Info Area

Wisata Curug Luhur Bogor | Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Luhur Bogor bisa menjadi pilihan berlibur yang menyenangkan. Meski Kota Bogor termasuk kedalam jajaran kota metropolitan yang ada di Indonesia, nyatanya cukup banyak wisata murah di Bogor yang ramah kantong. Salah satu tempat wisata Bogor yang paling populer adalahCurug Luhur.

Curug Luhur adalah salah satu destinasi wisata alam berupa air terjun yang memiliki keindahan yang luar biasa. Bogor juga memiliki banyak objek wisata alam dan wisata buatan, misalnya Suaka Elang Loji, Kuntum Farmfield, dan Curug Leuwi Hejo. Objek wisata yang ada di Bogor tak jarang mengundang hasrat para masyarakat yang ada di dalam maupun luar kota untuk datang mengunjunginya.

Baca Juga:

Curug Luhur Bogor

Curug Luhur Bogor
(Google Map)

Kota Bogor memang memiliki cuaca yang sejuk cenderung dingin. Maka tak heran banyak para penduduk dari kota besar yang datang ke Bogor untuk menenangkan diri. Curug ini menjadi salah satu destinasi utama para penduduk dari kota besar dan sekitarnya untuk sekedar berwisata dan refresing. Hawa sejuk dan pemandangan indah yang dimilikiCurug ini mampu menyihir para pengunjung untuk betah berlama lama berada di sana.

Air Terjun Luhur termasuk salah satuCurug yang memiliki ketinggian cukup tinggi. Air terjun ini kira-kira memiliki ketinggian hingga 50 meter. Tidak hanya itu, dibawahCurug Luhur juga terdapat kolam yang memiliki luas yaitu 7 meter. Kolam ini terbentuk akibat derasnya pancuran air yang dihasilkanCurug Luhur.

Pada awalnya, kolam tersebut memiliki kedalaman 15 meter. Namun, demi keamanan dan kenyamanan para pengunjung, pengelola Curug ini memutuskan untuk mengurangi kedalaman kolam dengan menambahkan berbagai material seperti batu, tanah, kerikil, dan masih banyak lagi. Saat ini, kedalaman kolam tersebut hanya tinggal 7 meter saja.

Baca Juga: Zam Zam Tirta Bogor

Curug Luhur Bogor
(Travelspromo)

Air terjun ini memiliki air yang sangat dingin. Hal itu membuat para pengunjung betah berlama lama bermain air di Curug ini. Namun bagi para pengunjung yang tidak bisa berenang, disarankan untuk tidak berenang. Pasalnya debit air terjun yang sangat deras dan kolam yang cukup dalam dapat membahayakan diri.

Namun kamu tidak perlu kecewa, karena di area sekitar Curug ini juga terdapat dua kolam renang besar. Kolam renang besar ini cocok untuk kamu yang ingin berenang menikmati dinginnya air pegunungan. Pengelola Curug juga mengambil air kolam renang langsung dari mata air terdekat.

Air tersebut memiliki suhu yang sangat dingin. Bagi yang tidak ingin berenang, kamu bisa bersantai dengan duduk di gazebo atau di taman yang sudah tersedia. Tidak hanya itu, di dekatCurug Luhur juga sudah terdapatCurug kecil hasil buatan warga. Jadi, kamu tidak perlu takut kedalaman, karena Curung ini punya banyak solusinya.

Baca juga: Info Wisata Villa Tirta Arsanta Sentul Bogor 2022

Lokasi Curug Luhur Bogor

Curug Luhur terletak di Jalan Hegarmanah, Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat 16370. Curug ini sebenarnya juga masih satu area dengan Taman Nasional Gunung Halimun. Jarak curug indah ini dari pusat kota Bogor sekitar 21 sampai 22 kilometer saja dan memiliki waktu tempuh selama 60 sampai 80 menit.

Di sela-sela perjalanan dari kota Bogor menuju Air Terjun Luhur, kamu akan disuguhi pemandangan alam yang cukup indah yaitu area pedesaan dengan hamparan sawah hijau yang luas. Jika datang di pagi hari, tak jarang Anda juga akan melihat kabut tebal yang menyelimuti jalan raya.

Google Maps



Jam Buka

Curug indah ini beroperasi mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 waktu Indonesia bagian barat. Curug ini juga buka setiap hari. Jadi Anda yang ingin datang setiap hari juga bisa. Untuk Pins yang ingin mengunjungi destinasi wisata ini disarankan pada musim kemarau, karena disaat musim penghujan, debit air sangatlah deras.

Rute Menuju Curug Luhur Bogor

Ada beberapa rute yang bisa kamu lewati untuk sampai di curug indah ini, seperti:

Rute 1

Jika anda datang dari kota Jakarta, anda bisa melewati kebun raya empang lalu daerah Cikaret, kemudian Ciapus. Rute yangkamu lewati tidak terlalu macet dan padat karena melewati jalur alternatif yaitu perkampungan. Rute ini cocok digunakan bagikamu yang menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor.

Rute 2

Rute yang kedua adalah dari arah Bogor menuju Bogor Trade Mall lalu ke Museum Zoologi, kemudian menuju ke Ciaput. Rute kedua ini bisa dilalui dengan kendaraan umum seperti angkot dan bis antar kota. Namun bagi kamu yang ingin membawa kendaraan pribadi melewati jalur ini juga tidak apa-apa.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan pemandangan yang dimilikiCurug Luhur,kamu harus membayar biaya tiket masuk sebesar 40 ribu per orang. Sangat terjangkau bukan?

Dengan harga 40.000 rupiah, kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam dan pemandangan yang ada. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 8.000 untuk sepeda motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Baca juga: Villa Naga Bogor | Lokasi dan Harga Sewa Terbaru 2021

Fasilitas Curug Luhur Bogor

Selain memiliki pemandangan yang indah, curug ini juga memiliki banyak fasilitas yang lengkap. Kamu bisa menemukan berbagai fasilitas penunjang seperti area parkir yang luas, toilet umum yang bersih, musholla, ruang bilas, gazebo, cafe dan beberapa warung makan, tempat penjual oleh oleh, dan masih banyak lagi.

Bagikamu yang tidak ingin berenang dan hanya ingin menikamati keindahan curug saja,kamu bisa duduk dan bersantai di gazebo dengan menyewanya. Jika gazebo sudah penuh,kamu juga bisa menyewa tikar untuk sekedar duduk santai menikmati hawa sejuk.

Jika merasa lapar dan haus, kamu bisa langsung mengunjungi beberapa cafe dan warung yang menyediakan makanan dan minuman yang pastinya lezat. Makanan dan minuman yang dijual di taman wisata Curug Luhur juga sangat murah meriah jadi tidak akan menguras kocekmu.

Baca juga: Review The Illusion Bogor: Info Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Penginapan di Curug Luhur

Bagikamu yang ingin menikmati keindahan alam dan pemandangan dengan puas,kamu bisa bermalam dengan menyewa sebuah penginapan atau homestay. Ada banyak hotel, villa, bungalow, homestay yang terletak di taman wisata Air Terjun Luhur.

Dalam memilih penginapan, disarankan untuk memilih tempat penginapan yang sesuai dengan minat dan budget yangkamu miliki. Harga penginapan yang ada di dekatCurug ini sekitar dari 200 ribu sampai 1 juta rupiah permalamnya. Dengan harga tersebut,kamu tentunya akan menikmati berbagai fasilitas yang ada.

Curug Luhur sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk menghabiskan waktu weekand bersama keluarga. Karena selain harganya terjangkau, curug ini juga memiliki pemandangan yang indah dan hawa yang sejuk.


Nah, itu dia informasi mengenai Curug Luhur yang indah. Selain itu, Pins juga dapat menjelajahi curug lainnya di Bogor, seperti Curug Hordeng, Curug Nangka, dan Curug Cipamingkis. Selama di Bogor, jangan lupa juga untuk menikmati kopi di kafe hits Bogor atau tempat ngopi Bogor yang keren. Selamat berlibur, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti seperti rumah baru di Bogor dan perumahan di Bogor & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.