Info Area

Curug Batu Templek Bandung: Info Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Memang tak ada abisnya, masih ada aja tempat wisata di Bandung yang menyejukkan mata sehingga ingin rasanya terus berkunjung ke Kota Bandung Jawa Barat ini. Salah satunya seperti di Curug Batu Templek Bandung.

Curug Batu Templek berbeda jika dibandingkan dengan curug lainnya seperti Curug Malela, Curug Maribaya atau Curug Layung. Curug Batu Templek ini terlihat seperti buatan manusia, padahal sebenarnya tidak.

Mengenal Sejarah Batu Templek Bandung

republika.co.id

Curug Batu Templek Bandung adalah sebuah wisata alam di Bandung Timur. Dari sekian banyak wisata alam air terjun di Bandung, Curug Batu Templek tak kalah menarik karena pemandangan di sekitarnya dipenuhi dengan terbing yang berbatu cadas.

Sejarah Curug Batu Templek sangat sederhana, hanya karena di
tempat ini dahulunya terdapat penambangan batu yang terdapat sebuah aliran air
terjun dan diketahui aliran tersebut berasal dari sungai yang ada di atas
tebing sehingga dinamakan Curug Batu Templek.

Jika kamu ingin merasakan sensasi air terjun ini, saatnya
untuk merencanakannya sekarang karena, keindahannya tak mengalahkan dari air
terjun lainnya di Kota Bandung. Datang dan rasakan keindahan spot dari curug
batu temple.

Tebing batu ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan
panjang lebih dari 300 meter. Keindahan batu yang memanjang tersebut menjadi
daya tarik wisatawan untuk berswafoto.

Salah seorang pengunjung pernah memberikan respon positif tentang wisata ini bahwa “wisata curug batu templek Bandung wisatanya sangat keren, pemandangan yang indah”.

Baca juga: 20+ Tempat Wisata di Bandung Barat

Fasilitas Curug Batu Templek Bandung

tourbandung.id

Pada saat kamu berkunjung ke sini, kamu akan merasakan kalau
wisata alam ini masih tergolong baru (fresh) sehingga belum di fasilitasi
dengan baik. Warga setempat juga tidak mengambil kesempatan ini untuk
melengkapi kebutuhan pengunjung.

Di sekitar curug ini hanya ada beberapa warung penjual makanan yang dapat dimanfaatkan untuk istirahat atau menyantap aneka makanan yang ada. Namun, hanya ada fasilitas tempat parkir yang cukup luas. Selain area parkir juga terdapat taman kecil dengan tulisan nama lokasi yang dapat dijadikan alternative lain untuk mendapatkan spot-spot menarik.

Kamu juga dapat berpose dengan latar bunga matahari dan eksotisnya air terjun batu templek. Meskipun demikian, tempat wisata alam ini pernah menjadi lokasi Bandung International Art Festival 2016 yang dipadati ratusan pengunjung.

Lokasi Curug Batu Templek Bandung

Secara administratif, Curug Batu Templek ini berlokasi di Kampung Cisanggarung, Desa Cikadung, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Lokasi tersebut letaknya tak jauh dari pusat kota. Jaraknya kurang lebih 11 KM dari Pusat Kota Bandung. Jika dalam keadaan lancAr, kamu hanya perlu waktu satu jam untuk dapat sampai ke lokasi wisata alam curug batu templek.

Rute Menuju Curug Batu Templek Bandung

Kamu akan menemukan banyak rute yang harus ditempuh ketika di perjalanan menuju curug batu templek bawah bandung, Jawa Barat. Jika berangkat dari stasiun Bandung, silahkan ambil stasiun Timur, kemudian menuju jalan perintis kemerdekaan.

Ikuti lurus jalan tersebut sampai menemukan pertigaan,  ambil belokan ke kiri menuju jalan Wastukancana. Saat sampai di perempatan jalan Aceh, belok kanan. Lurus dan ikuti jalan Aceh sampai menemukan jalan taman pramuka. Sampai di pertigaan rumah makan ayam tangkap makmur, belok kiri. Sampai di sini kamu sudah mendekati lokasi wisata.

Melewati jalan Jendral Ahmad Yani menuju jalan A.H Nasution hingga bertemu jalan pasir Impun. Dari sini, jika ada keraguan bisa langsung tanyakan pada warga setempat lokasi wisata alam air terjun batu templek karena sebagian besar wisata ini cukup dikenal masyarakat.

Kondisi jalan menuju wisata belum terlalu bisa dinikmati, karena belum sebaik wisata alam Curug Cinulang. Namun, bagi penikmat sepeda ini menjadi sebuah tantangan yang menarik. Mereka berbondong-bondong tracking di sekitar area curug.

Baca juga: Bukit Teletubbies Cicalengka, Wisata Camping Favorit Bandung

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek

Seperti yang kalian ketahui, wisata ini masih tergolong  baru, kini curug ini sedang dikelola oleh warga setempat. Agar bisa masuk ke lokasi wisata, biasanya akan dikenakan tarif antara 5000-10.000. Tarif ini berlaku di hari biasa dan dirangkap sekaligus dengan biaya parkir. Sedangkan di hari libur akhir pekan, biasanya dikenakan tarif ganda, tiket masuk dan biaya parkir.

Wisata Bandung Timur yang satu ini dibuka pada pukul 05.00 hingga sore hari pukul 18.00.  Kamu bisa memilih untuk merasakan air terjun atau menikmati sunset dan sunrise. Nikmati juga spot-spot terbaik di curug ini.

Video Curug Batu Templek Bandung

Video by: CO4R _JM

Demikian ulasan seputar curug batu templek di Bandung. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang penasaran ingin mengetahui info terkait wisata di Bandung. Selamat berlibur!


Temukan pilihan rumah di Bandung atau info perumahan baru di Bandung melalui Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti.PinhomePINtar jual beli sewa properti.