Info Area

Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Masih bingung untuk mengisi waktu libur akhir pekan ini? Kini kamu dapat mengisi waktu libur dengan mengunjungi ekowisata Jatisari Dlingo Bantul. 

Tempat wisata ini menyajikan pemandangan hamparan gunung dan pepohonan hijau. Bagi yang punya rumah di Bantul, pemandangan seperti ini bisa menyejukkan pikiran. 

Bagi yang masih sedikit bingung mengenai lokasi, rute dan harga tiket masuk Ekowisata Jatisari Dlingo di Bantul bisa menyimak ulasan dalam artikel ini.

Pesona Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Bagi kamu yang sudah sering mengunjungi wisata daerah pedesaan Muntuk akan merasakan suasana asri berbeda di Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul. Ekowisata ini menghadirkan pemandangan gunung dan udara yang segar.

Berikut ini merupakan beberapa hal menarik yang bisa kamu dapatkan jika datang ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul. 

Air Terjun

Ekowisata sendiri tidak hanya menyajikan pemandangan pegunungan. Ekowisata satu ini juga memiliki sebuah air tejun yang sangat menarik untuk di kunjungi bersama dengan rekan, kerabat bahkan dengan saudara. 

Suara air terjunnya yang deras beriringan dengan suara burung-burung di sekitar. Airnya begitu jernih sehingga ikan-ikan kecil ikut terlihat jelas. Suasananya tenang dan damai cocok untuk sejenak bermeditasi.

Goa Jatisari

Tak jauh dari air terjun terdapat Goa Jatisari. Panjangnya hingga 350 meter dan bisa ditelusuri secara rombongan. 

Sayangnya untuk menyusuri goa tersebut perlu peralatan yang mendukung. Hingga kini masih terhalang peralatan operasional sehingga penelusuran tidak bisa dilakukan sepenuhnya.

Pada sisi barat terdapat area panjat tebing. Kamu yang hobi panjat tebing bisa pula memanjatnya jika membawa peralatan keselamatan yang cukup. 

Baca Juga :

Beragam Spot Foto Instagramable

(Shutterstock)

Selain dipenuhi dengan kawasan hijau juga tersedia spot buatan untuk berfoto. Diantaranya adalah rumah sasak, rumah segitiga, stone garden bahkan gardu pandang.

Dari gardu pandang akan terlihat jelas pemandangan Bantul secara maksimal. Apalagi jika ingin mengejar matahari terbit di pagi hari. Kawasan hutannya akan diselimuti dengan kabut.

Sementara aneka arsitektur rumah yang dibangun unik. Terbuat dari bahan bambu dan menyatu dengan alam. Cocok sekali sebagai latar foto untuk mengisi feed instagrammu.

Bagaimana menarik bukan tempat wisata ini ? jika tertarik simak juga rute, jam operasional dan tips sebelum ke tempat wisata tersebut.

Lokasi Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Lokasi Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul sendiri berada di daerah Muntuk bantul tepatnya di jalan Gua Jati Sari seropan 3 Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika kamu berasal dari daerah kota Yogya dapat mengambil jalan kearah Dlingo, Bantul. Setelah itu lanjutkan perjalanan ke Tugu cabang ke arah hutan pinus lalu dilanjutkan ke arah Mangunan

Usai melewati kebun binatang Mangunan tinggal ikuti petunjuk yang terdapat di sana untuk mencapai tempat wisata. Bila masih bingung dapat pula mengikuti arahan Google Maps dibawah ini :



Dari Sawang Bowongan, lokasi ini hanya berjarak 3 km saja. Kamu cukup lihat papan di sebelah kanan jalan. Setelah itu masuk gang desa dengan jarak 1 km kemudian ikuti jalan saja.

Jam Operasional Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Ekoswisata Jatisari sendiri memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan daerah puncak Bogor. Untuk mengunjunginya bisa mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Tempat wisata ini buka setiap hari.

Fasilitas yang ada di lokasi diantaranya adalah toilet, tempat parkir yang cukup luas, mushola dan warung makan seadanya. 

Waktu paling pas datang kesini adalah di pagi hari. Mulailah berangkat dari pusat kota Jogja pada pukul 04.00 pagi.  Datang saat musim kemarau sebab jika musim penghujan tiba kawasan goa akan ditutup.

Selain itu jalanannya cukup licin bila hujan turun. Kuliner yang tersedia disini umumnya menjajakan mie instan. Ada baiknya membawa bekal sendiri jika memang tak begitu suka konsumsi makanan instan.

Baca Juga :

Harga Tiket Masuk Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

Tiket masuk disini murah banget kok, cukup menyisihkan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 bagi pengendara mobil. Tiket masuknya sendiri dibanderol Rp. 2.000 per orangnya.

Jika kamu mengendarai mobil Hiace dan Elf yang ukurannya lebih besar dari mobil biasa maka akan dikenakan tarif parkir Rp. 10.000. Bila hendak camping disini akan dikenakan biaya Rp. 10.000. Tarif tersebut untuk biaya kebersihan dan sewa lahan. 

Tips Berkunjung Ke Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul

(Shutterstock)

Kawasan ini masih berupa alam sehingga daya listrik masih terbatas. Pastikan membawa baterai cadangan untuk kamera atau powerbank. 

Apalagi jika bepergian bersama rombongan. Alat elektronik bisa diisi daya hingga penuh sebelum kesini. Gunakan alas kaki yang nyaman dan hindari memakai highwheel.

Kawasan ekowisata umumnya berupa jalan bebatuan. Bawa bekal secukupnya khususnya makanan dan minuman. Bila ingin melihat sunset atau sunrise sebaiknya sewa tenda.

Bawa pakaian yang cukup tebal sebab jika dini hari suhu terasa sangat dingin. Jika perlu bawa obat pribadi untuk berjaga-jaga.

Ekowisata Jatisari Dlingo Bantul merupakan kawasan hutan yang lengkap dengan berbagai spot wisata alam. Kamu bisa menemukan air terjun, goa bahkan tersedia berbagai spot menarik untuk foto.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock