Wisata Air Panas di Goa Ergendang Deli Serdang

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 22 May 2021 ∙ 4 menit membaca

Mungkin sebagian besar wisatawan tidak begitu senang mengunjungi goa, namun akan berbeda ceritanya jika Pins telah mengetahui Goa Ergendang Deli Serdang. Goa yang terletak di Sumatera Utara ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk berwisata bersama keluarga. Goa dengan stalagtit yang indah ini juga dapat menjadi spot foto yang keren bagi Pins yang gemar memberikan kegiatan di media sosial.

Selain goa, kawasan Goa Ergendang Deli Serdang juga dilengkapi dengan pemandian air panas yang dapat merelaksasikan otot-otot yang tegang. Jika Pins sudah lama bekerja keras menyelesaikan pekerjaan kantor, Pins dapat menenangkan diri Pins dengan berendam di pemandian air panas dekat goa.

Baca juga: T Garden Medan, Foto, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Goa Ergendang merupakan goa yang sudah lama ada di Sinembah Tanjung Muda dan Hilir, 2 kecamatan yang letaknya paling dekat dari goa ini. Awalnya, goa ini hanyalah goa biasa. Jarang sekali wisatawan baik domestik maupun internasional yang mengunjunginya.

Karena belum terekspos sama sekali oleh khalayak umum, maka warga desa yang paling dekat dari goa yaitu Desa Penungkiren kemudian beramai-ramai untuk memperbaiki goa ini menjadi lebih elok.

kompasiana.com

Akhirnya, mulai dilakukan perbaikan di sekitar Goa Ergendang. Jalan yang sebelumnya tidak rata dan dipenuhi bebatuan sekarang sudah diaspal, sehingga para wisatawan tidak lagi kesusahan untuk mencapai lokasi.

Disamping itu, keadaan goa juga diperbaiki lambat laun. Mulai dari arsitektur, jalan setapak menuju goa, serta sarana dan prasarana goa. Goa yang sekarang juga memiliki pemandian air panas, dimana dulunya tidak ada pemandian air panas.

Dengan adanya pemandian air panas tersebut, banyak warga-warga sekitar kecamatan yang mulai berdatangan. Pamornya pun semakin bertambah ketika orang-orang di sekitar Medan dan Sumatera Utara berbondong-bondong pergi ke Goa Ergendang Deli Serdang untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan memanjakan tubuh untuk beristirahat.

indonesiatraveler.id

Setelah beberapa pembangunan yang dilakukan, ini pun berhasil menjadi goa yang dikunjungi para wisatawan terlebih saat hari libur. Hal tersebut juga membuat ekonomi masyarakat sekitar terbantu.

Di Goa Ergendang Deli Serdang, Pins akan disuguhkan dengan pohon-pohon berwarna hijau yang memenuhi wilayah sekitar goa dan pemandian air panas. Di antara pohon-pohon tersebut, terdapat juga tempat duduk seperti bangku atau tangga bagi Pins yang ingin menikmati angin semilir sembari merasakan kedekatan dengan alam terbuka.

Baca juga: 10 Gunung di Medan yang Cocok untuk Didaki

Jika Pins berdiri di antara tangga, Pins juga akan melihat tempat-tempat yang instagramable hingga membuat Pins ingin mengabadikan momen di sekitar Pins. Selain itu, air panas yang dialirkan ke Goa Ergendang Deli Serdang diambil langsung dari mata air panas di Air Panas Penen yang berada di Deli Serdang sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitas belerang yang terdapat di dalam air panas yang dialirkan.

Goa Ergendang Deli Serdang
(Googlemaps/si deliserdang)

Harga Tiket Masuk Goa Ergendang Deli Serdang

Pins perlu menyiapkan uang sebesar Rp 5.000 untuk bisa menikmati keindahan alam di Goa Ergendang. Harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan tempat wisata lain yang tersebar di seluruh Indonesia.

Itulah sebabnya ada banyak sekali wisatawan berkunjung ke wisata goa ini walaupun hari belum menunjukkan waktu liburan. Goa ini dapat dikatakan sebagai short escape bagi mereka yang sedang ingin pergi ke alam bebas namun yang tidak begitu terbuka.

Lokasi Goa Ergendang Deli Serdang

Lokasi lengkap dari Goa Ergendang yakni Penungkiren, Sinembah, Kawasan Tanjung Muda, Kab. Deli Serdang, Sumut. Sebelum pergi ke sana, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu jika wisata ini memang sedang buka atau sesuai jam operasional.

karogaul.com

Rute

Untuk pergi ke Goa Ergendang, Pins dapat mengendarai kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Waktu tempuh ke lokasi pada umumnya sekitar 1 – 2 jam jika berangkat dari Medan, tergantung kepadatan jalan saat itu. Rute yang Pins lewati yaitu berawal dari Medan – Delitua – Jalan Besar Sibiru-Biru – Desa Penungkiren. Pins juga bisa menyewa bus kecil bersama teman-teman jika Pins pergi secara rombongan.

Jam Buka

Goa Ergendang mulai beroperasi mulai dari jam 07.00 – 21.00. Waktu paling ramai sekitar jam 12.00 – 13.00 dan ketika hari Sabtu dan Minggu.

Mendapatkan pengalaman berwisata yang berkesan tidak melulu ke pantai atau gunung. Pergi ke goa juga merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan pemandangan indah nan elok yang dapat menghilangkan seluruh rasa lelah dan menyegarkan pikiran.

Mengunjungi Goa Ergendang bersama keluarga atau teman-teman dapat menambah kebahagiaan karena Pins pergi berwisata dengan orang-orang tercinta. Atau, berwisata sendiri ke lokasi juga merupakan pilihan yang tepat untuk self-healing diri Pins.

Baca Juga:

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah di Deli Serdang atau informasi perumahan baru di Deli Serdang melalui Aplikasi Pinhome. Segera daftarkan properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.