Info Area

Ciwidey

Informasi Terlengkap mengenai Wisata Ciwidey Bandung & Sekitarnnya ⭐ Lengkap dengan Lokasi & Harga Tiket Terbaru 2020.

Sudah lama Bandung dikenal sebagai surganya para wisatawan. Bahkan tidak sedikit orang yang tertarik untuk mencari rumah di Bandung agar mereka lebih leluasa berlibur. Destinasi wisata yang ada di kota ini tidak pernah bisa habis untuk dinikmati. Salah satu wilayah Kota Bandung yang menjadi tujuan banyak wisatawan ketika musim liburan tiba adalah wisata di Ciwidey.

Baca Juga:

Review Wisata Di Ciwidey

(Shutterstock)

Ciwidey adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, sebelum Kecamatan Ciwidey di mekarkan dengan kecamatan lain, Ciwidey memiliki wilayah yang sangat luas. Kecamatan ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang apik dan juga menarik.

Tapi, setelah dimekarkan dengan kecamatan lainnya, kini Ciwidey hanya sebagai daerah penunjang dan juga penghubung.

Meski begitu, kini Ciwidey sedang mengembalikan kembali tujuan wisata para wisatawan ke kecamatan ini, seperti wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata edukasi, dan juga wisata UKM.

Sehingga tak heran jika sekarang kamuakan menemukan banyak sekali destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Potensi pertanian disini juga lumayan menarik, seperti, strawberry, padi, sayuran, asparagus, dan juga jeruk dekopan.

Sedangkan untuk potensi peternakan di kecamatan ini ada sapi perah, sapi daging, ayam pedaging, ikan dan juga kelinci.

Jadi, tidak hanya bisa menikmati liburan bersama sahabat atau keluarga, namun bisa juga mendapatkan pelajaran baru yang seru ketika datang ke tempat ini.

Wahana Wisata Di Ciwidey

Seperti yang udah dijelaskan di atas tadi, kecamatan Ciwidey memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib masuk dalam daftar kunjunganmu dan keluarga.

1. Kawah Putih Ciwidey

(Shutterstock)

Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata Bandung yang berada di Kecamatan Ciwidey yang banyak dijadikan tujuan utama para wisatawan.

Kawah bekas letusan Gunung Patuha ini masih memiliki bau belerang yang lumayan menyengat, dan juga air panasnya yang khas.

Ketika berada disini kamu bisa mengelilingi kawasan kawah putih melalui jalanan yang sudah ditata rapi.

Banyak sekali spot foto menarik di kawah putih. Bahkan destinasi wisata ini sudah beberapa kali dijadikan sebagai tempat syuting film atau FTV.

2. Kampung Cai Ranca Upas

(Shutterstock)

Setelah berwisata ke Kawah Putih, kamu bisa melanjutkan jalan-jalan ke Kampung Cai Ranca Upas.

Letak kampung ini berada tidak jauh dari wisata Kawah Putih Bandung. Di kampung ini terdapat waterpark yang bisa kamu datangi bersama keluarga.

Tempat ini juga dikenal sebagai tempat Camping-Rancabali, areanya yang luas menjadi salah satu spot yang bagus untuk camping bersama keluarga atau teman organisasi.

Salah satu spot yang terkenal di tempat ini adalah penangkaran Rusa. Ada banyak rusa yang bisa kamu beri makan langsung dan juga diajak untuk berfoto.

3. Situ Patenggang Bandung

(Unsplash)

Selain Kawah Putih, icon wisata Kota Bandung di Kecamatan Ciwidey berikutnya adalah Situ Patenggang.

Jika kesini, kau bisa melihat secara langsung betapa indahnya wisata alam Situ Patenggang dengan lebih dekat. Gerbang masuknya berada tidak jauh dari gerbang ke Pinisi Resto.

4. Kawah Rengganis Bandung

(Shutterstock)

Setelah ke Situ Patenggang kamu bisa langsung datang ke Kawah Rengganis.

Letaknya berada setelah Situ Patenggang. Berbeda dengan Kawah Putih, Kawah Rengganis ini terdiri dari batu-batuan dengan air panas yang mengalir di sela-selanya.

Disini kamu juga bisa memasuki area kawah dan berendam di dalamnya.

5. Kebun Teh Rancabali

(Shutterstock)

Tak hanya menyediakan tempat wisata danau dan juga kawah atau taman, Ciwidey juga menyediakan tempat wisata di area pegunungan.

Untuk kamu yang tertarik dan penasaran dengan pemandangan pegunungan yang masih asri dan sejuk bisa langsung datang ke Kebun Teh Rancabali.

Lokasi kebun ini juga tidak jauh dari tempat wisata lainnya, yaitu di perlintasan jalan dari kawah putih ke Situ Patenggang.

Disini, kamu bisa melihat pemandangan yang didominasi dengan warna hijau yang eksotis dan sangat memanjakan mata.

