Info Area

Gunung Kelud

 

 

Gunung Kelud Jawa Timur Merupakan Gunung Merapi Paling Aktiv di Indonesia dan juga Gunung Merapi yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat memanjakan mata.

Gunung Kelud atau dalam bahasa jawa disebut sebagai kelut, dalam bahasa belanda Klut, Cloot, Kloet apapun sebutannya Gunung Kelud adalah salah satu gunung berapi aktif yang berada di wilayah Jawa Timur.

Menurut sejarah gunung ini juga menjadi salah satu gunung berapi paling aktif yang ada di Indonesia. Tercatat sejak 1000 M Kelud sudah meletus kurang lebih 30 Kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Skala Richter.

Baca Juga: Candi Penataran

Galeri Gunung Kelud Jawa Timur

status gunung kelud 2020
(Instagram/@nikonindonesia)

info gunung kelud 2019
(Instagram/@desirahmawati_fp)

gunung kelud 2019
(Instagram/@suryomulyo6)

Informasi Gunung Kelud Jawa Timur

Gunung Kelud Jawa Timur
LokasiRinginrejo, Karangrejo, Kec. Garum, Blitar, Jawa Timur
Harga TiketRp. 5.000
Reservasi
StatusGunung Merapi Aktiv
Terakhir MeletusTahun 2014
Siaga BencanaYa
MapsMaps

Pada dasarnya, gunung ini masuk ke area Blitar dan Kediri. Sejak Letusannya 5 tahun silam kini Gunung Kelud semakin menunjukan keindahan alamnnya yang sangat mengaggumkan.

Namun dibalik keindahan ini tersimpan bahaya yang juga sangat besar.

Setelah letusannya, ia menumbuhkan sebuah anak gunung yang berupa kawah dan apabila gunung ini meletus kembali, maka akan tumpah begitu banyak massa lahar yang akan menghanguskan apa saja apa yang di lewatinnya.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud Jawa Timur
HTM 1 Orang WeekdaysRp. 5.000
HTM 1 Orang WeekendRp. 10.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000

Keindahan yang disuguhkan oleh gunung ini rasanya tak sebanding dengan biaya yang kita keluarkan.

Namun meskipun gunung ini dikenal atas keindahannya, namun tetap perlu berhati-hati agar nantinya tidak terjadi hal hal yang tidak di Inginkan.

Fasilitas

Sebagai salah satu gunung yang cukup ramai didatangi wisatawan, Kelud sudah punya fasilitas memadai seperti:

  • Mushola
  • Toilet
  • Parkir
  • Gazebo
  • Spot Foto
  • Warung
  • Tempat Penyewaan Tenda

Fasilitas yang disedikan oleh pemerintah setempat terhadap wisata gunung ini sudah cukup lengkap ko teman-teman. Saat ini juga semua fasilitas tersebut masih dalam keadaan baik dan layak pakai, jadi aman.

Baca Juga: 13 Makanan Khas Kediri yang Harus Kamu Coba!

Lokasi

Gunung ini berada di desa Ringinrejo, Karangrejo, Kec. Garum, Blitar, Jawa Timur.

Anda juga bisa mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Rute Perjalanan Menuju Kelud

(Liputan 6)

Rute ke Gunung Kelud bisa kamu capai dari Blitar maupun Kediri. Namun, rute yang paling banyak diunakan adalah Kediri mulai dari Kediri => Pesantren => Wates => Ngancar => Desa Sugihwaras => Sampai ke Gunung Kelud. 

Untuk dapat sampai ke puncak Kelud kamu tidak perlu bingung, bahkan saat ini kita bisa naik ojek dari area basecamp sampai dengan ke puncak. Tapi, kamu yang hobi mendaki boleh banget berjalan kaki sambil menikmati pemandangan sekitar. Bagi kamu yang ingin naik ojek dari bawah sampai puncak maka perlu menyiapkan biaya sekitar Rp. 50.000/ojek.

Gunung ini memiliki tinggi sekitar 1.731 Mdpl, sudah bisa terbayang bukan akan keindahan alam yang disuguhkan dari Gunung Kelud ?

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan perumahan sekunder di Blitar terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash