Info Area

Rekomendasi Wisata di Gunung Kidul yang Wajib Dikunjungi

Di provinsi daerah Istimewa Yogyakarta terdapat salah satu kabupaten bernama Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Laut Selatan dan Samudera Pasifik. Gunung Kidul sebenarnya merupakan salah satu wilayah dataran tinggi yang memiliki nuansa alami. Bahkan, wilayah yang satu ini juga masih kental dengan tradisi dan budaya jawanya.

Nah, selain menjadi daerah yang masih bernuansa tradisi Jawa, ternyata kabupaten Gunung Kidul memang sudah sangat terkenal dengan pesona alam dari dataran tinggi, deretan pantai, dan juga berbagai objek wisata alam yang menawan.

6 Wisata Gunung Kidul yang Populer

Kalau kamu sedang berwisata ke Jogja, jangan lupa untuk berkunjung ke beberapa kawasan wisata Gunung Kidul berikut in

Terdapat banyak tempat wisata Gunung Kidul yang sangat recomended untuk para wisatawan dari destinasi pantai, goa, dan masih banyak yang lainnya. Tentunya, dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di gunung kidul akan membuat liburan Anda menjadi lebih nyaman dan aman.

Goa Pindul

Goa Pindul
instagram / @joeadimara_

Goa Pindul merupakan salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang memiliki keunikan dari sungai di lorong goa yang bisa ditelusuri oleh para wisatawan. Di tempat wisata hits Jogja ini, kamu dapat menyusuri sungai di bawah tanah dengan  keindahan stalaktir yang berada di langit-langit yang sudah di pandu oleh peralatan rafting sehingga dapat memberikan keamanan untuk para wisatawan.

sejarah gua pindul
instagram / @goapindul

Apabila Anda mengunjungi Goa Pindul maka dapat menjumpai tiga zona yang berbeda dari zona terang yang memiliki banyak kelelawar, zona remang yang menjadi peternakan walet, dan juga zona gelap abadi yang tentunya tidak terang atau sangat gelap.

Goa Jomblang

Goa Jomblang
instagram / @arianfatoni

Berikutnya, Anda juga menikmati keindahan pesona alam goa Jomblang di Wonosari Gunung Kidul yang memiliki gua bawah tanah dengan fenomena sinar matahari yang menembus ke dalam goa. Sinar tersebut kemudian jatuh di atas batu sebagai cahaya yang sering disebut sebagai sinar cahaya surga.

Baca juga: 25 Rekomendasi Museum di Jogja

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul
instagram / @ilza_agung

Wisata Gunung Kidul memang memiliki berbagai destinasi air terjun dengan pesona alam yang sangatlah indah. Perlu diketahui bahwa air terjun setinggi 50 meter memang membuat tempat wisata alam ini memiliki aliran air yang membelah belah bagian tebing. Nah, Anda bisa menyusuri aliran air tersebut dengan menggunakan rakit.

Tentunya dengan pemandangan pesona alam yang sangat indah dari Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul ini memang membuat para wisatawan dapat menciptakan momen yang tak terlupakan.

Puncak 4G Gunung Kidul

puncak 4G
kabarhandayani.com

Dengan sensasi puncak awan biru yang sangat bagus dan menawan, Puncak 4G ternyata memang memiliki view yang menarik sehingga sangat cocok dijadikan sebagai view foto. Tentunya Anda penasaran apa itu puncak 4G? Jadi nama puncak tersebut diambil dari nama lokasinya yaitu Gunung Gentong, Gedangsari Gunung Kidul.

Tentunya dengan nama yang cukup unik tersebut memang membuat para wisatawan lokal ataupun dari berbagai mancanegara ingin mengunjunginya. Nah, kethauilah bahwa puncak 4G Gunung Kidul tidak hanya memiliki keindahan dari puncak awannya tetapi juga dari keindahan sunrise dan sunsetnya.

Baca juga: 10 Pasar di Jogja yang Lengkap dan Unik

Gunung Api Purba Keruk Gunung Kidul

wsrentaljogja.com

Tidak hanya memiliki tempat wisata bernuansa pantai, air terjun, ataupun goa ternyata di Gunung Kidul juga terdapat gunung Api Purba Keruk yang menyajikan pesona sunset dan sunrise yang sangat menakjubkan. Dengan demikian tentunya akan membuat Anda mampu memiliki momen tak terlupakan.

Selain menyimpan nuansa sunset dan sunrise yang sangat mempesona, Anda juga dapat melihat pemandangan alam yang indah ditambah dengan adanya bebatuan unik yang sejak lama dijadikan sebagai tempat mistis untuk bertapa  sebagai gunung yang ada sejak jaman purba.

Pantai Krakal Gunung Kidul

Pantai Krakal Gunung Kidul
instagram / @jordhammond

Salah satu pantai Gunung Kidul ini menawarkan keindahan dari tebing tinggi dengan pahatan alami. Dengan tambahan deburan ombak yang sangat indah ditambah pasir cantiknya memang memuat para wisatawan semakin betah berada di pantai yang satu ini.

Tentunya, dengan pesona alam pantai Krakal maka dapat menciptakan momen atau suasanna romantis dengan pasangan.

Baca juga: 31 Kuliner Paling Enak di Jogja & Sekitarnya

Itulah beberapa tempat wisata Gunung Kidul yang bisa kamu nikmati pesona alamnya. Jangan lupa unggah foto-foto kerenmu di media sosial, ya. Selama berlibur!

Source feature image: rentalmobiljogja.id


Temukan beragam pilihan rumah di Yogyakarta atau info perumahan baru di Yogyakarta melalui Aplikasi Pinhome. Segera daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academyby Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.