Info Area

Gunung Batu Jonggol

Obyek wisata alam jadi salah satu destinasi wisata populer di kalangan anak muda. Kini kita bisa lebih mudah melihat banyaknya foto-foto bersebaran dengan background pemandangan yang cantik dan indah. Salah satunya adalah Gunung Batu Jonggol. Penasaran kan dengan obyek wisata satu ini?

Gunung Batu Jonggol Review

Ini adalah sebuah gunung yang berada di Desa Sukaharja, Bogor, Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian setinggi 875 Mdpl. Kebanyakan orang lebih mengenal gunung ini dengan sebutan Gunung Batu Jonggol.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang belum tahu bahwa Sukamakmur menjadi Kecamatan sendiri yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Jonggol. Lokasinya yang tidak dilewati oleh tranportasi umum, membuat gunung ini kurang diketahui oleh para wisatawan.

Namun, kamu yang memiliki rumah di Bogor, pasti setidaknya pernah mendengar nama Gunung Jonggol.

Trek yang dimiliki gunung ini cukup menantang, sehingga cocok digunakan untuk para pendaki yang masih pemula. Meski begitu, para pendaki harus selalu berhati-hati dan waspada saat melakukan pendakian.

Baca Juga: Review [LENGKAP] Taman Safari Bogor

Kegiatan di Gunung Batu Jonggol Bogor

Ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di Gunung Batu. Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di tempat ini:

1. Berpetualang di Gunung Batu Jonggol

(Unsplash)

Bagi para pecinta alam tentunya tidak akan berfikir dua kali untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Berpetualang di Gunung Batu Jonggol merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Area sekitar gunung yang masih sangat asri membuat semangat petualangan anak muda semakin membara.

2. Berfoto di Puncak Gunung Batu Jonggol

(Unsplash)

Dari atas Puncak Gunung Batu ini kamu bisa melihat keindahan pemandangan yang berada di bawah dan sekeliling gunung ini. Hamparan tanah hijau dan warna langit biru sangat cantik dijadikan sebagai latar belakang foto.

Selain bisa berfoto di puncak gunung, kamu juga bisa berfoto ketika sedang memanjat gunung. Misalnya saja disela-sela beristirahat ketika sedang hiking. Pemandangan sekitar gunung sangat indah untuk dijadikan upload-an foto terbaru di berbagai akun sosial media.

3. Camping di Gunung Batu Jonggol

(Unsplash)

Kegiatan berikutnya, kamu dan teman atau keluarga bisa melakukan camping, menikmati pemandangan alam sekitar gunung pada malam hari tentunya akan semakin bertambah romantis.

Apalagi jika dihiasi dengan bintang-bintang kecil yang masih bisa dilihat dari pucuk Gunung Batu. Suasana dingin dan segar pun akan membuat kamu betah berlama-lama di tempat ini.

Baca Juga: Camping Gayatri Citeko Bogor, Fasilitas, Rute, dan Harga

4.  Wall Climbing

(Unsplash)

Sebuah olahraga ekstrim namun tidak sedikit peminatnnya ini memang banyak disukai oleh kalangan para pemuda. Nah, ternyata di Gunung Batu Jonggol ini ada spot menarik yang biasa di gunakan untuk olahraga wall climbing. Mencoba climbing dengan pemandangan alam yang memukau tentu menjadi hal yang sangat menarik kan?

Tiket Masuk ke Gunung Batu Jonggol

Untuk bisa memasuki area ini dan melakukan pendakian, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, dan ditambah Rp. 5.000 bagi yang ingin melakukan pendakian. sangat terjangkau bukan?

No.Harga Tiket Masuk
1.Rp.15.000/orang
2.Rp.5.000/Jika melakukan pendakian

Lokasi Gunung Batu

Gunung Batu atau yang biasa dikenal dengan Gunung Batu Jonggol ini berlokasi di Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Tips Berkunjung ke Gunung Batu

Bagi kamu yang berminat datang dan melakukan pendakian di Gunung Batu ini, berikut ini tips berkunjung yang bisa membantu kamu mempersiapkan pendakian.

  • Pastikan kondisi fisik baik, dan perbekalan cukup untuk melakukan pendakian
  • Jangan melakukan pendakian pada saat malam hari. Karena area sekitar Gunung Batu masih rawan begal
  • Jika datang pada saat musim kemarau, pastikan membawa bekal minuman yang cukup dan juga masker, karena rute yang akan dilalui lumayan berdebu.
  • Jika berkunjung pada musim hujan, sebaiknya membawa sepatu trekking karena jalan yang dilalui cukup licin
  • Tempat camp terbaik berada di dekat jalur pendakian, karena lebih dekat dengan pemukiman warga. Namun jika ingin cepat sampai ke puncak bisa ambil Shelter II
  • Bagi kamu yang ingin ngechamp di Shelter II sebaiknya bawa persedaan air yang cukup. Karena tidak ada mata air. Sedangkan untuk mereka yang mendaki dengan system tek-tok bisa bawa air minum 1 botol besar per dua orang
  • Untuk yang mendaki pada malam hari harus membawa senter, dan headlamp serta lotion anti nyamuk.
  • Waktu terbaik untuk summit attack untuk yang ngechamp di Shelter II yaitu sekitar pukul 04.00 WIB, sedangkan untuk yang bermalam di ladang milik warga pukul 03.00 WIB, supaya tidak tertinggal keindahan pemandangan yang ditampakkan oleh sunrise dari puncak Gunung Batu Jonggol.
  • Setelah melewati Shelter II pendaki harus lebih berhati-hati
  • Dan jika sudah sampai puncak perhatikan rombongan pendaki lain. Dan usahakan tidak terlalu lama berada di puncak karena area puncak tidak terlalu luas, dan sekeliling puncak berupa jurang yang dalam

Villa/Penginapan Dekat Gunung Batu Jonggol

Untuk kamu yang ingin berlama-lama menikmati liburan di kota ini, berikut ini daftar villa yang berada dekat dengan obyek wisata Gunung Batu.

No.Villa/PenginapanAlamatNo.Telepon
1.Villa Gunung BatuSingajaya, Kec. Jonggol, Bogor, Jawa Barat 16830
2.Villa Taman Gunung BatuJalan Gunungbatu, Sukaharja, Sukamakmur, Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 168300817-0111-152
3.Villa Hijau Gunung BatuJl. Wanajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 168300898-8557-473
4.Villa HegarmanahJl. Hegarmanah IV No.18b, Gunungbatu, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16118
5.Villa Saritem Gunung BatuSukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

Itulah informasi sebutar obyek wisata Gunung Batu yang semoga bisa bermanfaat untuk liburan kamu tahun ini.

Baca Juga:


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah sekunder di Kabupaten Bogor terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Info Lebih Lanjut Seputar Kecamatan