Info Area

Dago Tea House Bandung, Spot Wisata Menarik Peninggalan Kolonial

Dago Tea House merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan Bandung Utara. Bandung Utara merupakan dataran tinggi dengan udara sejuk, ini membuatnya menjadi salah satu destinasi pilihan untuk berlibur.

Dago tea house (rumah teh Dago) adalah tempat bersejarah yang dijadikan sebagai tempat minum teh para kolonial Belanda. Setelah melewati proses yang panjang, tempat ini kemudian menjadi ikon rumah budaya bagi Provinsi Jawa Barat.

Di sini, para pecinta kuliner dapat menikmati berbagai masakan kuliner r khas Bandung, Jawa Barat. Suasana yang menyenangkan juga semakin membuat momen kulineran bersama teman atau keluarga menjadi lebih berkesan.

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke sini, yuk simak artikel ini hinggal selesai.

Baca juga: Curug Maribaya | Wisata Air Terjun Lembang

Sejarah Dago Tea House

Sejarah Dago Tea House
(Wisata IDN)

Di tahun 1970, Dirjen kebudayaan Depdikbud terinspirasi oleh kebudayaan di luar negeri sehingga berniat untuk membangun sebuah pusat kebudayaan sekaligus kesenian yang terus berkembang.

Pusat kebudayaan tersebut harus didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai seperti gedung pertunjukan, galeri seni, teater terbuka dan ruang workshop.

Akhirnya setelah melalui proses yang panjang tersebut, dibangunlah Dago Tea House yang berhasil mewujudkan keberadaan pusat kebudayaan tersebut.

Baca juga: Taman Bunga Cihideung Bandung 2021

Fasilitas Dago Tea House

Fasilitas Dago Tea House
(Elf Bandung)

Sebagai tempat wisata terpadu, Dago mempunyai berbagai
fasilitas menarik seperti:

1. Arena Panggung Terbuka

Panggung ini terdiri dari dua buah tribun yang kapasitasnya mencapai lebih dari seribu  orang. Arena panggung terbuka digunakan untuk pertunjukan teater pentas seni tradisional khas Jawa Barat.

Tak jarang kalau sering digunakan untuk jaipongan,
karawitan, angklung, pantun bubun, sandiwara, tembang sunda, kuda lumping
wayang golek dan pertunjukan lainnya.

2. Teater Tertutup

Wahana ini sering menampilkan atraksi pertunjukan musik dan juga film sehingga sangat cocok untuk pecinta film dan musisi. Bahkan wahana tersebut juga menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda di Bandung.

3. Teater Taman

Dago Tea House juga mempunyai
wahana Teater Taman. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan sambil menikmati
keindahan alam.

4. Gallery Pameran

Gallery Pameran sering digunakan
sebagai tempat pameran seni rupa, lomba dan diskupi. Gallery terdiri dari dua
buah ruangan yaitu depan dan di belakang. Dulu galeri ini dikenal dengan “roemah
teh”

5. Sanggar Seni Tari

Wana ini digunakan khusus untuk
pelatihan tari Jawa Barat (jaipongan). Bagi kamu yang suka dengan seni tari dan
ingin berlatih dapat berkunjung ke sini.

6. Perpustakaan

Kamu yang gemar membaca perpustakaan menjadi tempat paling dibutuhkan bukan? Dago Tea House juga menyediakan ladang buku yang bisa kamu kunjungi. Perpustakaan ini mengoleksi beragam jenis buku tentang seni dan budaya.

7. Guest House

Objek wisata tak jauh dari penginapan. Kamu yang seharian berjalan juga bisa memanfaatkan fasilitas ini. Tempat wisata ini menyediakan tempat peristirahatan untuk para pengunjung Taman Budaya Bandung, Jawa Barat.

8. Cindera Mata

Kamu juga bisa mengkoleksi beragam
cindera mata, baik kerajinan tangan, lukisan, wayang golek dan lain sebagainya.

Event Dago Tea House

Destinasi wisata ini juga rutin melakukan aktivitas pertunjukan seni tradisional khas Sunda.

Pertunjukan rutin di sini yaitu berupa kesenian tarian khas Jawa Barat diantaranya jaipongan, seni karawitan, angklung, pantun bubun, sandiwara, tembang sunda, kuda lumping, wayang golek dan lain sebagainya.

Setiap pergantian tahun juga menghadirkan event bajidoran, pentas musik artis papan atas tanah air.

Apa saja kegiatan Event 2019 yang ada di Dago Tea House? Salah satunya adalah Pertunjukan Opera Angklung: Lutung Kasarung Gandrung – Teater Tertutup Dago Tea House, 2 Mei 2019.

Baca juga: Alun-alun Bandung

Restoran Dago Tea House

Restoran Dago
(Garasi Kuliner)

Kamu bisa menikmati beragam menu masakan khas Sunda. Tempat yang disediakan juga sangat nyaman.  Restoran atau cafe di dago ini disebut dengan “cafeteria Boga Kuring” ini menyajikan menu pilihan serba lengkap, diantaranya menu terbaik khas Jawa Barat, menu masakan Nusantara, hingga menu masakan khas Asia dan Western.

Uniknya, keanekaragaman menu masakan di restoran di sini selalu ready stock, jadi Pins tidak perlu khawatir tidak kebagian menu favorit saat berada di sini.

Buat kamu yang ingin berkunjung ke sini, menu makanan yang menjadi buruan sensasi wisata kuliner yaitu nasi liwet, nasi timbel, lalapan, karedok dan nasi goreng khas Bandung.  Selain menu makanan ini, kamu juga bisa menikmati aneka minuman andalan seperti bandrek dan bajigur.

Bagaimana dengan kamu yang suka menu makanan khas Eropa? Kamu tentu bisa menikmatinya tanpa harus keluar negeri. Di sini juga menyajikan makanan olahan daging seperti steak dan lain sebagainya.

Baca juga: Review Lengkap Trans Studio Bandung

Hotel Dekat Dago Tea House

hotel dekat dago tea house
(Agoda)

Buat kamu yang tidak ingin pusing mencari tempat menginap, kamu bisa aja menemukan hotel dekat Dago Tea House Bandung.

Banyak sekali referensi hotel terbaik di dekat wisata ini. Salah satu diantaranya adalah Hotel Wirton Dago. Di sini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 250.000 – 300.00 saja.

Mudah, kan? Masih banyak lagi hotel lainnya yang bisa kamu temukan di sini.

Baca juga: 12 Mall di Bandung

Tiket Masuk Dago Tea House

Buat Pins yang ingin berkunjung ke sini, jangan ragu-ragu untuk berkunjung. Kamu juga bisa mengunjungi objek wisata ini bersama-sama dengan keluarga karena tiket masuk sangat murah dan terjangkau oleh setiap kalangan.

Biaya tiket masuk Kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 1.000.

Bila kamu membutuhkan informasi detailnya terkait tiket masuk, fasilitas harga makanan, minuman dan lain-lain, bisa menghubungi langsung pihak pengurus wisata ini di nomor (022) 2505365.

Baca juga: 7 Rekomendasi Cafe Cantik di Punclut Bandung

Alamat Dago Tea House

Lokasi wisata ini berada di Jalan Bukit Dago Selatan No 53A, Dago Bandung Utara, Jawa Barat.

Pastikan kamu datang lebih awal sebelum lokasi wisata dipadati pengunjung. Dago Tea House dibuka pada hari Senin sampai Minggu dari jam 9 pagi hingga 10 malam.

Akses menuju lokasi Dago Tea House juga tak lagi sulit. Berikut jurusan angkot di Bandung yang melintasi lokasi wisata ini.

  • Dago – Kelapa

  • Riung Bandung – Dago

  • Coroyom – Ciburial

  • Stasiun St Hall – Dago

Penutup

Nah, itu dia ulasan dan pembahasan seputar Dago Tea House Bandung. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian yang ingin mampir ke lokasi wisata ini.

Tak hanya Dago Tea House, Pins juga bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata lain seperti Tebing Keraton yang lokasinya dekat dengan Dago Pakar serta Curug Dago.

Bagi yang ingin berwisata malam di Bandung, kamu bisa berkunjung ke salah satu wisata favorit Bukit Bintang, yang merupakan salah satu spot romantis di Bandung.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah di Bandung terlengkap di daftar properti seperti perumahan di Bandung & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Daisy