikut ini.

Gunung Merbabu merupakan sebuah gunung yang berada di wilayah timur kota Jawa Tengah yaitutepatnya di daerah Boyolali.

Gunung yang memiliki ketinggian 3142 mdpl ini merupakan sebuah gunung yang memiliki hamparan padang savana yang indah dan menganggumkan.

Berada di  wilayah kabupaten Magelang, Boyolali, Salatiga dan juga Semarang ini menjadikan Gunung Merbabu sebagai gunung favorit yang banyak disukai oleh para pecinta alam.

Letak gunung merbabu yang saling berdekatan dengan Gunung Merapi ini menjadikan pemandangan di puncaknyamenjadi lebih indah dan sangat memanjakan mata.

Baca juga: Review Gunung Kelud di Jawa Timur

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Untuk dapat mendaki Gunung Merbabu sendiri terdapat 5 jalur pendakian yang berbeda-beda. Pada setiap jalur pendakian memiliki berbagai pemandangan dan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 5 jalur pendakian Gunung Merbabu yang bisa kamu lewati.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu
instagram/@al_ansharr

  1. Jalur Pendakian Via SELO (Boyolali)
  2. Jalur Pendakian Via Suwanting  (Magelang)
  3. Jalur Pendakian Via Wekas  (Magelang)
  4. Jalur Pendakian Via Gancik  (Magelang)
  5. Jalur Pendakian Via Tekelan (Kopeng, Salatiga)

D antara jalur pendakian di atas jalur via SELO adalah yang paling populer dan paling banyak di gunakan oleh para pendaki. Selain medannya yang paling mudah, pendakian gunung merbabu jalur SELO ini juga cocok banget untuk pemula.

Gunung ini memiliki 5 pos untuk sampai kepuncak tertinggi yaitu kenteng songo. Dari basecamp ke POS 1 kamu akan melewati pereng putih yang medannya lumayan terjal. Dari Pos 1 ke Pos 2 kamu akan melewati hutan rindang untuk sampai ke Pos 3.

Dari Pos 3 menuju Pos 4 kamu dituntut harus lebih berhati-hati dalam melangkah karena kamu melewati jalan menanjak dengan kecuraman yang cukup tajam. Kemudiandari pos 4 ke pos 5 kamu akan melewati bebatuan yang terjal dan licin. Tapi tidak perlu khawatir, karena selama perjalanan kamu akan di suguhkan dengan pemandangan alam dan padang savana yang menakjubkan. Tarif biaya masuk Gunung Merbabu juga hanya sebesar 15.000/orang

Tips Mendaki Gunung Merbabu 

Memiliki puncak tertinggi 3142 mdpl dengan view alam pulau jawa yang begitu indah dan juga hamparan padang savana yang menakjubkan membuat gunung merbabu ini tidak pernah sepi dari para pecinta alam dan pendaki gunung dari berbagai wilayah di Indonesia.

detik.com

Sebelum memutuskan untuk mendaki, mungkin ada beberapa tips yang perlu kamu persiapkan, yaitu:

1. Persiapan Fisik yang Prima

Memiliki puncak tertinggi 3142 mdpl membuat kita membutukan kondisi yang prima sebelum mendaki gunung. Belum lagi udara dingin yang menusuk tulang dan letihnya dalam menyusuri jalan setapak, membuat kita harus memiliki kondisi fisik yang prima dan sehat sebelum mendaki.

2. Perisiapan Bekal/ Logistik yang Cukup

Bekal atau logistik menjadi hal yang wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Ketika kamu mendaki gunung, bawalah bekal yang banyak seperti minum, makanan dan juga madu agar kamu tidak dehidrasi atau kelaparan pada saat perjalanan.

Baca juga: Pesona Alam Gunung Pilar Anyer Banten

3. Membawa Perlengkapan Outdoor yang Lengkap

Gunung Merbabu terkenal sebagai salah satu gunung yang memiliki suhu di atas rata-rata di banding pada gunung-gunung lainnya.

ungarannews.com

Mempersiapkan perlengkapan seperti selimut, sleeping bag, kaos kaki, ketu dan perlengkapan lainnya yang dapat menghangatkan tubuh kamu supaya tidak terkena hypotermia.

4. Pilihlah Jalur yang Paling Mudah

Jika kamu adalah seorang pendaki yang baru atau baru pertama kali mendaki gunung, pilihlah jalur yang paling mudah yaitu SELO. Selain mudah pemandangan di jalur ini juga sangat indah dan sangat memanjakan mata.

5. Berdoa & Izin Orang Tua

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaki gunung, mintalah izin kepada orang tuamu agar kami mendapat ridhonya ketika kepergianmu. Jangan lupa berdoa agar kamu di berikan keselamatan dan kemudahan pada saat mendaki gunung.

Selain itu, kamu juga harus lebih berjaga-jaga dan jangan lupa membawa gembok untuk mengunci tenda kamu agar bekal logistik yang kamu bawa tidak di ambil oleh beruk atau kera-kera yang masih berkeliaran di tempat ini.

Baca juga: Review Sisi Lain Gunung Salak

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Gunung Merbabu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat di jadikan sebuah referensi bagi kamu yang tertarik mendaki. Selamat mencoba!


Temukan pilihan rumah di Magelang atau info perumahan baru di Magelang melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.