Jika beruntung, kamu juga bisa melihat indahnya kabut putih menyelimuti tempat ini. selain bisa menikmati keindahan alam kota Bandung. Kamu juga bisa datang ke pabrik teh untuk belajar membuat Teh secara langsung.

6. Kebun Strawberry Ciwidey Bandung

(Shutterstock)

Siapa nih disini yang suka banget sama buah Strawberry? Tempat wisata Kebun Strawberry ini tidak boleh luput dari list wisata ke Bandung yah.

Kebun ini berlokasi di sepanjang Jalan Raya Ciwidey, disini kamu bisa memetik langsung buah Strawberry dari pohonnya dan juga menikmati kesegarannya di tempat.

7. Green Hill Park Ciwidey Bandung

Untuk kamu yang ingin bersantai di tempat yang sunyi dan menenangkan, bisa datang ke Green Hill Park.

Tempat wisata ini merupakan bagian dari kawasan hutan Cimanggu, disini kamu dan keluarga bisa menikmati kebersamaan dengan lebih damai dan santai.

Itu dia beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika mengunjungi destinasi wisata Bandung Ciwidey.

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke tempat wisata yang ada di Ciwidey berbeda-beda, sesuai dengan tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi.

Untuk wisatawan lokal harga tiket masuk ke setiap tempat wisata di Kecamatan Ciwidey ini masih terbilang cukup terjangkau.

Mulai dari Rp. 5.000-Rp. 40.000. Namun untuk wisatawan lokal, harga tiket masuk berbeda, ditarif mulai Rp. 10.000-Rp. 135.000.

NoWisataTiket Masuk Hari KerjaTiket Masuk Hari LiburTuris
1.Kawah RengganisRp. 5.000/orang  
2.RancaupasRp. 10.000/orangRp.23.500 
3.Pemandian Air Panas Ciwalini (Rancawalini)Rp. 15.000/orang Rp. 100.000
4.Kebun Teh RancabaliRp.5.000 + Tour Guide Rp 30.000  
5.Taman Wisata Alam CimangguRp. 16.000  
6.Kawah PutihRp.18.000Rp.50.000 
7.Situ PatenggangRp18.000Rp.20.500Rp135.000

Lokasi Wisata Di Ciwidey

Ciwidey merupakan sebuah kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung, Kecamatan ini terletak di sebelah Selatan Kota Bandung dengan jarak kurang lebih 50 Km dari pusat kota Bandung.

Dengan batas sebelah Barat Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat, kemudian batas sebelah Timur Kecamatan Pasirjambu, lalu batas sebelah Selatan Kecamatan Rancabali, dan batas sebelah Utara Kecamatan Pasirjambu.

Atau jika kamu bingung, bisa langsung mengikuti arahan Google Maps berikut ini :

Tips Wisata Di Ciwidey

Ada beberapa tips untuk kamu yang tertarik berwisata ke Kecamatan Ciwidey Bandung.

  1. Usahakan datang pada saat bukan waktu libur panjang, karena akan sangat ramai dan akan membuat kamu kurang menikmati liburan
  2. List terlebih dahulu, tempat wisata mana saja yang yang ingin dikunjungi,
  3. Gunakan jalur alternatif, karena jalan menuju tempat ini selalu padat dengan kendaraan wisatawan
  4. Booking hotel atau penginapan jauh-jauh hari
  5. Cek kembali perlengkapan yang harus di bawa ketika berlibur

Villa/Penginapan

(Shutterstock)

Untuk kamu yang berniat untuk tinggal lumayan lama disini, bisa memilih salah satu penginapan di tempat ini.

Villa/PenginapanLokasiTelepon
Villa Kidang KencanaJl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 409730853-2037-1165
Villa Cimanggu CottageJalan Raya Ciwidey – Ranca Bali KM 12, Rancabali, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 409730822-1616-0897
Villa Kampung Karuhun Sutan RajaJl. Raya Gambung Desa Kecamatan Pasir Jambu Kab., Mekarsari, Pasirjambu, Bandung Barat, Jawa Barat 40972(022) 5927531
D’riam Riverside ResortNo.Km. 25, Jl. Raya Soreang-Ciwidey, Cukanggenteng, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972(022) 85921210
Argapuri Resort CiwideyJL Raya Gambung, KM 6, Mekarsari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat 40972(022) 5928817
Hotel Kampung StrawberryJl. Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973(022) 85920222
Patuha Resort Kawah PutihJl. Situ Patengan No.Km.8, Lebakmuncang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973(022) 85920588
Saung Gawir BungalowJalan Raya Ciwidey Rancabali, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali, Panundaan, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973(022) 85920675

Itulah informasi seputar destinasi wisata di Kecamatan Ciwidey, semoga bisa membantu kamu dalam merencanakan liburan bersama keluarga.


Temukan beragam pilihan rumah seperti rumah baru di Bandung terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah