Info Area

Review Curug Malela Bandung Barat [Terlengkap]

Curug Malela Bandung Barat menyimpan pesona menarik yang mampu membuat para pengunjung betah berlama-lama. Mengapa demikian? Karena curug malela merupakan curug tertinggi diantara curug lainnya.

Jadi, Curug Malela memiliki tujuh curug masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Sehingga menjadi air terjun favorit warga Bandung dan sekitarnya. Nama Curug ini persis seperti nama tokoh masyarakat setempat yang bernama Prabu Taji Malela.

Tempat wisata di Bandung Barat ini banyak dikunjungi wisatawan berkat keindahan air terjunnya yang luar biasa mencapai ketinggian 60 meter dan lebar 70 meter. Derasnya air membuat suhu di area wisata menjadi sejuk.

Pemerintah Kota Bandung nampak serius dalam mengembangkan pariwisatanya. Sehingga dilakukan pembangunan Curug Malela dengan modifikasi terbaru yang mengeluarkan anggaran mencapai Rp3 Miliar.

Berkat wujudnya yang tinggi dan megah tersebut, banyak orang menjuluki Curug Malela dengan sebutan Niagara mini.

Daya Tarik dan Fasilitas di Curug Malela Bandung Barat

kompas.com

Sebagai salah satu tujuan wisata terfavorit di Bandung Barat, Curug Malela memiliki daya tarik alam khas pegunungan yang asri dan sejuk, sama seperti Curug Cicalengka, Curug Pelangi Cimahi dan Curug Maribaya.

Meluangkan waktu selama beberapa jam untuk menikmati pemandangan sekitar curug dapat membuat pikiran dan mata Anda lebih relaks. Derasnya air yang mengalir dari ketinggian seakan-akan mengajak para pengunjung untuk menceburkan diri ke dalam kolam.

Meski sulit menahan godaan untuk berenang ke kolam curug, Anda harus berhati-hati untuk tidak pergi terlalu jauh sebab medan di sekitar kolam lumayan berbahaya karena aliran air di sungai Curug Malela lumayan deras.

superlive.id

Derasnya air yang meluncur dari tebing setinggi 60 meter bukan satu-satunya daya tarik yang dimiliki Curug Malela. Di area Curug Malela terdapat sebuah gardu pandang yang juga merupakan salah satu tempat foto favorit para wisatawan.

Dari atas gardu pandang, Anda dapat melihat keseluruhan area wisata Curug Malela yang dikelilingi pepohonan hijau dan deretan pegunungan.

Namun, sayangnya, jarak dari gardu pandang menuju air terjun lumayan jauh. Jadi, Anda harus menyiapkan fisik untuk dapat berjalan selama kurang lebih 45 menit.

Beberapa fasilitas umum yang terdapat di area wisata Curug Malela meliputi:

  • Warung dan tempat makan
  • Saung untuk beristirahat dan bersantap
  • Tempat parkiran yang relatif luas
  • Toilet

Rintangan Menuju Curug Malela Bandung Barat

kompas.com

Sebelum menyaksikan megahnya Curug Malela, wisatawan harus mampu menaklukkan medan menuju Curug Malela yang menguras tenaga dan menantang nyali.

Dari Desa Cicadas, perjalanan menuju Curug Malela masih panjang. Ada dua alternatif yang dapat Anda pilih untuk dapat sampai di lokasi air terjun.

Anda dapat memanfaatkan jasa ojek atau berjalan kaki. Pengemudi motor ojek di area menuju Curug Malela tidak segan-segan mematok ongkos hingga ratusan ribu kepada pengunjung. Jadi, kalau Anda lebih suka naik ojek, gunakan kemampuan tawar-menawar yang Anda punya untuk mendapatkan tarif lebih murah.

Nah, kalau ongkos ojek dirasa terlalu mahal, tidak ada alternatif lain selain berjalan kaki. Dari Desa Cicadas, Anda harus rela berjalan kaki selama kurang lebih dua jam.

Pastikan fisik Anda kuat dan perbekalan makanan dan minuman Anda cukup untuk menaklukkan jalan panjang berliku menuju Curug Malela.

Rute Kendaraan Menuju Curug Malela

Untuk menuju Curug Malela, Anda dapat melalui rute dari pintu keluar Tol Padalarang menuju Cimareme, Batujajar, Cililin, Sindangkerta, Gunung Halu, Bunijaya, dan Rongga.

Sesampainya di Desa Cicadas, Anda masih perlu berjalan kaki atau menaiki ojek menuju Curug Malela. Dari pusat Kota Bandung, dibutuhkan waktu setidaknya 3-4 jam untuk sampai ke lokasi objek wisata Curug Malela.

Angkutan Umum Menuju Curug Malela

Meski lokasinya cukup tersembunyi dan sulit diakses, Anda masih bisa menjangkau Curug Malela dengan menggunakan transportasi umum.

Dari Terminal Leuwi Panjang, Anda dapat menggunakan angkutan umum jurusan Cimahi-Cililin. Sampai di Cililin, lanjutkan perjalanan dengan bus mini atau Elf menuju Gunung Halu Buni Jaya. Tiba di Terminal Buni Jaya, Anda dapat menggunakan ojek menuju Desa Cicadas.

Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung Barat

Harga tiket masuk Curug Malela cukup terjangkau. Setiap pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk sebesar Rp10.000 dan ditambah biaya parkir Rp2.000 untuk motor, dan Rp5.000 untuk mobil.

Dari pintu masuk objek wisata terdapat jalan setapak yang sudah dilengkapi papan petunjuk untuk memastikan agar pengunjung tidak tersesat.

Lokasi Curug Malela Bandung Barat

Curug Malela berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Meski memiliki potensi wisata yang cukup besar, Curug Malela relatif sepi jika dibandingkan dengan objek wisata alam lain di Bandung Barat. Lokasinya yang jauh dan jalanan terjal cukup membuat para pengunjung berpikir dua kali untuk ke sana.

Meski demikian, masih banyak pula yang rela menempuh medan terjal dan curam demi menyaksikan indahnya air terjun yang disebut-sebut sebagai Niagaranya Bandung ini.

Tips Berwisata di Curug Malela Bandung Barat

curug malela
photo by: explorerongga

Ada beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan agar perjalanan wisata Anda di Curug Malela tambah menyenangkan:

  • Pastikan kendaraan dalam kondisi prima mengingat medan yang akan dilalui lumayan terjal dan berbahaya.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa bekal makanan dan minuman.
  • Meski jarak dari Desa Cicadas menuju Curug Malela lumayan jauh, Anda dianjurkan untuk melaluinya dengan berjalan kaki agar lebih dapat menikmati suasana dan pemandangan sekitar yang menakjubkan.
  • Jangan berfoto terlalu lama saat di gardu pandang. Hormati pengunjung lain yang juga ingin berfoto di tempat tersebut.
  • Jangan bermain terlalu dekat dengan aliran air terjun. Debit air terjun yang cukup besar bisa membuat Anda kehilangan kontrol.

Hotel Dekat Curug Malela Bandung Barat

Jika kamu ingin berwisata di Curug Malela, Kamu tentu butuh penginapan dekat dengan Curug Malela. Uniknya, di sini kamu dapat menginap, tepatnya di Desa Rongga.

Penginapan dekat Curug Malela ini disediakan oleh masyarakat setempat yang berada di Desa Rongga. Namun, penginapan ini pun masih terlihat sangat tradisional. Meskipun demikian, kamu bisa menikmati keindahan suasana malam di Desa Rongga yang sejuk ini.

Baca juga: Curug Cibareubeuy Subang | Harga Tiket Masuk & Lokasi

Video Curug Malela Cililin Bandung Barat

Video by: Famtastic 4

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Curug Malela Bandung Barat. Air terjun satu ini memang bukan tempat wisata biasa.

Jadi, siapkan fisik dan perbekalan sebelum berangkat menuju Curug Malela agar Anda mampu menaklukkan keindahan air terjun yang terletak di kawasan Gunung Halu ini.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah di Bandung atau info perumahan baru di Bandung melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.PinhomePINtar jual beli sewa properti.